Kentang Goreng Masa Depan: Renyah, Sehat, dan Ramah Lingkungan dengan PEF

Laeli Dyah Tantri Cahyaningrum
Research and Development, Mahasiswa Pascasarjana Ilmu Pangan, Institut Pertanian Bogor
Konten dari Pengguna
15 Mei 2024 11:58 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Laeli Dyah Tantri Cahyaningrum tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi kentang goreng Foto: dok.Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi kentang goreng Foto: dok.Shutterstock
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Bayangkan ada kentang goreng yang lebih panjang, lebih renyah, lebih sehat, dan lebih ramah lingkungan dari yang ada sebelumnya. Semua ini bisa terjadi berkat teknologi inovatif Pulsed Electric Fields (PEF). Teknologi PEF adalah solusi masa depan dalam industri makanan, menawarkan cara efektif untuk memproses makanan tanpa pemanasan. Dengan menggunakan medan listrik tegangan tinggi, PEF membunuh mikroba dan mengubah struktur makanan, memungkinkan pemrosesan minimal yang meningkatkan keamanan makanan dan mengurangi dampak lingkungan.
ADVERTISEMENT
Dalam dunia kuliner, PEF sudah digunakan dalam berbagai proses seperti pembuatan jus, dehidrasi, dan pengupasan. Namun, salah satu aplikasi yang paling menarik adalah dalam produksi kentang goreng. Dengan PEF, kentang menjadi lebih mudah diolah, menghasilkan kentang goreng yang lebih panjang, lebih renyah, dengan penyerapan minyak yang lebih rendah, serta waktu pemrosesan yang lebih cepat.
Selain itu, PEF juga diterapkan dalam produksi minuman seperti anggur, membantu meningkatkan ekstraksi senyawa penting dan memperpanjang umur simpan. Dalam pasteurisasi makanan cair seperti jus buah, PEF menghasilkan produk berkualitas tinggi dengan umur simpan lebih lama tanpa mengorbankan kualitas.
Meskipun teknologi PEF telah berkembang pesat dalam beberapa dekade terakhir, masih ada tantangan dalam pengendalian proses dan pengembangan aplikasi baru. Namun, potensinya dalam meningkatkan keamanan dan kualitas makanan menjadikannya teknologi yang menjanjikan untuk masa depan industri makanan.
ADVERTISEMENT

Teknologi di Balik Kentang Goreng Masa Depan

PEF bekerja dengan meningkatkan permeabilitas membran sel kentang, memperbaiki tekstur, dan menggantikan pemanasan awal dalam proses produksi kentang goreng. Proses ini tidak hanya mempercepat produksi tetapi juga mengurangi penggunaan air dan energi serta mengurangi kerusakan kentang saat dipotong. Selain itu, PEF mengurangi penyerapan minyak selama penggorengan dan perubahan warna, memberikan tekstur yang lebih baik pada kentang goreng.
Namun, penggunaan PEF pada kentang dengan kulit masih belum sepenuhnya efektif dan membutuhkan penelitian lebih lanjut. PEF juga diketahui meningkatkan kandungan pati yang lambat dicerna pada kentang, yang dapat memperlambat laju pencernaan. Penelitian oleh Leong et al. (2022) mengevaluasi efek PEF pada kentang terkupas dan menemukan bahwa PEF meningkatkan kekerasan kerak pada kentang goreng, terutama pada kentang dengan kadar kering tinggi.
ADVERTISEMENT
Penelitian ini juga menunjukkan bahwa PEF menyebabkan perubahan struktur mikro kentang sebelum digoreng, menciptakan struktur yang lebih poros yang membantu pembentukan kerak saat penggorengan. Namun, PEF juga dapat menyebabkan pengosongan internal pada kentang goreng, terutama pada kentang dengan kadar kering tinggi, akibat peningkatan tekanan air selama penggorengan.
Selain itu, penelitian tersebut menunjukkan bahwa PEF mempengaruhi profil pencernaan pati dalam kentang goreng. Kentang goreng dari kentang dengan kadar kering tinggi cenderung lebih mudah dicerna, sementara kentang dengan kadar kering sedang lebih lambat dicerna. Meskipun PEF tidak secara signifikan mempengaruhi jumlah total pati, ia mempengaruhi profil pencernaan pati, terutama pada kentang dengan kadar kering tinggi.
Kesimpulannya, teknologi PEF menawarkan peluang besar untuk memajukan produksi kentang goreng. Dengan kemampuan untuk mengubah tekstur dan pencernaan pati dalam kentang goreng, PEF membuka jalan bagi produk yang lebih baik dan lebih sehat. Meskipun masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memahami dampak PEF secara lebih mendalam, teknologi ini sudah menunjukkan potensi besar untuk merevolusi industri makanan. Jadi, siapkan diri Anda untuk menikmati kentang goreng masa depan yang renyah, sehat, dan ramah lingkungan.
ADVERTISEMENT