kumparan
31 Jul 2019 14:15 WIB

Mengapa Membaca Label Pestisida Sangat Penting?

Photo credit: Pixnio
Banyak petani yang seringnya mengabaikan label pestisida pada suatu produk. Padahal, membaca label pestisida itu sama pentingnya dengan menggunakan pestisida itu sendiri. Terkadang, mungkin Anda hanya fokus pada menghafal satu persatu bahan aktif dan merek pestisida. Hal ini adalah cara yang salah dalam memanfaatkan serta menggunakan pestisida untuk membasmi hama.
ADVERTISEMENT
Label pestisida memiliki banyak sekali informasi dan instruksi terkait penggunaan pestisida itu sendiri. Jika Anda tidak membaca dan memperhatikannya, maka alih-alih mendapatkan manfaat pestisida, Anda malah merasakan kerugian. Simak pentingnya membaca label pestisida di bawah ini!
Label pestisida memiliki informasi simbol bahaya
Setiap produk pestisida pasti memiliki informasi peringatan keamanan seperti berbahaya, beracun, sangat beracun, bahaya, perhatian, hati-hati, awas beracun, dan lain sebagainya. Jika label ini tidak Anda perhatikan, bisa jadi akan terjadi kecelakaan yang bisa merugikan diri sendiri ketika pestisida sudah diaplikasikan.
Label bahaya ini juga dibuat supaya Anda lebih waspada terhadap penyimpanannya. Produk dengan label bahaya atau beracun harus disimpan di tempat yang lebih aman dan dijauhkan dari anak-anak. Produk dengan label berbahaya atau beracun kadang juga tidak boleh disentuh langsung oleh tangan. Oleh sebab itu, baca selalu label pestisida sebelum Anda menggunakannya.
ADVERTISEMENT
Menghindarkan dari kerugian finansial
Setiap label pestisida selalu mencantumkan dosis penggunaannya untuk setiap jenis tanaman. Penggunaan pestisida yang tidak sesuai dengan dosis yang dianjurkan akan meningkatkan resistensi hama serta kerugian finansial. Misalnya dosis penggunaan pestisida adalah satu kali semprot setiap kali digunakan pada tanaman. Namun karena Anda tidak membaca labelnya, Anda menyemprotkannya sebanyak tiga kali. Hal ini tentu akan membuat Anda rugi karena pestisida yang seharusnya untuk sepuluh kali pakai jadi hanya lima kali pakai saja.
Memahami petunjuk keamanan
Karena pestisida terbuat dari bahan aktif yang fungsinya untuk membunuh OPT, tak jarang zat di dalamnya bisa membahayakan jika masuk ke dalam tubuh. Oleh sebab itu, saat menggunakan pestisida Anda harus baca baik-baik labelnya, terutama bagian petunjuk keamanan,
ADVERTISEMENT
Pada label pestisida umumnya terdapat petunjuk keamanan untuk pekerja/pengguna, konsumen, dan lingkungan. Petunjuk keamanan untuk pekerja/pengguna biasanya berbunyi “pakailah sarung tangan karet, apron, pakaian overall, sepatu boot karet, baju lengan panjang, pelindung wajah, penutup kepala, kecamata debu selama bekerja dengan pestisida.”
Sedangkan petunjuk keamanan untuk konsumen biasanya adalah “jangan menggunakan pestisida ini pada semua tanaman dan bahan lain yang bisa dimakan.” Untuk lingkungan petunjuk keamanannya berupa peringatan seperti “pestisida berbahaya bagi binatang peliharaan, hewan ternak, lebah, ikan, dan satwa liar. Hindarkan hewan ternak dari area yang diberi perlakukan pestisida.”
Mengetahui pertolongan pertama saat terjadi kecelakaan
Kecelakaan kerja bisa terjadi kapan saja, termasuk ketika Anda sedang menyemprotkan pestisida ke tanaman. Mengingat pestisida memiliki kandungan zat yang cukup kuat dan bisa mencelakai tubuh, maka di labelnya sudah disertakan petunjuk pertolongan pertama. Informasi ini harus Anda baca sehingga menghindari risiko keselamatan yang lebih buruk saat terjadi kecelakaan.
ADVERTISEMENT
Umumnya, label pestisida akan memberikan petunjuk bagaimana memberikan pertolongan pertama. Seperti “tanggalkan baju yang terkena pestisida dan cucilah bagian tubuh yang terkontaminasi, dengan menggunakan air dan sabun secara menyeluruh hingga bersih. Apabila pestisida terkena mata, cucilah dengan air bersih selama lima belas menit.”
Label pestisida sebenarnya memiliki informasi lain yang penting Anda ketahui seperti petunjuk penggunaan, misalnya. Oleh sebab itu, tiap kali akan menggunakan pestisida untuk membasmi organisme pengganggu, Anda harus membaca dulu label yang terdapat pada kemasan produknya. Label pestisida ini akan membantu Anda tetap selamat, terhindar dari kontaminasi zat kimia.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan