OJK dan KPK Edukasi Keuangan Pentingnya DPLK

Syarif Yunus
Dosen Unindra - Direktur Eksekutif Asosiasi DPLK (Dana Pensiun Lembaga Keuangan) - Konsultan - Mhs S3 MP Unpak - Pendiri TBM Lentera Pustaka
Konten dari Pengguna
21 September 2023 16:30 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Syarif Yunus tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Dalam rangka meningkatkan literasi keuangan masyarakat, di samping memperkenalkan produk Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK), Asosiasi DPLK ikut berpartisipasi melakukan edukasi “Pengenalan Produk DPLK” kepada 220 pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) secara daring hari ini (21/9/2023). Bertundak sebagai Narasumber Syarifudin Yunus, Direktur Eksekutif Asosiasi DPLK yang menekankan pentingnya setiap karyawan memiliki program dana pensiun sebagai ikhtiar untuk mempersiapkan masa pensiun dan hari tua yang nyaman.
ADVERTISEMENT
Webinar edukasi keuangan yang diselenggarakan Direktorat Literasi dan Edukasi Keuangan OJK ini dibuka oleh Zuraida Retno Pamungkas (Kepala Biro SDM KPK) dan Aman Santosa (Kepala Departemen Literasi, Inklusi Keuangan dan Komunikasi OJK)). Selain Syarifudin Yunus dari Asosiasi DPLK, tampil sebagai pembicara antara lain: 1) Anugerah Sutejo (Analis Senior Perencanaan Edukasti dan Literasi Keuangan OJK), 2) Kemas Rumaiyar (Kepala Wilayah 3 Bursa Efek Jakarta), dan 3) Reni K. Ashuri (Certified Financial Planner). Tujuannya, agar pegawai KPK memahami produk keuangan yang dapat disesuaikan dengan tujuan keuangannya, di samping tetap bijak dalam mengelola keuangan.
“Edukasi keuangan ini sangat penting, agar pegawai KPK tidak terjebak pada produk keuangan yang illegal atau tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu, perlu pemahaman produk keuangan yang benar dan sesuai tujuan keuangannya. Sekaligus untuk belajar mengelola keuangan kita sendiri” ujar oleh Zuraida Retno Pamungkas, Kepala Biro SDM KPK dalam sambutannnya.
ADVERTISEMENT
Aman Santosa, Kepala Departemen Literasi, Inklusi Keuangan dan Komunikasi OJK pun menyampaikan bahwa edukasi keuangan sangat penting. Agar pegawai KPK dan Masyarakat memiliki pemahaman yang tepat tentang produk keuangan sesuai tujuannya. Apalagi tingkat literasi dan inklusi keuangan ini masih senjang, ada gap 35%. Maka edukasi secara berkelanjutan selalu dilakukan. Mari kita mengelola keuangan pribadi dengan bijak, sesuai dengan tujuan dan kondisi yang diharapkan.
Edukasi keuangan OJK dan KPK akan pentingnya dana pensiun
Dalam pemaparannya, Syarifudin Yunus menegaskan DPLK sangat penting dimiliki pegawai atau karyawan karena memberikan keuntungan 1) adanya kepastian dana di hari tua, 2) punya kesinambungan penghasilan di masa pensiun, 3) mendapatkan hasil investasi optimal selama jadi peserta, 4) jadi lebih disiplin menabung untuk hari tua, dan 5) mendapatkan fasilitas pajak final 5% saat manfaat pensiun dibayarkan. Selain itu, risiko DPLK pun sangat kecil karena bersifat jangka panjang, orinetasinya untuk hari tua, dan investasinya dilakukan secara hati-hati sesuai pilihan peserta DPLK.
ADVERTISEMENT
Maka dengan menjadi peserta DPLK, setiap pegawai atau karyawan akan mendapat 3 keuntungan utama yaitu 1) adanya “pendanaan pasti” untuk masa pensiun, 2) ada hasil investasi yang optimal selama menjadi peserta DPLK, dan 3) adanya fasilitas perpajakan pada saat pembayaran manfaat pensiun. Karena sesuai PP 68/2009 tentang Tarif Pajak Penghasilan, maka pembayaran manfaat pensiun dikenakan pajak final 5% bila manfaat dibayarkan melalui dana pensiun. Sementara bila tidak melalui dana pensiun, maka pajaknya progresif antara 5% - 15% -25% sesusi dengan besaran uang pensiun atau pesangon.
Selain memberikan edukasi akan pentingnya dana pensiun, Asosiasi DPLK berkomitmen ikut membantu pekerja dalam mempersiapkan masa pensiun yang sejahtera. Sehingga nantinya, pekerja mampu memenuhi mampu memiliki program pensiun yang sesuai dengan tujuannya. Salam literasi #EdukasiKeuangan #EdukasiDanaPensiun #AsosiasiDPLK
ADVERTISEMENT