kumparan
search-gray
News9 Mei 2020 22:15

Taman Baca Temon Pandowoharjo Yogyakarta Bergerak Cegah Covid-19

Konten kiriman user
Taman Baca Temon Pandowoharjo Yogyakarta Bergerak Cegah Covid-19 (235306)
Asmariah bersama pengurus Masjid Baiturrahman Temon
Yogyakarta, (9/05/2020). Dengan maraknya kasus positif Covid -19 ditengah masyarakat, membuat masyarakat bergerak bergotong royong membantu pemerintah dalam memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19.
ADVERTISEMENT
Taman Baca Temon Pandowoharjo Yogykarta yang beralamat di Jalan Masjid Baiturrahman Temon Pendowoharjo RT 3/23, Kecamatan Sleman, Kota Yogyakarta ikut andil membantu pemerintah menangani Covid-19.
Ditengah kesulitan yang dialami warga, mereka hadir ke tengah masyarakat membantu warga yang sedang dalam kesulitan ekonomi. Tak bisa dipungkiri bahwa Pandemi Covid-19 ini membuat masyarakat mengalami kesulitan ekonomi.
Asmariah selaku Pendiri Taman Baca Temon Pandowoharjo Yogykarta mengatakan bahwa, dalam keadaan seperti ini warga juga harus ikut andil dalam menangani Covid-19. Warga harus bergotong royong meminimalisir angka positif dan penyebaran Covid-19.

"Kita sekarang sedang mengalami masa yang sangat sulit, untuk itu kita sebagai warga masyarakat yang baik sudah seharusnya ikut andil dalam membantu pemerintah menangani penyebaran Covid-19. Karena Masa pandemi Covid-19 ini dibutuhkan keterlibatan semua pihak, bukan hanya pemerintah ataupun tenaga medis saja yang berada di garis depan. Kita harus bergotong royong" ucap Asmariah yang juga seorang Relawan Covid -19 Mafindo area Yogyakarta dalam keterangannya.

ADVERTISEMENT
Asmariah dalam aksinya di lapangan bekerjasama dengan pengurus Masjid Baiturrahman Temon yang diketuai oleh Bapak Latief. Di lapangan mereka bersama melakukan pengecekan suhu tubuh warga, melakukan penyemprotan disinfektan, membagikan paket sembako, dan turut serta mengedukasi warga agar senantiasa mengikuti protokol kesehatan.
Taman Baca Temon Pandowoharjo Yogyakarta Bergerak Cegah Covid-19 (235307)
Asmariah melakukan pengecekan suhu tubuh warga

"Tidak banyak yang bisa kami lakukan, kami bergerak sesuai dengan kemampuan dan sebatas yang kami bisa. Diantaranya mengecek suhu tubuh warga, melakukan penyemprotan disinfektan dilingkungan rumah warga, dan membagikan beberapa bingkisan paket sembako kepada warga yang benar-benar membutuhkan" tambah Asmariah

Asmariah juga mengatakan bahwa dalam kondisi pandemi ini, Taman Baca miliknya tetap terbuka bagi masyarakat umum yang ingin belajar menambah pengetahuan. Buku-buku miliknya bisa di dibaca masyarakat karena terletak di teras. Jadi tidak menyulitkan masyarakat.
ADVERTISEMENT

"Taman Baca kami tidak tutup, masih terbuka untuk warga masyarakat yang ingin belajar dan menambahkan ilmu pengetahuan. Tapi kami tetap memperhatikan protokol kesehatan, dan mengarahkan masyarakat agar tetap menggunakan masker" bebernya.

Menurut pengakuannya, hingga hari ini mereka juga belum mendapatkan bantuan dari pemerintah setempat. Besar harapan mereka bantuan itu bisa segera hadir menyapa warga masyarakat khusunya yang berada di Desa Pandowoharjo.

"Kami tentunya sangat berharap bantuan dari pemerintah segera hadir. Dalam kondisi seperti ini, bisa dikatakan semuanya ikut terdampak. Masyarakat mulai mengeluh akan kesulitan hidup yang dialami. Kemarin sempat ada pendataan, namun hingga saat ini belum ada kabarnya" ucap Asmariah kepada User kumparan.

Asmariah juga mengajak kepada semua masyarakat Indonesia untuk bergerak melakukan aksi dilapangan membantu pemerintah. Edukasi masyarakat, berikan pengetahuan dan pemahaman kepada masyarakat bahwa Pandemi Covid-19 ini sangat berbahaya dan harus kita waspadai. Saatnya kita bersatu melawan Covid-19. (yan)
Taman Baca Temon Pandowoharjo Yogyakarta Bergerak Cegah Covid-19 (235308)
Pembagian bingkisan paket sembako kepada warga yang membutuhkan
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white