kumparan
search-gray
Bola & Sports17 Januari 2020 16:48

Wes Brown: 80 Juta Poundsterling untuk Boyong Harry Maguire Itu Murah

Konten kiriman user
Harry Maguire
Harry Maguire menjalani pertandingan pertama bersama Manchester United. Foto: Reuters/Phil Noble
Kalian pikir, harga 80 juta poundsterling yang digelontorkan Manchester United untuk merekrut Harry Maguire dari Leicester City itu kemahalan? Ah, itu mah opini dari sobat missqueen doang. Bagi Wes Brown, harga segitu, sih, murah.
ADVERTISEMENT
Ya, menurut eks bek The Red Devils itu, harga segitu adalah harga yang 'wajar' untuk pemain di era kiwari. Meski kenyataannya, nominal transfer itu menjadikan Maguire sebagai bek termahal dunia.
"Saya sebenarnya berpikir itu tampaknya cukup murah untuk saat ini," kata Brown yang berbicara dari Marriott Hotels Seat of Dreams di Old Trafford kepada Sky Sports.
Yah, kalau Brown sudah bilang begitu, kita yang setiap akhir bulan nasibnya 'maraton mi instan' mah bisa bilang apa atuh? Klub kaya mah bebaslah.
Meski begitu, sosok yang kini telah berusia 40 tahun tersebut juga memuji kualitas Maguire. Menurutnya, bek 26 tahun itu bisa membuat lini belakang skuat Ole Gunnar Solskjaer lebih solid.
ADVERTISEMENT
"Saya pikir dia membawa ketenangan di lini pertahanan. Dia masih relatif muda, tapi dia sudah sangat berpengalaman. Dia memiliki kesadaran yang baik dan pemosisiannya sangat bagus. Ada kalanya kalian tidak benar-benar memerhatikan performanya, tetapi itu hanya karena dia melakukan pekerjaannya," ujarnya.
Brown juga memuji kualitas duel udara Maguire. Faktanya, per WhoScored, bek 194 sentimeter itu adalah petarung udara terhebat di kubu Manchester United dengan rata-rata 4,6 kali menang duel udara per laga.
Eks pemain Manchester United, Wes Brown, kostum United anyar, Hotel Mulia
Eks pemain Manchester United, Wes Brown, berfoto dengan kostum United anyar di Hotel Mulia, Jakarta, Jumat (10/8/2018). Foto: Arif Utama/kumparan
Selain itu, Maguire juga dianggap Brown bisa membawa optimisme kepada rekan setimnya. Terutama ketika berduet dengan Victor Lindeloef.
"Mereka saling memuji satu sama lain. Terkadang butuh waktu untuk mencari tahu pemain mana yang cocok untuk dipasangkan, tetapi keduanya telah membentuk kemitraan yang baik," jelas Brown.
ADVERTISEMENT
Selain Maguire, Brown juga menyoroti Aaron Wan-Bissaka. Manchester United juga harus merogoh kocek agak dalam untuk mengangkutnya dari Crystal Palace, yakni tak kurang dari 45 juta poundsterling.
Aaron Wan-Bissaka (NOT COVER)
Aaron Wan-Bissaka membela Manchester United di ajang ICC 2019. Foto: AFP/Roslan Rahman
Baginya, bek 22 tahun itu mampu tampil apik di sisi kanan pertahanan. Dia dianggap memiliki kemampuan satu lawan satu yang bagus.
"Bertahan, dalam satu lawan satu, dia jelas salah satu yang terbaik yang pernah saya lihat. Dia sudah beradaptasi dengan sangat baik dan saya tidak berpikir ada banyak pemain yang telah melewati dia musim ini," jelasnya.
Ucapan Brown tidak salah. Faktanya, per WhoScored, Wan-Bissaka adalah penekel terbaik Manchester United, dengan rata-rata 4,1 tekel sukses per laga dari 4,8 kali percobaan per laga.
ADVERTISEMENT
"Ya, ada kalanya dia melakukan kesalahan, seperti ketika tekelnya berujung penalti saat laga kontra Watford, tetapi dia telah belajar dari hal itu," tuturnya.
"Sejak laga itu, dia baru saja kembali ke level normal. Kesalahan bisa terjadi kapan saja, semua pemain bisa melakukannya, tetapi dia baru saja kembali ke performa terbaik dan itu pertanda baik," sambungnya.
Kalau menurut kalian bagaimana? Apakah bek bagus memang harus mahal? Apakah mendatangkan Harry Maguire dan Aaron Wan-Bissaka adalah langkah bijak Manchester United?
---
Mau nonton bola langsung di Inggris? Ayo, ikutan Home of Premier League. Semua biaya ditanggung kumparan dan Supersoccer, gratis! Ayo buruan daftar di sini. Tersedia juga hadiah bulanan berupa Polytron Smart TV, langganan Mola TV, dan jersey original.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white