Bola & Sports
·
8 Maret 2019 22:19

6 Manfaat Personal Branding di Era Digital

Konten ini diproduksi oleh Temali
6 Manfaat Personal Branding di Era Digital (119710)
searchPerbesar
Hari gini semuanya udah serba digital, atau biasa kita sebut sebagai era digital. Mau cari kerja, tinggal online. Mau jualan bisa di internet. Bahkan urusan menginap di hotel pun, bisa lewat aplikasi smartphone.
ADVERTISEMENT
Jadi, di zaman serba digital ini kamu mau jadi ‘pemain’ atau hanya sekedar ‘penonton’ yang menikmati?
Seorang pengusaha sukses bernama Andrew Ardianto pernah berkata, “Banyak orang yang sukses dengan cara memanfaatkan dunia digital secara maksimal.” Nah, salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk sukses dengan memanfaatkan dunia digital saat ini adalah dengan melakukan personal branding.
Banyak sekali manfaat dari personal branding. Secara garis besar, bisa kamu simak sebagai berikut:

1. Meningkatkan kepercayaan dirimu

Membangun personal branding akan membuatmu fokus pada kekuatan diri, bukan kelemahan. Karena tujuan dari personal branding adalah menunjukkan keunggulanmu kepada khalayak supaya menjadi ciri khas.
Seiring berjalannya waktu, kamu akan berproses menjadi lebih baik sesuai versimu sendiri. Feedback positif pun akan datang dari orang lain, dan membuat ke-pedean-mu meningkat. Tapi harus tetap rendah hati, yaa.
ADVERTISEMENT

2. Meningkatkan kredibilitas

Selanjutnya, jika nilai personal branding mampu kamu implementasikan di kehidupan nyata, hal tersebut akan meningkatkan kredibiltasmu. Kamu akan mulai dikenal orang lain dengan skill-mu. Karena selain perkataanmu yang diperhatikan, apa yang kamu lakukan pun menjadi bahan penilaian. Akhirnya kamu akan dikenal sebagai ahli, jika kamu konsisten.

3. Memberikanmu nilai tambah

Personal branding dilakukan dengan konsisten, akan berimbas pada nilai tambahmu di mata orang lain. Ibarat portofolio, khalayak akan mengetahui segala rekam jejak sampai kepribadianmu. Jika personal brand yang kamu harapkan telah terbangun, itu bisa kamu manfaatkan sebagai ladang mencari nafkah, lho.

4. Memperluas jaringan

Di dunia digital, kita saling terhubung dengan mudah. Salah satu manfaat dari personal branding di dunia maya adalah, ia akan mempertemukanmu dengan orang-orang yang sejalan. Dari sana kamu akan bertemu mentor-mentor yang bisa membantumu melesat dengan potensimu.
ADVERTISEMENT
  1. Membuatmu paham dengan apa kamu bisa berkembang

Seiring berjalannya waktu, kamu akan terus belajar dan belajar. Karena sejatinya personal branding adalah untuk menjadi menjadi lebih baik dari waktu ke waktu. Kamu akan mendapatkan hal-hal yang bisa membuatmu terus berkembang, bisa dari orang lain, pengamatanmu sendiri, atau tuntutan eksternal.

6. Punya focus audience

Perlu kamu pahami, personal branding bukan untuk menyenangkan semua orang. Tapi dengan personal branding, kamu akan memiliki follower yang terfokus dengan apa yang menjadi branding-mu. Mungkin diawal sedikit, tapi seriring berkembangnya jaringanmu, akan terus bertambah banyak dan kamu bisa mendapatkan manfaat darinya.
Sekarang, sudah tahu kan manfaat dari personal branding? Yuk, optimalkan gawai yang kita punya untuk menginspirasi dan bermanfaat bagi sekitar!
ADVERTISEMENT
[Penulis : Izzudin|Editor : Nadhira]