kumparan
3 Desember 2019 17:40

Rodri Jadi Kunci Manchester City di Laga Kontra Burnley

Rodri
Rodri. Foto: David Klein/Reuters
Tidak boleh seri, apalagi kalah. Itulah syarat wajib bagi Manchester City yang akan melakoni laga tandang melawan Burnley pada pekan ke-15 Premier League 2019/20, Rabu (4/12/2019) dini hari WIB.
ADVERTISEMENT
Memang, The Clarets kini cuma mampu bertengger di peringkat 10 klasemen, sedangkan The Citizens adalah di peringkat tiga. Dari komposisi pemain pun City mestinya lebih unggul dari segi kualitas.
Meski begitu, bukan berarti Burnley tak bisa menyusahkan, bahkan berpeluang mencuri poin. Sebab, tuan rumah merupakan tim yang hebat dalam mengeksekusi skema bola mati.
Per WhoScored, lima dari 20 gol yang dicetak skuat asuhan Sean Dyche di liga musim ini berawal dari set-piece. Di sisi lain, armada Pep Guardiola tercatat sudah 16 kali kebobolan musim ini dan empat di antaranya dari skema bola mati.
Lantas, apa solusi dari Guardiola buat timnya? Juru taktik berdarah Catalunya itu mengaku bakal mengandalkan Rodri.
ADVERTISEMENT
Asal tahu saja, menurut data Transfermarkt, gelandang Spanyol itu adalah dua pemain tertinggi City musim ini. Rodri dan Aymeric Laporte sama-sama punya tinggi yang mencapai 191 sentimeter. Sayang, nama yang disebut kedua kini sedang cedera.
“Apakah Rodri akan penting (di laga) melawan Burnley? Ya, jelas,” kata Guardiola, dilansir situs resmi Manchester City.
Guardiola bicara begitu bukan tanpa sebab. Per WhoScored, Rodri musim ini sudah memenangkan 29 kali duel udara dari total 37 duel (rata-rata 2,4 kali per laga).
Gelandang Manchester City, Rodri.
Gelandang Manchester City, Rodri. Foto: Reuters/John Sibley
Bukan cuma soal tinggi badan, eks pemain Atletico Madrid itu juga bakal andalan di lini tengah Manchester City. Sebab, Ilkay Guendogan terkena larangan bermain dan Fernandinho kemungkinan bakal ditempatkan jadi bek tengah.
ADVERTISEMENT
Rodri musim ini sudah mengemas masing-masing satu gol dan satu asis dari 12 kali turun laga di Premier League. Dia juga tercatat rata-rata melepaskan 1,3 kali umpan kunci per laga.
Rodri sebenarnya bukan tipe gelandang yang sering melepaskan tembakan. Namun, sekalinya menembak, akurasinya cukup baik: Empat tembakan akurat dari total enam tembakan.
Enggak cuma itu. Bahkan dari 16 kali percobaan dribel, hanya satu kali dribelnya di Premier League musim ini tidak sukses (rata-rata 1,3 kali dribel sukses per laga).
Pemain nomor punggung 16 ini juga tak mudah kehilangan bola. Dia rata-rata hanya 0,9 kali per laga kehilangan penguasaan bola akibat kontrol buruk dan cuma 1 kali per laga lawan bisa merebut bola darinya.
ADVERTISEMENT
Urusan tekel? Lumayan. Pria 23 tahun ini melepaskan rata-rata 2,2 kali tekel sukses per laga dari 3,5 kali percobaan tekel.
Jadi, enggak heran jika Rodri bakal jadi pemain kunci Manchester City di laga melawan Burnley.
---
Mau nonton bola langsung di Inggris? Ayo, ikutan Home of Premier League. Semua biaya ditanggung kumparan dan Supersoccer, gratis! Ayo buruan daftar di sini. Tersedia juga hadiah bulanan berupa Polytron Smart TV, langganan Mola TV, dan jersey original.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan