Menulis Adalah Dharma yang Harus Selalu Dibagi


Menulis

Menulis (Foto: Pexels)
Menulis buku mengenai management artist adalah mimpi yang menjadi kenyataan. Keinginan yang sudah dipendam sejak lama. Mimpi itu kemudian terwujud pada Juni 2012. Buku "Artist Management 101, Jalan Panjang Lahirkan Bintang" diluncurkan dan diterbitkan oleh MRA Publishing House dan mendapat sambutan yang cukup baik.
Semenjak peluncuran buku tersebut, gue cukup sering diminta berbagi dan sharing pengalaman sebagai manager artist dan agent. Dari interaksi dan berbagi cerita dengan teman-teman, gue menyadari bahwa profesi manager artist ternyata adalah profesi yang cukup diminati, memiliki masa depan yang cukup cerah, dan disukai banyak orang walaupun banyak yang masih belum mengetahui step-step nya seperti apa dan bagaimana menjalankan step-step tersebut.

Sulung Saat Launching Buku

Berbagi pengalaman menjadi manager artist (Foto: Dokumentasi Pribadi)
Dari situlah terbesit keinginan untuk menulis buku kedua yang masih seputar management artist tapi lebih mendalam lagi, lebih fokus kepada studi kasus, pengalaman pengalaman riil yang gue, artist, dan tim temui di lapangan dan sehari-hari.
Mei 2014, gue mulai penulisan buku ini dibantu oleh Radhitia Pradhana, sparring partner yang sangat mengerti, memahami pola pikir dan keinginan saya. Mulailah perjalanan penulisan buku "Artist Management 101 Part 2, Kisah di Balik Panggung Hiburan" dilakukan. Ide, pemilihan tema, angle, bab demi bab, studi kasus demi studi kasus yang akan ditulis kami bahas breakdown satu persatu.
Menulis buku “Artist Management 101 Part 2”, tidaklah gampang. Butuh konsistensi tekad untuk menyelesaikan disela-sela kesibukan gue yang cukup padat. Terus terang buku ini sangat personal, karena merupakan sesuatu yang gue jalani dan gue alami sehari-hari selama bertahun-tahun. Semua yang gue tulis di buku ini adalah rangkaian peristiwa, kejadian, dan pengalaman yang gue alami sebagai Manager Artist. Tentunya apa yang gue ceritakan bisa saja berubah seiiring dengan waktu, akan tetapi untuk saat ini, inilah yang bisa gue share dan sampaikan kepada para pembaca.
Butuh 1,5 tahun untuk menyelesaikan buku ini. Menulis selalu menjadi journey yang sangat menarik apa lagi tentang pengalaman gue sebagai manager artist. Buku ini adalah subjective experiences yang gue alami, hadapi, dan lalui selama di industri hiburan. Keinginan berbagi dan sharing pengalaman adalah bagian dari dharma gue kepada industri hiburan yang sudah memberikan begitu banyak rejeki, berkah, pelajaran hidup ke gue dan kepada rekan-rekan yang ingin mengejar mimpinya sebagai manager artist.

Sulung dan Karyanya

Butuh 1,5 tahun untuk menyelesaikan buku ini (Foto: Dokumentasi Pribadi)
Gue berterima kasih kepada Gramedia Pustaka Utama yang sudah bersedia menjadi penerbit buku yang kedua ini. Peluncuran bukunya sendiri sudah dilakukan pada Agustus 2016 lalu, dihadiri oleh semua Artist Avatara88, client yang biasa bekerjasama, rekan kerja, dan sahabat-sahabat gue. Buku “Artist Management 101 Part 2" sudah tersedia di seluruh toko buku Gramedia.

Sulung dan Avatara88

Bersama artist Avatara88 (Foto: Dokumentasi Pribadi)


HiburanArtisEntertainmentShowbiz

kalau sekarang mas sulung udah punya manajemen sendiri, pernah kepikiran gak sih bikin sekolah untuk manajemen artis? kalo sekolah akting ada, sekolah nari ada, sutrada ada. gitu2lah, tapi pendidikan untuk gimana caranya manage talent2 yang baik dan benar sepertinya menarik :D


|

Senangnya ada manajer artis yang juga hobi berbagi lewat buku dan karya tulis lainnya.


|

Salut mau berbagi pengalaman lewat buku. Terbitin edisi berikutnya mas, tapi dari perspektif si artis, atau cerita2 undercovernya pasti sangat menarik. hehe


|

    Related Stories

    Recommendations

    Siti Aisyah Terancam Hukuman Gantung
    7 11
    Coblos Ulang Pilgub DKI di Utan Panjang dan Kalibata
    5 5
    Chappy Hakim Resmi Undur Diri dari Freeport Indonesia
    6 4
    Kemendagri Bongkar Identitas Ganda Siti Aisyah
    5 7
    Siti Aisyah Cuci Tangan Setelah Semprotkan Cairan ke Kim Jong Nam
    2 3
    Direktur Keuangan Go-Jek Dilaporkan ke Polisi
    1 3
    Ibunda: Siti Aisyah Bisa Bahasa Inggris dan Korea
    4 1
    Angka Partisipasi di Pilgub DKI 2017 Tertinggi dalam Sejarah
    6 14
    Video: Reka Ulang Pembunuhan Kim Jong Nam
    8 4
    Wanita Pembunuh Kim Jong Nam Berpaspor Indonesia, Asal Serang
    5 0