kumparan
KONTEN PUBLISHER
21 Desember 2019 18:08

Tips Tingkatkan Produktivitas Saat Bekerja di Co-Working Space

photo-1522202176988-66273c2fd55f.jpg
Foto:Unsplash
Banyak orang berpikir bahwa bekerja di luar kantor merupakan sesuatu yang ideal karena fleksibel dan kamu dapat mengerjakannya di mana saja. Tak ada tekanan bahkan kamu dapat berpindah tempat saat rasa bosan menyerang.
ADVERTISEMENT
Namun, tahukah kamu bahwa itu merupakan suatu tantangan untuk pekerjaan dan kehidupan pribadimu? Kamu harus pintar mengatur jarak antara waktu pribadi dan waktu untuk bekerja.
Dikutip dari coworker.com, survey membuktikan bahwa pekerja yang bekerja di co-working space memiliki nilai 6 dari skala 7. Jadi, bagaimana agar kita bisa lebih produktif saat bekerja di co-working space?
Dikutip dari careermetis.com, berikut tips-tips yang bisa meningkatkan produktivitasmu saat bekerja di co-working space:

1- Be Accountable

photo-1504384764586-bb4cdc1707b0.jpg
Foto:Unsplash
Bekerja di co-working space memang tidak seperti bekerja di kantor konvensional. Memungkinkan ada berbagai gangguan yang bisa saja menjadi distraksi saat kamu bekerja. Selain gangguan dari luar, gangguan dari dalam dirimu bisa saja menjauhkan jarak dari tujuan yang telah kamu susun sebelumnya. Hal ini karena tidak ada orang yang mengobtrol dirimu saat bekerja.
ADVERTISEMENT
Oleh karena itu, jadilah orang yang tahu batasan kapan kamu harus bekerja dan kapan harus beristirahat. Ingat kembali dan catat tugas-tugas apa yang harus diselesaikan.
Tandai hal-hal yang menjadi prioritasmu. Cobalah selesaikan satu per satu, jangan terlalu banyak menghabiskan waktumu untuk bekerja. Lakukan istirahat dan manfaatkan fasilitas coworking untuk hasil kerjamu yang lebih baik.

2-Buatlah pekerjaanmu lebih bermakna

photo-1557804506-669a67965ba0.jpg
Foto:Unsplash
Pengguna co-working space angkat meningkat sebanyak 5.1 juta orang di tahun 2022. Bukan hanya freelancer saja, pembisnis, pekerja profesional dan yang lainnya akan tertarik untuk memanfaatkan co-working space. Perusahaan akan mulai mengembangkan peraturan yang fleksibel untuk para pekrjanya.
Untuk membuat pekerjaan lebih terasa profesional kamu harus mencari tahu makna dari pekerjaan yang kamu lakukan. Ketika kamu tahu, kenapa kamu mengerjakan tugas tersebut, produktivitasmu akan lebih meningkat.
ADVERTISEMENT
Bahkan ketika kamu merasa malas atau sulit mengerjakannya, ketika tahu tujuan apa dibalik tugas tersebut, kamu mungkin akan lebih enjoy melakukannya. Pekerjaan pun akan terasa lebih mudah dan menyenangkan.

3- Beristirahatlah secara berkala

photo-1532619675605-1ede6c2ed2b0.jpg
Foto:Unsplash
Meskipun memang bekerja di co-working space lebih santai dibandingkan di kantor, tapi tetap saja kamu tidak bisa menekan otakmu untuk terus bekerja.
Lakukan istirahat secara berkala, studi ilmiah membuktikan bahwa otak manusia bisa efektif digunakan setelah mengerjakan pekerjaan yang menantang selama 52 menit. Setelah itu beritirahatlah selama 17 menit untuk lanjut ke pekerjaan selanjutnya.
Istirahat tersebut bukan berarti kamu harus tidur siang atau benar-benar berhenti beraktivitas. Kamu bisa berbicara dengan orang lain, mendengarkan musik, makan makanan ringan dan lain sebagainya. Hal itu digunankan untuk mengembalikan otakmu agar tetap segar.
ADVERTISEMENT

4- Libatkan orang yang akan membantumu

photo-1496902526517-c0f2cb8fdb6a.jpg
Foto:Unsplash
Di dalam co-working space akan ada banyak yang terlibat dalam pekerjaan. Kamu juga mungkin bisa pergi dengan orang-orang terdekat untuk sama- sama mengerjakan pekerjaanmu. Tapi untuk meningkatkan produktivitas, hindari diskusi terlalu banyak di luar pekerjaanmu.
Beberapa orang mungkin hanya akan membuatmu menunda pekerjaan untuk mendiskusikan sesuatu yang tidak terlalu penting. Hal ini mungkin lebih berbahaya, karena pekerjaanmu akan terganggu. Jadikan keterlibatan orang lain di co-working space untuk meningkatkan produktivitasmu bukan malah menghambat pekerjaanmu.

5-Lakukan manajemen waktu

photo-1532622785990-d2c36a76f5a6.jpg
Foto:Unsplash
Bekerja di co-working space menawarkan berbagai macam hal yang menyenangkan. Kamu bisa melakukan kegiatan-kegiatan di luar pekerjaanmu. Namun, jika kamu tidak bisa memenej waktu dengan baik, hal itu akan berakibat fatal. Kamu bisa kehilangan waktu karena menunda-nunda pekerjaan.
ADVERTISEMENT
Buatlah to do list untuk pekerjaanmu. Rencana tersebut akan membuatmu bekerja lebih terstruktur. Lakukan hal tersebut secara fleksibel tapi sesuai pedoman yang telah kamu rencanakan sebelumnya.
Kemudian, lakukanlah evaluasi, apakah targetmu telah tercapai? Tulis poin-poin yang harus dipertahankan dan hal-hal yang harus diperbaiki dalam kerjamu. Lakukan perubahan untuk membuat kerjamu di co-working space semakin baik dan tentunya produktif.
Untuk Co-working place yang cozy di kota Bandung, Eduplex Space dapat menjadi pilihan para pengusaha. Sila lihat postingan di bawah ini untuk info lebih lanjut mengenai Co-working place Eduplex Space!***
Loading Instagram...
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan