Pencarian populer

Tipe Kepribadian ESFP, Si Pecinta Kesenangan

Ilustrasi: 16personalities.com

ESFP (Ekstrovert, Sensing, Feeling, Perception) adalah singkatan yang digunakan dalam publikasi Indikator Tipe Myers-Briggs (MBTI) untuk merujuk pada salah satu dari enam belas tipe kepribadian.

Penilaian MBTI sendiri dikembangkan dari karya psikiater terkemuka Carl G. Jung dalam bukunya Psychological Types. Jung mengusulkan tipologi psikologis berdasarkan teori fungsi kognitif yang ia kembangkan melalui pengamatan klinisnya.

ESFP adalah pribadi yang dominan Extraverted-Sensing atau berfokus pada pengalaman dan sensasi dunia fisik langsung. Dengan kesadaran penuh terhadap lingkungan saat ini, ia membawa fakta dan detail yang relevan ke garis depan dan dapat mengarah pada tindakan spontan.

ESFP dikenal sebagai orang yang senang menghibur orang lain, sehingga banyak dari mereka yang dikenal sebagai artis, seperti Marilyn Monroe dan Adele. Kepribadian ini pun dikenal memiliki estetika yang lebih kuat dari tipe lain, sehingga segala sesuatunya ditata dengan apik.

Ia juga pemerhati mode yang ulung. Meskipun begitu ESFP adalah pribadi yang sederhana. Bagi mereka tidak ada kesenangan lain yang lebih membahagiakan ketimbang berkumpul bersama teman-teman.

ESFP adalah orang yang peka dan sensisitif terhadap perasaan orang lain. Ia tidak segan untuk menawarkan tempat untuk menjadi pendengar yang baik disaat orang disekitarnya membutuhkan. Dan dengan senang hati memberikan dukungan emosional dan saran. Namun, ada kalanya disaat pusat masalahnya berada dalam dirinya sendiri, ESFP cenderung menghindari konflik dan menunda-nunda untuk menyelesaikannya.

Tantangan bagi ESFP adalah menunda kesenangan, karena ini adalah hal tersulit bagi mereka. mereka sering kali begitu terfokus pada kesenangan sesaat sehingga mereka mengabaikan tugas dan tanggung jawab. Mereka lebih suka mengandalkan keberuntungan dan peluang. ketimbang mempersiapkan sesuatunya dengan matang dari jauh-jauh hari.

Bagi ESFP, tugas analisis kompleks, berulang, dan statistik yang berhubungan dengan dunia nyata bukanlah kegiatan mudah bagi mereka. Untuk melakukan tugas-tugas berikut, mereka lebih senang mengandalkan bantuan orang-orang disekitarnya untuk menyelesaikan.

Terlepas dari itu semua, ESFP adalah seseorang yang kehadirannya selalu diharapkan, karena mampu mengubah suasana menjadi menyenangkan. Selalu ada yang menginginkan tawa dan kebahagiaan, dan hal tersebut adalah keahlian seorang ESFP.

[Penulis : Izzudin|Editor : Nadhira]

---

Konten ini bermitra dengan Eduplex Indonesia, co-working space.

Untuk info co-working, virtual office, dan sewa space kantor dengan suasana cozy di pusat kota Bandung, hubungi Mia (085721285233) atau email ke info@eduplex.id.

Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.32