Konten dari Pengguna

Menata Niat Kesuksesan Akademis: Publikasi atau Dampak?

Syahiduz Zaman
Dosen UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
25 November 2023 10:36 WIB
·
waktu baca 5 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Syahiduz Zaman tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Peneliti di laboratorium, (Sumber foto: Freepik.com)
zoom-in-whitePerbesar
Peneliti di laboratorium, (Sumber foto: Freepik.com)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Dalam dunia akademis, publikasi di jurnal yang bereputasi seperti Scopus sering kali dianggap sebagai tonggak kesuksesan bagi seorang peneliti. Pandangan ini tidak salah, tetapi perlu refleksi yang lebih mendalam. Seorang peneliti muda yang penuh semangat mungkin merasa prestasinya diakui ketika karyanya diterbitkan di jurnal-jurnal bergengsi. Namun, ada sudut pandang lain terhadap narasi ini yang sering diabaikan: dampak yang sebenarnya dan berkelanjutan dari penelitian tersebut.
ADVERTISEMENT
Ketika seorang peneliti berpengalaman menyatakan bahwa kebanggaan atas publikasi adalah "kebanggaan yang palsu," mereka tidak mengurangi pentingnya publikasi, tetapi mengarahkan kita untuk melihat kesuksesan dalam konteks yang lebih luas. Publikasi adalah langkah pertama, bukan tujuan akhir. Kita harus bertanya: Apakah makalah ini berhenti pada pencapaian akademis, ataukah ia membawa perubahan atau inspirasi di luar dunia akademik?
Pentingnya kutipan oleh makalah lain tidak hanya menunjukkan pengakuan dari kalangan akademisi, tetapi juga menandakan bahwa penelitian tersebut memiliki utilitas dan relevansi yang lebih luas. Kutipan adalah indikator bahwa karya seorang peneliti telah menjadi bagian dari percakapan ilmiah yang lebih besar, memberikan kontribusi yang berarti terhadap kemajuan pengetahuan. Jika sebuah makalah sering dikutip, itu menunjukkan bahwa makalah tersebut telah memberikan pengaruh dan mendorong pemahaman kita dalam bidang tertentu.
ADVERTISEMENT
Selain itu, implikasi praktis dari penelitian dalam masyarakat adalah ukuran penting lain dari kesuksesan. Penelitian yang langsung berdampak pada masyarakat menunjukkan bahwa ilmu pengetahuan tidak terbatas pada laboratorium, jurnal dan konferensi, tetapi juga memiliki relevansi dan manfaat dunia nyata. Ini menggarisbawahi pentingnya penelitian yang bertujuan untuk menyelesaikan masalah konkret, meningkatkan kualitas hidup, dan memberikan kontribusi positif pada masyarakat.

