News
·
26 April 2017 12:31

Kedokteran, Fakultas Favorit Siswa SNMPTN di Unpad

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Kedokteran, Fakultas Favorit Siswa SNMPTN di Unpad (37117)
Universitas Pandjadjaran Bandung. (Foto: Wikimapia)
Universitas Padjadjaran menjadi kampus yang paling banyak diminati dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2017. Fakultas Kedokteran Unpad menjadi jurusan favorit pilihan para siswa.
ADVERTISEMENT
"Tahun ini tetap tertinggi Kedokteran," kata Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad Arry Bainus, saat dihubungi kumparan (kumparan.com), Rabu (26/4).
Arry mengakui adanya penurunan angka pendaftar ke Unpad melalui SNMPTN dari tahun lalu. Pada tahun lalu tercatat ada 58.937 siswa yang daftar ke Unpad, sementara tahun ini turun menjadi 39.388.
"Kenapa turun, karena ada aturan baru Menteri. Kalau dulu siswa dari sekolah akreditasi A yang boleh ikut SNMPTN itu 75 persen, sekarang hanya 50 persen, konsekuensinya semua bisa daftar, biasanya nanti akan membludak di SBMPTN," kata Arry.
Meski ada penurunan, Arry menyebut Unpad masih tetap menjadi kampus yang paling banyak diminati. "Kami 6 tahun berturut-turut tertinggi, terpopuler," ujar dia.
ADVERTISEMENT
Kedokteran, Fakultas Favorit Siswa SNMPTN di Unpad (37118)
Universitas Pandjadjaran Bandung. (Foto: Wikimapia)
Terkait penerimaan SNMPTN tahun ini, Arry memberikan selamat kepada mereka yang dinyatakan lolos. Namun dia meminta agar para siswa yang sudah dinyatakan lolos itu tetap konsisten dengan pilihannya.
"Tetap konsisten, ini jalur anda. Karena kalau enggak, merugikan orang. Kalau dia mundur, satu kursi kosong, kasihan orang yang mau masuk ternyata enggak," ujar Arry.
Selain itu, Arry juga mengingatkan kepada mereka yang dinyatakan lolos untuk membaca pengumuman di website resmi Unpad untuk mengikuti langkah pendaftaran selanjutnya.
"Mulai tanggal 28 April harus baca pengumuman di online, lalu ada beberapa yang harus mengisi biodata, nanti di situ ada yang harus diunggah seperti foto dan sebagainya," kata dia.
ADVERTISEMENT