Pengaruh Positif Teknologi Digital

Syawal Gilang Cahyadi
Mahasiswa Jurnalistik Politeknik Negeri Jakarta
Konten dari Pengguna
1 September 2023 11:34 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Syawal Gilang Cahyadi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
credit : pexels.com ilustrasi beberapa media sosial.
zoom-in-whitePerbesar
credit : pexels.com ilustrasi beberapa media sosial.
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Teknologi digital memiliki dampak positif dikehidupanmu, sehingga teknologi ini akan membantumu untuk menjalankan kehidupanmu dari beberapa bidang seperti, bidang ekonomi, bidang pengetahuan dan pendidikan. Teknologi ini juga akan memanjakanmu dengan berbagai macam fasilitas yang dapat membuat kehidupan menjadi semakin mudah, aman, nyaman, dan efisien.
ADVERTISEMENT
Dampak positif bidang pengetahuan dan informasi
Salah satu dampak positif teknologi digital yaitu, koran digital merupakan koran yang berisikan informasi aktual yang hanya dapat diakses melalui media elektronik seperti, smartphone, komputer atau laptop. Teknologi yang selalu berkembang membuat koran yang sebelumnya menyampaikan tulisan ke pembaca lewat lembaran kertas, namun sekarang dapat ditemukan melalui internet.
Koran digital ini mempermudah kamu untuk mencari informasi dengan waktu singkat dan dapat diakses dimanapun dan kapanpun, tentu dengan internet yang memadai. Koran digital ini juga lebih menarik perhatian pembaca dari pada koran cetak.
Selain itu kamu juga lebih hemat, merupakan keuntungan yang akan didapat untuk pembaca dan penerbit. Dengan bermodal kuota internet kamu dapat mengakses informasi di berbagai media. Begitu pula untuk penerbit yang tidak perlu mengeluarkan biaya produksi seperti lembaran kertas, tinta cetak, dan sebagainya.
ADVERTISEMENT
Perkembangan teknologi digital ini buku yang biasanya sebuah lembaran kertas, kini terdapat buku elektronik atau e-book. Buku elektronik atau e-book merupakan buku yang dapat diakses berbentuk digital yang berisi informasi atau panduan, tutorial, novel, layaknya buku pada umumnya namun berbeda bentuk saja.
Tujuan dibuatnya e-book yaitu untuk mempermudah pembuatan buku, menghemat biaya pembuatan buku, memudahkan proses belajar dan mengajar, dan sebaginya.
E-book ini menjadi lebih menarik dari buku cetak karena dengan kualitas gambar yang lebih baik membuat e-book ini lebih banyak peminatnya. Bukan hanya gambarnya yang bagus, tetapi sebagian besar buku ini hanya membutuhkan satu tangan untuk membalikkan halaman dan memperbesar tulisan sehingga kamu dapat membaca dengan mudah dan nyaman.
ADVERTISEMENT
Dampak Positif Bidang Ekonomi
Belanja online atau biasa dikenal online shopping merupakan kegiatan bertransaksi yang dilakukan secara online dan dapat ditemukan diberbagai aplikasi atau website. Kegiatan ini bisa dilakukan dengan menggunakan laptop, komputer, handphone dan sejenisnya, dengan catatan kamu harus memiliki jaringan internet.
Beberapa toko offline kini beralih ke toko online agar tetap mendapatkan pembeli. Namun ada juga toko offline yang memiliki toko online juga. Maka dari itu dengan bermodalkan internet kamu dapat berbelanja dari rumah, tanpa harus mengeluarkan biaya untuk ke toko tersebut.
Beberapa orang lebih memilih berbelanja secara online bukan karena dapat mempermudah saja, melainkan promo-promo menarik yang diberikan beberpa toko. Salah satunya promo gratis ongkos kirim, dengan adanya promo ini kamu hanya perlu membayar barang yang kamu beli tanpa harus membayar ongkos kirimnya.
ADVERTISEMENT
Saat ini media sosial seperti instagram dan tiktok sering dijadikan sebagai tempat berjualan. Bahkan, terdapat fitur live stream yang membuat penjual dapat memasarkan dagangannya secara langsung kepada pembeli, sehingga kamu dapat melihat barang yang akan kamu beli.
Melalui online shopping dapat mempermudah kamu untuk mencari kebutuhan sehari-hari, mulai dari peralatan rumah tangga, hingga membeli makanan pun bisa kamu temukan di online shopping ini. Namun, kamu tidak dapat melihat barang tersebut secara fisik melainkan gambarnya saja. Jadi kamu harus bener-benar mencari toko yang jujur dengan kata lain toko itu menjual barangnya sesuai dengan gambar yang tertera.
Bukan hanya itu saja, teknologi digital ini juga membuat jenis lapangan pekerjaan baru, yang mungkin generasi sebelumnya akan asing dengan pekerjaan seperti pemasaran digital, konten kreator, programer dan sebagainya.
ADVERTISEMENT
Kehadiran teknologi digital ini dapat mempengaruhi hidup kamu. Apabila kamu tidak menempatkan diri dengan baik, teknologi digital ini dapat berdampak buruk di hidupmu. Sudah banyak orang yang tidak menempatkan dirinya dengan baik sehingga selalu termakan berita-berita hoax.
Maka dari beberapa dampak positif di atas terselipkan dampak negatif dari teknologi digital ini. Teknologi ini dapat berdampak buruk bagi anak-anak, karena difase inilah sikap dan mental seseorang terbentuk.
Kasus bullying dibawah umur sudah banyak terjadi, mulai dari penghinaan hingga kekerasan fisik. Hal ini terjadi karena kurangnya edukasi sehingga mereka terlalu sering melihat bahkan mencerna vidio yang terdapat unsur kekerasan di dalam teknologi digital seperti sosial media.
Teknologi digital memiliki radiasi yang kurang baik jika terlalu lama menggunakannya. Karena terdapat gelombang elektromagnetik yang mudah menembus ke otak sehingga merusak sel-sel otakmu, kalau sel-sel otak mu sudah rusak dapat meningkatkan risiko terjangkitnya berbagai jenis penyakit. Seperti tumor otak, Alzheimer, autism, hal ini merupakan dampak buruk bagi kesehatanmu.
ADVERTISEMENT
Teknologi digital ini akan berdampak positif dikehidupan. Apabila kamu menempatkan diri dengan baik, kamu akan mudah dalam mengakses informasi, dan menjadi peluang bisnis. Dengan teknologi digital kehidupanmu akan terasa mudah, aman, nyaman, dan efisien. Sebaliknya, jika tidak menempatkan diri dengan baik kamu teknologi digital ini akan membawamu ke dalam masalah, baik masalah sosial ataupun kesehatan.