Pencarian populer

Mengapa Kita Butuh Ruang Sendiri?

“Kita tetap butuh ruang, sendiri-sendiri” Tulus - Ruang Sendiri

Kadangkala, kita mengalaminya. Ada saatnya kita berkumpul bersama teman-teman, tertawa, dan saling bercerita. Namun di saat yang sama pula kita ingin segera pulang ke rumah dan menyendiri di kamar. Munginlelah atau memang sedang bosan dengan keramaian. Intinya kita butuh ruang sendiri.

Menurut Roberty S. Feldman dalam bukunya Social Psychology, menjelaskan bahwa ruang sendiri atau ruang pribadi merupakan bentuk usaha perlindungan diri sendiri, pengurangan stres, dan upaya mengembalikan fokus.

Di tengah hingar binger dunia seperti saat ini, banyak yang membuat kita merasa tidak nyaman. Tekanan dari orang sekitar, ketergantungan terhadap orang lain, komunikasi yang tidak sehat, dan problema lainnya yang membuat kita berpikir dan butuh waktu untuk sendiri.

Ruang sendiri atau pribadi ini pun bermanfaat untuk diri kita.

Bagi yang sedang merasakan di bawah tekanan, ruang sendiri memberimu kesempatan untuk berpikir secara lebih rileks dan jernih cara untuk menghadapinya.

Bagi yang sedang marah, ruang sendiri akan memberimu kesempatan untuk meredakan amarahmu dan kembali dengan emosi yang lebih stabil. Bagi yang sedang ingin mencari jawaban dalam kehidupan, ruang sendiri bisa memberimu jawaban hasil dari perenungan.

Dalam ilmu Talents Mapping, ada bakat yang membuat seseorang secara rutin membutuhkan ruang sendiri, yaitu Intellection. Bakat ini membuat yang memilikinya menjadi pemikir dalam yang berusaha memahami maksud dari segala hal. Ia selalu menikmati waktu menyendiri karena hal tersebut merupakan saat-saat baginya untuk merenung dan introspeksi.

Tentunya pemilik bakat lain pun tetap membutuhkan ruang sendiri, tapi orang berbakat kuat Intellection membutuhkannya secara rutin. Ruang sendiri membuatnya lebih mawas diri.

Kini kita sudah tahu bahwa setiap manusia secara hakikatnya memang membutuhkan ruang sendiri. Maka mari menjadi pribadi yang mengerti dan menghargai hal tersebut, supaya kita pun memiliki ruang sendiri untuk tumbuh lebih baik.

[Penulis: Izzudin | Editor: Tristia]

Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.61