kumparan
18 April 2019 13:23

Belajar Membuat Mind Map

Sahabat Temali, tahu metode mencatat mind mapping?
Singkatnya, Mind Mapping adalah teknik pemanfaatan keseluruhan potensi otak dalam memetakan sebuah pikiran, lewat citra visual dan sarana grafis lainnya. Teknik mencatat ini dikembangkan pada 1970-an oleh Tony Buzan dan didasarkan riset tentang bagaimana cara kerja otak sebenarnya.
ADVERTISEMENT
Otak manusia seringkali mengingat informasi dalam bentuk gambar, simbol, suara, bentuk-bentuk, dan perasaan. Mind Mapping menggunakan pengingat-pengingat visual dan sensorik ini dalam suatu pola dari ide-ide yang berkaitan.
Cara ini bisa membangkitkan ide-ide yang orisinal dan memicu ingatan dengan mudah.
Ini jauh lebih mudah ketimbang metode pencatatan tradisional karena ia mengaktifkan kedua belah otak kita. Cara ini menyenangkan dan kreatif. Pikiranmu tidak akan menjadi mandeg apabila memakai metode pencatatan ini.

Membuat Mind Map

Untuk membuat mind map, gunakan pulpen warna-warni, lalu mulailah menggambar dari bagian tengah kertasmu. Gunakan kertas dengan orientasi landscape supaya mendapatkan lebih banyak tempat. Kemudian ikuti langkah-langkah berikut:
Ilustrasi: imindmap.com
  1. Tulis gagasan utamanya di tengah-tengah kertas dan lingkupilah dengan lingkaran, persegi atau bentuk apapun terserah kamu. Bisa juga dengan gambar, misalnya gambar lampu bohlam, dan sebagainya.
ADVERTISEMENT
Ilustrasi: imindmap.com
  1. Tambahkan garis cabang dari gambar pusatnya untuk setiap ide dan anak gagasan utamanya. Jadi jumlah garis cabangnya akan bevariasi tergantung jumlah cabang atau anak dari ide utamanya. Usahakan gunakan warna yang berbeda untuk tiap garis cabangnya.
Ilustrasi: imindmap.com
  1. Tulislah kata kunci pada tiap-tiap cabang. Ingat, kata kunci. Karena kata-kata kunci itu yang akan menyampaikan inti dari gagasan dan memicu ingatan kamu. Jadi ini akan mempermudahmu mengingat kembali. Jika kamu menggunakan singkatan, pastikan kamu familiar dengan singkatan-singkatan tersebut sehingga bisa dengan mudah membuatmu inngat selama berhari-berhari bahkan berminggu-minggu.
Ilustrasi: imindmap.com
  1. Tambahkan simbol-simbol dan ilustrasi-ilustrasi untuk mendapatkan ‘sumbu’ ingatan yang lebih baik.
Ada pula beberapa cara lain yang bisa kamu lakukan untuk membuat mind map-mu lebih mudah diingat:
ADVERTISEMENT
  1. Tulis dengan rapi menggunakan huruf kapital dan ukuran yang lebih besar di bagian-bagian yang paling penting, sehingga menonjol ketika kamu membuka kembali mind map-mu.
  1. Gambar mind map-mu dengan hal-hal yang berhubungan dengan keseharian. Misalnya gambar-gambar yang berarti bagian tersebut memiliki tenggat waktu yang penting atau bisa juga dengan tanda panah untuk menekankan hal-hal yang mungkin harus kamu ingat atau lakukan.
  1. Garisbawahi kata-kata yang penting, kalau perlu dipertebal.
  1. Kreatif dan beranilah dalam mendesain mind map-mu, karena otak cenderung mengingat hal-hal yang tak biasa.
Sudah mengerti kan, cara membuat Mind Map? Yuk, mulai berkreasi!
[Penulis : Izzudin | Editor : Nadhira]
---
Konten ini bermitra dengan Eduplex Indonesia, co-working space.
Untuk info co-working, virtual office, dan sewa space kantor dengan suasana cozy di pusat kota Bandung, hubungi Mia (085721285233) atau email ke info@eduplex.id.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan