kumparan
25 Oktober 2019 22:12

Support Para Suami Di Balik Kesuksesan 5 Menteri Perempuan Indonesia

Kalau biasanya kita mendengar istilah “Dibalik lelaki yang sukses, selalu ada perempuan yang hebat”, sekarang kita bahas kebalikannya. Ternyata, dibalik kehebatan perempuan, ada juga lho, peran laki-laki yang setia dan tulus mendukung karir istrinya.
ADVERTISEMENT
Terbukti dari banyaknya perempuan-perempuan hebat yang berhasil menunjukkan kesuksesan dirinya di berbagai tingkatan sosial di masyarakat. Tak terkecuali juga dalam tingkat pemerintahan. Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu, melantik jajaran Kabinet Indonesia Maju. Dari 34 menteri yang dilantik, lima di antaranya adalah perempuan.
Dibalik kesuksesan kelima menteri tersebut ada dukungan dan keikhlasan hati suami untuk menjadi penyangga karir istrinya. Meski kerap berjauhan, bukan berarti tak ada support suami agar sang istri bisa kuat menghadapi setiap masalah yang dihadapi dalam pelaksanaan tugasnya. Nah, mari kita intip ada sosok siapa saja sih yang ada dibalik kesuksesan para menteri kita ini!

1. Retno Marsudi

zcqcotpodmu0gmcthztj.jpg
Foto: Kumparan.com
Karir Retno dalam bidang diplomatik bisa dibilang sangat cemerlang, dua kali dilantik menjadi menteri luar negeri menjadi sebuah prestasi yang sangat membanggakan. Kesuksesannya tersebut, ternyata tidak lepas dari dukungan sang suami. Ia mengatakan bahwa suaminya, Agus Marsudi, selalu memberikan ruang untuk dirinya agar dapat berkembang. Keduanya sering melewati diskusi panjang untuk membahas hal-hal penting dalam rumah tangga. Termasuk dengan karir Retno sebagai seorang diplomat.
ADVERTISEMENT
Menurut Retno, Agus begitu paham akan pekerjaan diplomat yang selama ini diembannya. Oleh karena itu, tidak ada lagi perdebatan antar keduanya karena mereka sudah sama-sama saling mengerti. Bahkan Agus sendiri selalu menjadi pendukung nomor satu dalam segala hal, ia juga kerap kali terlihat menemani Retno saat bertugas.
Meskipun sering berjauhan keduanya tidak pernah putus untuk saling mengabari dan menyampaikan perhatian. Kekuatan team work selalu mereka terapkan bersama. Hingga kedua buah hatinya pun kini telah sukses di bidang masing-masing karena didikan mandiri dari Retno dan Agus.

2. Sri Mulyani Indrawati

tonny-sumartono-sri-mulyani.jpg
Foto: Instagram
Sama seperti halnya Retno, karir Sri Mulyani dalam bidang perekonomian tak kalah membanggakan. Kerap kali mendapatkan pujian dan penghargaan atas kerjanya sebagai Menteri Keuangan membuat Sri Mulyani kembali diangkat menjadi Menteri Keuangan di Kabinet Indonesia Maju. Ucapan haru ia sampaikan kepada sang suami, Tonny Sumartono, atas dukungan dan kesabaran selama mendampinginya dalam menjalankan tugas.
ADVERTISEMENT
Jika biasanya, istri mendapatkan sematan nama suami. Hal ini tidak terjadi pada Tonny. Ia kerap kali mendapatkan panggilan “Pak Sri Mulyani”, karena kesetiaannya menemani sang istri saat bertugas. Tak banyak yang tahu mengenai sosok suami dari Sri Mulyani, tapi diketahui mereka bertemu dalam bidang yang sama. Tonny sendiri pernah menjadi seorang pegawai bank, saat Sri Mulyani menjadi seorang dosen di Universitas Indonesia.

3. Siti Nurbaya Bakar

DSbnlnGUMAAPS-7.jpg
Foto: Twitter
Mengikuti jejak karir Retno Marsudi dan Sri Mulyani, Siti Nurbaya Bakar juga kembali dipercaya menjadi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Menteri LHK). Perempuan yang akrab disapa Nur ini, mengatakan suami dan anak-anaknya adalah penguat saat stres melanda kala mengerjakan tugas. Seringkali ia curi-curi waktu menelepon sang suami untuk menambah semangatnya dalam bekerja.
ADVERTISEMENT
Rusli Rachman, suami Nur juga diakuinya sebagai sosok yang pengertian. Pria tersebut selalu mendukung dan memberikan support saat ia sedang bertugas. Saat terpilih pada periode satu pun sang suami mengadakan selametan dan berdoa bersama atas jabatan baru yang diterima Nur.
Meskipun sibuk, ia dan sang suami selalu menyempatkan diri untuk dapat menciptakan waktu bersama di kala senggang. Biasanya, untuk menikmati waktu luang bersama, Rusli akan mengajak Nur menonton film Indonesia terbaru berdua atau jalan-jalan bersama sang cucu ke Mal terdekat.

4. Ida Fauziyah

Capture.PNG
Foto: Instagram
Dilantik menjadi Menteri Ketenagakerjaan (Kemnaker), Ida Fauziyah berjanji akan meneruskan seluruh program kerja yang ditinggalkan oleh Hanif Dhakiri sebagai menteri terdahulu. Ia juga akan mengambil langkah-langkah yang lebih baik untuk kemajuan Kemnaker. Ida sendiri sebelumnya adalah politikus dari partai PKB. Pengalamannya di bidang nasional juga telah banyak ditempuhnya.
ADVERTISEMENT
Tahun lalu, Ida sempat mencalonkan diri sebagai wakil gubernur Jawa Tengah mendampingi Sudirman Said. Selama karir politiknya, Ida selalu mendapatkan dukungan dari Taufiq Abdillah sebagai suaminya. Ia mengatakan, hal yang terpenting bagi Ida saat akan melakukan sesuatu adalah ridho dari sang suami dan keluarga besar.
Selama ini, Taufiq dan Ida selalu menanamkan pada keluarganya untuk dapat menjadi manusia yang bermanfaat bagi negara dan agama. Maka dari itu, keluarga besarnya selalu mendukung penuh Ida saat akan mengabdikan diri kepada masyarakat.

5. Gusti Ayu Bintang Darmavati

Puspayoga-Pemilu.jpg
Foto: Antara
Presiden menunjuk Gusti Ayu Bintang Darmavati sebagai Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA). Dalam Kabinet Indonesia Maju. Ia merupakan istri dari mantan Menteri Koperasi dan UMKM, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga. Ayu Bintang sendiri sebelumnya aktif menjadi penasihat Dharma Wanita Persatuan Kementrian Koperasi dan UKM.
ADVERTISEMENT
Selain aktif di bidang politik, ia juga dikenal sebagai sosok yang mencintai olahraga, terutama tenis meja. Hobinya bermain bola pingpong juga selalu ditunjukannya saat sedang mendampingi suaminya. Para istri menteri yang saat itu terkumpul dalam Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE) mengakui kehebatan Ayu dalam bermain tenis.
Sudah tahukan, siapa laki-laki hebat dibalik kesuksesan para menteri kita? Ayo sama-sama kita doakan, agar mereka dapat amanah dan sukses dalam menjalankan tugas baru yang diembannya.
[Penulis: Lupi Y]
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan