Pencarian populer
6 Maret 2019 16:03 WIB
1
1

Keikhlasan Kakek 80 Tahun Menambal Jalan Rusak di Kabupaten Sukabumi

Ukat Sukatman, kakek berusia 80 tahun asal Kampung Ciembe, Desa Padabeunghar, Kecamatan Jampang Tengah, ini menambal lubang jalan dengan batu-batu kecil. Foto: Demmi Pratama
SUKABUMIUPDATE.com - Kondisi jalan provinsi yang terletak di Kecamatan Jampang Tengah, Kabupaten Sukabumi, semakin hari kian parah, lantaran banyaknya truk pengangkut batu kapur yang melintas.
ADVERTISEMENT
Kondisi tersebut menarik simpati dari seorang kakek berusia 80 tahun, Ukat Sukatma. Ia tergerak dan terinisiatif untuk memperbaiki jalan yang kondisinya rusak tersebut.
Kakek asal Kampung Ciembe, Desa Padabeunghar, Kecamatan Jampang Tengah, ini menambal lubang jalan dengan batu-batu kecil. Ukat melakukan pekerjaannya dengan ikhlas, meski terkadang banyak pengendara jalan yang memberi uang kepadanya.
"Setiap hari saya memperbaiki jalan di sini dengan ikhlas karena saya tidak punya pekerjaan, kalau pun ada yang memberi imbalan saya terima sebagai rezeki saya dan keluarga saya. Saya memperbaiki jalan ini karena kasihan pada pengendara yang lewat karena jalan ini tak kunjung diperbaiki pemerintah," ungkap Ukat kepada sukabumiupdate.com, Rabu (6/3).
Ukat memiliki istri dan anak. Namun, istrinya, Sukiah (75), kini sakit-sakitan dan tinggal bersama anaknya. Setiap lima hari sekali, ia menyempatkan untuk mengunjungi istrinya dan memberikan uang hasil pemberian dari pengendara yang melintas.
ADVERTISEMENT
Pekerjaan Ukat menutup lubang dengan batu kecil ini cukup berisiko, karena kendaraan yang melintas di jalan itu tidaklah sedikit. Dia berharap, pemerintah memberikan perhatiannya dengan memperbaiki jalan tersebut.
"Saya berharap pemerintah segera memperbaiki jalan rusak di Jampang Tengah ini karena kasihan banyak sekali masyarakat yang membutuhkannya," pungkasnya.
---
Reporter: DEMMI PRATAMA
Redaktur: ANDRI S
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.80