Mendalami Dampak dan Implikasi Penelitian

Ilustrasi penelitian di laboratorium. Foto: ITB.
Kita perlu menyelami lebih dalam tentang apa yang membuat penelitian tidak hanya berkualitas tinggi tetapi juga bermakna. Kita hidup dalam era informasi yang melimpah, dengan volume besar karya akademis yang dihasilkan. Dalam konteks ini, menjadi penting untuk membedakan antara kuantitas dan kualitas, antara kesuksesan jangka pendek dan dampak jangka panjang.
ADVERTISEMENT
Pertama, kita harus mengakui bahwa kutipan bukan hanya angka. Mereka adalah indikator interaksi ilmiah, di mana ide-ide dari satu karya menginspirasi, menantang, atau bahkan mengubah pemikiran dalam karya lain. Kutipan mencerminkan dialog berkelanjutan dalam komunitas ilmiah, yang merupakan inti dari perkembangan pengetahuan. Oleh karena itu, penelitian yang sering dikutip menandakan bahwa ia telah memberikan kontribusi sesuatu yang mendasar, mungkin sudut pandang baru, metodologi inovatif, atau temuan yang mengguncang paradigma.
Kedua, implikasi sosial dari penelitian sering kali diabaikan. Sebagai seorang penulis opini, saya percaya bahwa tujuan utama penelitian seharusnya tidak hanya memuaskan rasa ingin tahu ilmiah, tetapi juga memberikan manfaat konkret bagi masyarakat. Penelitian yang berhasil mengimplementasikan temuannya dalam kehidupan nyata, menawarkan solusi bagi masalah sosial, atau meningkatkan kualitas hidup memainkan peran penting dalam evolusi masyarakat kita. Dalam konteks ini, penelitian yang berdampak sosial adalah contoh nyata dari sains yang melayani kebaikan bersama.
ADVERTISEMENT
Oleh karena itu, tantangannya adalah bagaimana kita, sebagai komunitas akademis dan masyarakat pada umumnya, dapat mendukung dan menghargai penelitian yang tidak hanya unggul dalam hal publikasi tetapi juga memiliki dampak sosial yang nyata dan bermakna. Dukungan ini dapat berupa pendanaan yang lebih fokus pada proyek penelitian dengan potensi dampak sosial, platform untuk berbagi hasil penelitian dengan publik luas, dan sistem penghargaan yang mengakui kontribusi nyata terhadap masyarakat.

Mendorong Paradigma Baru dalam Penelitian

Ilustrasi peneliti perempuan. Foto: Shutterstock
Sebagai penutup diskusi ini, saya ingin menekankan pentingnya mengadopsi paradigma baru dalam menilai dan menghargai penelitian. Kita perlu melampaui pemahaman yang sempit tentang kesuksesan yang hanya diukur dari publikasi di jurnal-jurnal bergengsi. Pemahaman yang lebih komprehensif tentang kesuksesan ilmiah harus mencakup dampak yang lebih luas dan lebih dalam dari penelitian, baik dalam komunitas ilmiah maupun dalam masyarakat pada umumnya.
ADVERTISEMENT
Sebagai komunitas, kita harus mendukung penciptaan dan penyebaran pengetahuan yang tidak hanya inovatif secara teoretis tetapi juga aplikatif dan transformatif dalam praktiknya. Hal ini memerlukan pengakuan yang lebih luas terhadap berbagai bentuk kesuksesan ilmiah. Misalnya, kolaborasi antara peneliti dan praktisi bisa menjadi kunci untuk menghasilkan penelitian yang lebih relevan dan berdampak. Integrasi antara teori dan praktik ini tidak hanya akan memperkaya disiplin ilmiah tetapi juga memastikan bahwa pengetahuan yang dihasilkan beresonansi dengan kebutuhan dunia nyata.
Di sisi lain, sistem pendidikan dan penelitian harus mulai lebih menghargai dan mendorong bentuk-bentuk penelitian yang berorientasi pada solusi. Hal ini mungkin berarti merevisi kriteria untuk pemberian dana penelitian, mengubah kurikulum akademis untuk memasukkan elemen-elemen penelitian terapan, atau menciptakan insentif untuk publikasi yang tidak hanya teoretis tetapi juga memiliki implikasi praktis yang kuat.
ADVERTISEMENT
Terakhir, kita harus memperluas dialog kita tentang penelitian. Dialog ini harus melibatkan bukan hanya komunitas akademis tetapi juga masyarakat luas. Dengan meningkatkan kesadaran publik tentang pentingnya dan dampak penelitian, kita dapat mendorong budaya yang lebih menghargai dan mendukung inovasi ilmiah yang berorientasi pada manfaat nyata.
***
Perubahan paradigma dalam menilai kesuksesan penelitian adalah langkah penting menuju masa depan di mana ilmu pengetahuan tidak hanya dihargai karena pencapaian intelektualnya, tetapi juga karena kontribusinya yang nyata dan berkelanjutan terhadap masyarakat. Mari kita bekerja sama untuk menciptakan lingkungan di mana setiap penelitian dihargai tidak hanya karena prestasi akademisnya tetapi juga karena dampak nyata dan positifnya bagi dunia.