News
·
17 Juli 2021 18:27
·
waktu baca 3 menit

Uniknya Nama Sapi Kurban Jokowi di Sulbar: dari Mike Tyson hingga Bolot

Konten ini diproduksi oleh SULBAR KINI
Uniknya Nama Sapi Kurban Jokowi di Sulbar: dari Mike Tyson hingga Bolot (41350)
searchPerbesar
Sapi bernama Bolot dengan berat 1,8 ton yang disiapkan menjadi sapi kurban Presiden Joko Widodo di Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Foto: Dok. Anto
Presiden Joko Widodo dalam lima tahun terakhir rutin membeli sapi untuk kurban di Kabupaten Polewali Mandar (Polman), Sulawesi Barat. Sapi kurban yang dibeli merupakan sapi pilihan dari para peternak sapi yang ada di daerah itu dan dibeli dengan harga fantastis.
ADVERTISEMENT
Sapi tersebut kemudian dikurbankan secara bergiliran setiap tahun di kabupaten yang ada di Sulawesi Barat. Tahun ini, sapi kurban milik Jokowi akan disembelih di Kecamatan Campalagian, Kabupaten Polewali Mandar.
Selain harganya yang fantastis dan berat hingga mencapai 1 ton, sapi kurban pilihan Jokowi juga memiliki nama-nama unik yang diberikan oleh pemilik sapi sebelum dibeli Jokowi.
Berikut nama-nama unik sapi kurban Jokowi di Sulawesi Barat dalam tiga tahun terakhir dirangkum Sulbar Kini.
1. Mike Tyson
Pada tahun 2019, Jokowi membeli seekor sapi jenis simental seberat 1,1 ton dari seorang peternak sapi di Desa Sidodadi, Kecamatan Wonomulyo, Polewali Mandar.
Oleh sang pemilik saat itu, sapi ini diberi nama Mike Tyson karena bobot sapi yang mencapai 1,1 ton, tinggi 179 sentimeter, dan panjang badan 2,1 meter. Sapi ini dibeli Jokowi seharga Rp 85 juta.
ADVERTISEMENT
"Sapi itu salah satu sapi kesayangan saya, dan sudah berumur 3 tahun. Antara bahagia dan tak menyangka saja Tyson terpilih sebagai sapi kurban Pak Presiden untuk di Sulawesi Barat. Itu sapi kesayangan saya, tapi diikhlaskan demi kurban Pak Presiden," kata Abdul Rahim, saat itu.
Sapi ini kemudian disembelih di Mamuju sebagai hewan kurban pada Idul Adha 1440 Hijriah.
2. Puang Tedong
Pada tahun 2020, Jokowi juga membeli sapi kurban di Kabupaten Polewali Mandar. Sapi jenis simental seberat 1,4 ton dan tinggi badan 186 sentimeter itu dibeli Jokowi dari peternak sapi bernama Rahman Takka, warga Dusun Rea Barat, Desa Patampanua, Kecamatan Matakali.
Sapi itu dibeli Jokowi seharga Rp 89 juta dan disembelih di Kabupaten Pasangkayu yang menjadi lokasi kurban Jokowi.
ADVERTISEMENT
"Umurnya 4 tahun 6 bulan, sapi terbesar dan tertua di Sulbar," ucap Rahman, kala itu.
Sapi tersebut diberi makan selama 4 kali berupa campuran ampas tahu, rumput, dan dedak. Selain itu, ia juga memberikan pakan tambahan berupa batang pisang yang dipotong kecil-kecil.
"Kalau soal biaya perawatan, khusus Puang Tedong saja sekitar Rp 20 ribu sehari," pungkasnya.
3. Bolot
Tahun 2021 ini, Jokowi kembali membeli sapi kurban di Polewali Mandar. Sapi jenis simental dengan berat mencapai 1,8 ton dibeli Jokowi dari peternak sapi di Desa Sumberjo, Kecamatan Wonomulyo.
Marsidi (45), pemilik sapi mengaku baru pertama kalinya Jokowi membeli sapi di lokasi peternakannya. Menurut dia, sapi yang diberi nama Bolot itu dibeli Jokowi dengan harga Rp 87 juta.
ADVERTISEMENT
"Kalau di kandang (milik) saya, baru kali pertama (sapi) dibeli Jokowi," kata Marsidi, kepada Sulbar Kini, Sabtu (17/7/2021).
Marsidi mengatakan Dinas Peternakan setempat sudah melakukan pemeriksaan untuk memastikan sapi miliknya dalam kondisi sehat. Sapi tersebut nantinya akan dibawa ke Kecamatan Campalagian, Polewali Mandar, untuk disembelih saat Idul Adha.
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020