News
·
17 Oktober 2019 11:37

Gimana Sih Caranya Agar Tetap Update Tapi Gak Overscrolling?

Konten ini diproduksi oleh Temali
Gimana Sih Caranya Agar Tetap Update Tapi Gak Overscrolling? (142472)
Foto: Unsplash.com
Jika kemarin kita bahas alasan kecanduan hp, lalu sekarang muncul pertanyaan, gimana sih caranya biar kita gak overscrolling tapi tetep update? Kadang niatnya cuma pengin update berita tapi ujung-ujungnya malah stalk, kedistraksi sama aplikasi ini, aplikasi itu. Emang agak susah sih, kalau cuma diniatin aja tanpa ada aksi yang bener-bener buat ngurangin waktu penggunaan hp. Iya gak?
ADVERTISEMENT
Hal yang umum sering buat kecanduan adalah media sosial. Kamu mungkin sering merasakan tenggelam dan lupa akan apa yang seharusnya kamu lakukan di dunia nyata. Lebih fokus terhubung pada dunia online, dan akhirnya memutuskan hubungan dengan dunia nyata. Alih-alih produktif yang diharapkan terjadi, kamu malah sibuk scrolling dan waktumu terbuang sia-sia gitu aja.
Emang kadang sulit banget dikontrol, seperti candu yang susah dilepaskan. Namun, kalau kamu ngerasa terganggu akan itu, lebih baik kamu mulai memperbaikinya. Mulai mengurangi penggunaan hp dan sosial media misalnya. Lalu balik lagi kepertanyaan, gimana caranya biar kita gak overscrolling tapi tetap update? Nah, dikutip dari lifehack.org, cara-cara di bawah ini bisa bikin kamu tetap update akan informasi tanpa harus membuang-buang waktu.
Gimana Sih Caranya Agar Tetap Update Tapi Gak Overscrolling? (142473)
Foto: Unsplash.com

1. Gunakan aplikasi seperti Rss Feed

Sebelum kamu mendapatkan banyak tumpukan feed ketika kamu mengecek hp, lebih baik kamu gunakan aplikasi untuk mengumpulkan informasi ter-update dari website atau situs yang kamu sukai. Di sana kamu bisa mengelompokan apa –apa yang ingin kamu baca dalam satu ruangan, tanpa harus menulusuri terlebih dahulu web yang kamu inginkan. Nah, dari situ kamu bakalan dapet update berita utama yang lagi trending. Kamu juga bisa memisahkan jenis bacaan yang bakalan mempermudah kamu untuk memilih.
ADVERTISEMENT
Pada awalnya, kamu memang harus mengimpor link-link bacaan yang ingin kamu baca. Tapi setelaha itu, kamu enggak perlu lagi direpotkan dengan jutaan feed lain yang minta kamu perhatikan. Jika kamu tidak mengerti cara pemakaiannya, silakan browse dan ikuti langkah-langkah penggunaannya. Kamu bisa memakai aplikasi seperti Feedly, Inoreader atau RSS Reader untuk mendapatkan manfaat aplikasi seperti ini.

2. Nyalakan Notifikasi

Mungkin sebagian orang akan tidak setuju pada cara yang ini. Seringkali orang terdistraksi oleh suara-suara notifikasi. Namun, dikatakan Jamie Green, sebagai penulis, bahwa mengetahui notifikasi untuk breaking news lebih baik dari pada harus scroll terus menerus untuk mencari berita ter-update.
So, kamu bisa nyalakan notifikasi dari akun-akun di media sosial yang kamu ingin ketahui untuk mengetahui kabar ter-update. Tapi ingat, kamu harus lebih bijaksana dalam menggunakannya, cukuplah membuka informasi tersebut dan berhenti scroll untuk kepentingan lain.
ADVERTISEMENT

3. Newsletter

Pernah berpikir untuk mengaktifkan notifikasi berita pada email?Sekarang, banyak website yang sudah menyediakan layanan tersebut. Jadi, buat kamu yang mau informasi ter-update kamu bisa mendaftar dan mendapatkan email berupa berita-berita trending terkini setiap harinya. Ceklah emial tersebut secara berkala atau kamu bisa membuat jadwal untuk membaca berita-berita yang masuk ke email.

4. Good Old-Fashioned Newspapers

Mungkin cara ini sedikit menyusahkan karena memungkinkan kamu untuk mengeluarkan uang secara bulanan. Kamu bisa membeli layanan berbayar yang lebih menguntungkan karena mereka mencoba untuk menyesuaikan apa-apa yang ingin kamu baca dengan lebih efektif dan tidak membuang-buang waktu dengan harus melakuakan scroll dan lain sebagainya.
Biasanya aplikasi berbayar memiliki layanan khusus yang sifatnya lebih privat dibandingakan layanan gratis. Ini mungkin bisa membantu kamu yang sudah muak dan benar-benar ingin mengontrol diri dengan cara yang lebih praktis.
ADVERTISEMENT

5. Mengobrol dengan Temanmu

Nah, jika urusan informasi sudah serasa terselesaikan, mungkin kamu akan berpikir, urusan media sosial bukan cuma urusan bacaan. Tapi, ada juga urusan hubunganmu dengan teman-teman. Lakukanlah, pembicaraan di kehidupan nyata untuk mengisi kekosongan itu. Jika kamu tidak sempat, gak papa dilakukan dengan menggunakan aplikasi pesan seperti Whatsapp, Slack, Gchat dan lain sebagainya.
[Penulis: Lupi Y]