Food & Travel
·
6 April 2021 18:22

Makan Kenyang di Jakarta dengan Modal Rp 30.000

Konten ini diproduksi oleh Syaharani Putri
Makan Kenyang di Jakarta dengan Modal Rp 30.000 (94301)
Pedagang Kaki Lima di Sekitar Kawasan Grand Indonesia dan Plaza Indonesia. (Foto: Syaharani Putri)
Jakarta sangat terkenal dengan pusat kuliner hingga restoran dan kafe yang kekinian dan mahal. Ada bermacam-macam restoran di kota ini, mulai dari restoran kecil hingga restoran yang menawarkan menu dengan harga tinggi. Meski Jakarta terkenal dengan harga yang mahal, masih ada tempat makan yang enak dan murah.
ADVERTISEMENT
Tidak harus selalu makan di restoran dan kafe, banyak sekali pedagang kaki lima yang enak dan murah.
Seperti di sekitar kawasan Jalan M.H Thamrin atau Grand Indonesia dan Plaza Indonesia yang termasuk kawasan elite, tetapi masih bisa makan puas dan enak hanya dengan Rp 30.000.
Kira-kira dengan uang Rp 30.000 dapat makanan apa aja, ya?
Lebih dari 50 Pedagang Berjejer
Makan Kenyang di Jakarta dengan Modal Rp 30.000 (94302)
Banyak Pedagang yang Berjualan. (Foto: Syaharani Putri)
Banyak pedagang kaki lima dan kios makanan yang berjejeran di sepanjang jalan. Bagi pecinta kuliner dan jajan, pasti akan kalap saat datang kesini karena banyak berbagai jenis makanan dan jajanan, seperti bakso, sate, soto, olahan ayam dan ikan yang digoreng atau bakar, pempek, dan lain-lain.
Bagi karyawan Grand Indonesia dan Plaza Indonesia atau karyawan sekitar Jalan M.H Thamrin, kawasan ini biasanya menjadi pilihan makan siang.
ADVERTISEMENT
Dengan modal Rp 30.000, sudah bisa mencicipi berbagai jenis makanan berbeda di sini, mulai dari makanan utama hingga makanan penutup.
1. Soto Ceker: Rp 15.000
Makan Kenyang di Jakarta dengan Modal Rp 30.000 (94303)
Soto Ceker dengan Nasi. (Foto: Syaharani Putri)
Tempat soto ini menyediakan Soto Ranjaw, Soto Ayam, dan Soto Ceker. Soto Ranjaw adalah soto ayam dengan balungan ayam. Tetapi, saya memesan soto ceker. Dengan harga Rp 15.000, kalian bisa menikmati soto ceker yang segar ini dan menu soto lainnya.
Dalam sehari, penjual mengatakan bisa menghabiskan lebih dari 50 porsi soto.
Santap soto selagi hangat agar nikmat dan makin segar !
2. Takoyaki: Rp 6.000
Makan Kenyang di Jakarta dengan Modal Rp 30.000 (94304)
Takoyaki Berbalut Mayonaise dan Saos Pedas. (Foto: Syaharani Putri)
Sehabis makan, enaknya jajan atau ngemil. Saya tertarik membeli takoyaki yang ada di dekat pintu masuk barat Plaza Indonesia. Ternyata, takoyaki tersebut bisa dibeli satuan atau per buah, bukan satu porsi. Satu buah takoyaki seharga seribu rupiah. Saya membeli enam buah.
ADVERTISEMENT
Dengan harga Rp 6.000, kalian bisa menyantap takoyaki ukuran cukup besar yang berisikan potongan sosis kemudian dibalut mayones dan saus pedas.
3. Otak-Otak Goreng: Rp 5.000
Saking banyaknya pedagang di sini jadi ingin jajan terus. Kali ini, saya membeli otak-otak goreng. otak-otak goreng sama seperti takoyaki, bisa dibeli satuan. harga satu otak-otak atau per buahnya adalah seribu rupiah.
Makan Kenyang di Jakarta dengan Modal Rp 30.000 (94305)
Otak-Otak Goreng. (Foto: Syaharani Putri)
Meskipun sudah digoreng dan didiamkan, otak-otak ini masih mengembang dan garing. Jarang sekali saya menemukan otak-otak goreng dengan ukuran besar dan masih mengembang meskipun sudah digoreng dan didiamkan.
4. Minuman Segar: Rp 4.000
Makan Kenyang di Jakarta dengan Modal Rp 30.000 (94306)
Es Jeruk Merk Nutrisari. (Foto: Syaharani Putri)
Masih tersisa uang Rp 4.000. Saya membeli minuman segar atau es jeruk dengan merk Nutrisari untuk menyegarkan dan membilas tenggorokan saya sehabis menyantap soto ceker, takoyaki, dan otak-otak goreng.
ADVERTISEMENT
Bagaimana? Tertarik untuk mencoba jajan di sini?