News
·
29 Agustus 2019 19:20

Tak Selamanya Nostalgia Berisikan Kenangan Indah

Konten ini diproduksi oleh Temali
Tak Selamanya Nostalgia Berisikan Kenangan Indah (134416)
searchPerbesar
Gue kalo denger lagu itu langsung keingetan si dia deh..”
ADVERTISEMENT
Pernah enggak kamu ngerasa kaya gitu juga? Misalnya denger sebuah lagu yang bikin kamu keingetan lagi kenangan dengan seseorang, atau pergi ke sebuah tempat, yang mengingatkanmu kembali akan sebuah peristiwa. Biasanya yang seperti itu disebut dengan nostalgia
Mungkin semua orang pernah nostalgia dengan caranya masing-masing. Bisa dengan melihat sebuah barang, mencium sebuah aroma, mendengar sebuah lagu atau nada, datang ke sebuah tempat, bahkan hanya dengan melamun pun kita bisa bernostalgia.
Bernostalgia merupakan kejadian dalam kehidupan yang berhubungan dengan peristiwa masa lalu yang pernah kita alami. Efek dari nostalgia bisa jadi baik atau buruk bagi kita, tergantung jenis nostalgia yang kita lakukan.
Tak Selamanya Nostalgia Berisikan Kenangan Indah (134417)
searchPerbesar
Ada dua jenis nostalgia menurut Svetlana Boym, yaitu reflektif dan restoratif. Apabila nostalgia yang kamu lakukan bertujuan untuk menyadari bahwa kejadian yang sudah kamu alami di masa lalu tidak bisa diulang kembali dan kamu bisa menjadikannya pelajaran untuk di masa depan, maka itu adalah nostalgia reflektif.
ADVERTISEMENT
Nostalgia ini membuat kita bisa menerima masa lalu, menghargai kenangan yang telah berlalu dan menikmati rasanya tanpa terjebak perasaan menyesal atau ingin mengulanginya lagi. Tentunya hal ini bisa memberikan manfaat bagi dirimu seperti belajar dari masa lalu dan memiliki sikap penerimaan diri yang baik.
Sebaliknya, nostalgia jenis restoratif cenderung mengarahkan dirimu pada perasaan rindu yang menyakitkan, penyesalan mendalam atas hal yang sudah terjadi, bahkan lebih parahnya menghidupkan kembali dendam di masa lalu.
Tentunya nostalgia jenis ini sebisa mungkin jangan kamu lakukan. Tepis segala pikiran yang mungkin bisa membuatmu terbawa nostalgia ke arah restoratif. Alihkan dengan berfokus pada kegiatanmu di kehidupan nyata yang saat ini kamu jalani.
Tak Selamanya Nostalgia Berisikan Kenangan Indah (134418)
searchPerbesar
Pada akhirnya yang menentukan baik atau buruknya nostalgia yang kamu lakukan adalah caramu dalam menyikapinya. Kalau kamu menyikapi nostalgia masa lalumu dengan tepat, maka kamu akan merasakan dan mendapatkan manfaat darinya. Seperti rasa senang, dihargai serta yakin bahwa kehidupan yang dijalani saat ini adalah yang terbaik dan berharga.
ADVERTISEMENT
Tapi bisa juga sebaliknya, saat nostalgiamu tidak tepat dan hanya membangkitkan memori-memori negatif, maka yang akan kamu dapatkan juga emosi-emosi negatif. Seperti penyesalan yang mendalam, galau gundah gulana, dan perasaan lainnya yang justru akan melambatkan langkahmu di dunia nyata.
[Penulis: Izzudin | Editor: Nurul]