7 Tips Lari untuk Pemula agar Tidak Mudah Lelah

teman kumparan
Ayo gabung ke komunitas teman kumparan!
Konten dari Pengguna
19 Agustus 2023 11:43 WIB
·
waktu baca 4 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari teman kumparan tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi olahraga lari. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi olahraga lari. Foto: Shutterstock
ADVERTISEMENT
Tips lari untuk pemula penting diketahui jika Anda ingin mulai melakukan olahraga ini secara rutin. Tanpa pengetahuan yang cukup, Anda mungkin akan cepat kelelahan dan berisiko terkena cedera.
ADVERTISEMENT
Lari memang menjadi olahraga favorit banyak orang. Meski olahraga ini sederhana, namun efektif menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Olahraga lari terbukti dapat meningkatkan kesehatan jantung, menjaga berat badan ideal, meningkatkan kualitas tidur, meredakan stres, hingga mencegah obesitas.
Bagi pemula, memulai rutinitas lari bisa menjadi sebuah tantangan. Namun, dengan pendekatan dan cara yang tepat, Anda bisa memperoleh banyak manfaat kesehatan jangka panjang. Simak tips lari untuk pemula selengkapnya berikut ini.

Tips Lari untuk Pemula

Olahraga lari. Foto: kumparan

1. Mulailah dengan Jarak Tempuh yang Pendek

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan saat memulai olahraga lari terlalu ambisius. Para pelari pemula terlalu bersemangat memecahkan target rute dan jarak tempuh hingga melupakan daya tahan tubuh dan kemampuan yang dimiliki saat itu.
Untuk itu, mulailah dengan jarak tempuh yang pendek, misalnya 1-2 kilometer. Fokus untuk membangun kebiasaan terlebih dahulu dan beri tubuh waktu untuk beradaptasi dengan aktivitas fisik yang lebih intens.
ADVERTISEMENT

2. Pilih Sepatu Lari yang Cocok dan Nyaman

Mengutip situs Runner’s World, pemilihan sepatu lari yang tepat memengaruhi kenyamanan kaki saat berlari. Pastikan sepatu yang dipilih cocok dengan bentuk kaki dan memberikan dukungan yang baik untuk berbagai macam olahraga lari, mulai dari lari singkat di atas treadmill hingga lari jarak jauh.

3. Pilih Rute yang Aman

Sebelum mulai lari, cari dan rencanakan dahulu beberapa rute yang bisa dilewati dalam segala kondisi cuaca. Pilihlah rute yang bebas lalu lintas atau memiliki trotoar dan jalan yang ramah bagi pejalan kaki. Hal ini akan meminimalisir risiko cedera dan bahaya lainnya.

4. Lakukan Pemanasan dan Pendinginan

Ilustrasi pemanasan saat lari. Foto: kumparan
Pemanasan wajib dilakukan sebelum lari untuk meningkatkan fleksibilitas, mengurangi risiko cedera, dan membuat detak jantung lebih stabil. Karena itu, seberapa pendek pun jarak tempuh lari, pastikan Anda memulainya dengan pemanasan.
ADVERTISEMENT
Setelah selesai lari, jangan lupa untuk melakukan pendinginan. Sama pentingnya dengan pemanasan, pendinginan bertujuan untuk memulihkan detak jantung dan tekanan darah. Dengan begitu, darah tetap mengalir ke seluruh tubuh sehingga tidak terjadi efek samping seperti pusing.

4. Jangan Mulai Lari Terlalu Cepat

Pemula umumnya belum mengetahui kemampuan lari mereka. Agar terbiasa, mulailah dengan kecepatan yang nyaman dan sesuaikan dengan kemampuan diri Anda. Jika merasa terlalu lelah, berhentilah sejenak dan lanjutkan dengan jalan cepat sebelum mulai berlari lagi.

5. Ambil Langkah Pendek

Dikutip dari situs Runtastic, pemula kerap berlari dengan teknik yang kurang tepat sehingga membuat olahraga ini terasa lebih sulit dari yang seharusnya. Agar lebih mudah, cobalah untuk mengambil langkah pendek dan ringan. Ini tidak hanya mengurangi risiko cedera, tetapi juga membantu menemukan teknik lari yang lebih baik.
ADVERTISEMENT

6. Minum Banyak Air Putih

Ketika sedang berlari, tubuh akan lebih banyak mengeluarkan cairan melalui keringat. Karena itu, minum air putih wajib sebelum, saat, dan sesudah olahraga merupakan hal yang wajib dilakukan agar tubuh tetap terhidrasi. Kebiasaan ini juga dapat membantu mencegah kram dan mendukung otot agar tetap berkontraksi secara normal.

7. Jangan Memaksakan Diri

Jangan terlalu terpaku pada target lari dan perhatikan tubuh Anda. Jika merasa terlalu lelah atau sakit, berhentilah untuk istirahat sejenak. Terlalu memaksakan diri ketika berlari justru bisa menyebabkan cedera dan gangguan kesehatan lainnya.
Setelah mengetahui tips lari untuk pemula, Anda bisa langsung mempraktikannya dengan mengikuti Fun Run teman kumparan. Acara ini telah menjadi agenda rutin bagi komunitas teman kumparan Running Club setiap bulannya.
Fun Run teman kumparan menghadirkan berbagai kegiatan yang menarik, mulai dari mini games hingga doorprize. Melalui event ini, anggota komunitas Running Club juga berkesempatan untuk menjalin pertemanan satu sama lain serta saling berbagi tips dan trik seputar olahraga lari.
ADVERTISEMENT
Kegiatan Fun Run teman kumparan sudah diadakan beberapa kali dengan beberapa pilihan jarak tempuh. Teman kumparan dapat memilihnya sesuai dengan kemampuan masing-masing.
Untuk mengetahui informasi terkini mengenai jadwal Fun Run berikutnya, langsung saja gabung bersama teman kumparan Running Club dengan klik link ini. Bagi yang penasaran, intip keseruan Fun Run teman kumparan yang lalu lewat kumpulan dokumentasi berikut ini!
Keseruan Fun Run teman kumparan. Foto: kumparan
Keseruan Fun Run teman kumparan. Foto: kumparan
Keseruan Fun Run teman kumparan. Foto: kumparan
Keseruan Fun Run teman kumparan. Foto: kumparan
Keseruan Fun Run teman kumparan. Foto: kumparan
Keseruan Fun Run teman kumparan. Foto: kumparan