kumparan
search-gray
Bola & Sports8 November 2019 19:26

Siap-siap, David Moyes Bakal Kembali Melatih Klub Sepak Bola

Konten kiriman user
Siap-siap, David Moyes Bakal Kembali Melatih Klub Sepak Bola (159)
Enggak peduli kalian siap atau tidak, David Moyes bakal kembali melatih klub sepak bola. Foto: REUTERS/Andrew Yates
Semua orang sibuk memperbincangkan ihwal klub manakah yang selanjutnya bakal dilatih oleh Massimiliano Allegri, Jose Mourinho, hingga Arsene Wenger. Allegri dan Wenger dikait-kaitkan dengan FC Bayern Muenchen, sementara Mourinho dihubungkan dengan Borussia Dortmund dan Arsenal.
ADVERTISEMENT
Orang-orang ini agak tidak sopan, ya. Kalian semua tampaknya lupa satu nama.
Ia adalah David Moyes. Atau, kalau fans Manchester United biasa menyebutnya: The Chosen One. 'Sang Terpilih'.
Siap-siap, David Moyes Bakal Kembali Melatih Klub Sepak Bola (160)
Spanduk bertuliskan "The Chosen One" dibentangkan pendukung Manchester United di Old Trafford untuk David Moyes. Foto: Alex Livesey
Sang penerus Sir Alex Ferguson mengatakan bakal kembali melatih klub sepak bola. Tim terakhir yang dilatih Moyes adalah West Ham United.
Ia melatih The Hammers pada musim 2017/18. Dikontrak pada 7 November 2017, lalu berpisah jalan per 16 Mei 2018.
"Ketika David dan timnya tiba, itu adalah keinginan kedua belah pihak yang fokusnya hanya enam bulan hingga akhir musim. Sebuah keputusan akan dibuat berkaitan dengan masa depan. Setelah merefleksikan musim ini, kami merasa perlu untuk bergerak ke arah berbeda," kata Chairman David Sullivan dari pihak West Ham, dilansir situs resmi klub.
ADVERTISEMENT
Faktanya pada waktu itu, pria kelahiran 25 April 1963 itu hanya punya misi untuk menghindarkan West Ham dari degradasi. Dan itu berhasil.
Namun kalau baca dari pemaparan di atas, Sullivan tampak menginginkan ada pelatih yang lebih baik dari Moyes. Tapi, ah, mungkin Moyes saja yang terlalu keren untuk London Stadium. Eh...
Nah, pada 5 November kemarin, juru taktik asal Skotlandia itu berujar bakal kembali melatih. Ia mengincar laga ke-1.000 di dunia kepelatihan.
"Merupakan hal besar untuk mendapatkan 1.000 pertandingan sebagai manajer. Saya sudah menghadiri lebih dari 900 laga. Hanya ada dua atau tiga manajer yang berhasil lebih banyak di Premier League. Saya mengantongi 500 laga Premier League," ujar Moyes dilansir BBC.
ADVERTISEMENT
Tercatat, Moyes sudah menangangi 919 laga lintas kompetisi. Sudah ada enam klub yang pernah dilatihnya: Preston, Everton, Manchester United, Real Sociedad, Sunderland, dan West Ham United.
Siap-siap, David Moyes Bakal Kembali Melatih Klub Sepak Bola (161)
David Moyes. Foto: Reuters/Ed Sykes
Lantas, kok, enggak ada yang menginginkan Moyes menjadi pelatih klub mereka? Bukan 'kaleng-kaleng', lho, Moyes ini. Penerus Sir Alex Ferguson di Manchester United, lho, beliau ini.
Sebenarnya ada, sih, yang menawarkan job. Tapi kata Moyes, kebanyakan mereka adalah klub-klub yang berlaga di EFL Championship --kompetisi level kedua di Inggris. Ada juga klub asal negeri asalnya, Hearts dan Hibernian.
"Saya telah menghabiskan sebagian besar karier saya di Premier League, jadi itulah level yang saya harapkan," katanya di BBC Radio Scotland.
Benar banget, bos! Masa iya seorang Moyes melatih klub yang main di kompetisi yang kastanya lebih rendah dari Premier League. Moyes memang cocoknya di Premier League. Salah satu kompetisi sepak bola paling bergengsi di dunia.
ADVERTISEMENT
Nyuruh Moyes melatih klub EFL Championship atau Scottish Premiership mah penghinaan atuh. Ibaratnya kayak nyuruh eks bos restoran melamar kerja jadi koki di warung makan pinggir jalan. Ckckck...
Ya, mungkin Bayern juga bisa mempertimbangkan Moyes untuk jadi pelatih mereka. Seumur-umur belum pernah, lho, klub asal Bavaria itu dilatih wong Inggris.
Arsenal sama Dortmund kalau kepikiran ganti pelatih juga enggak ada salahnya pilih Moyes. Ya, sekadar saran saja.
Kalau pendapat kalian bagaimana? Moyes cocoknya latih klub mana, nih? Sampaikan pendapatmu di kolom komentar, ya.
----
Mau nonton bola langsung di Inggris? Ayo, ikutan Home of Premier League. Semua biaya ditanggung kumparan dan Supersoccer, gratis! Ayo buruan daftar di sini. Tersedia juga hadiah bulanan berupa Polytron Smart TV, langganan Mola TV, dan jersey original.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white