kumparan
KONTEN PENGGUNA
29 Maret 2019 12:04

Infografis Sebagai Nilai Tambah Visual Tulisan

PIC00242.JPG
Arisan Ilmu Komunitas Kumpulan Emak Blogger (KEB). Foto: dok. kumparan
“Yang paling penting pada infografis yaitu informasinya tersampaikan, visual desain nomor dua. Huruf cukup, warna cukup, informasi cukup.”
ADVERTISEMENT
Itulah yang diungkapkan Langit Amaravati, seorang Blogger sekaligus Graphic Designer yang menjadi pembicara pada Arisan Ilmu Kumpulan Emak Blogger (KEB) hari Sabtu, 23 Maret 2019 di kantor kumparan. Arisan Ilmu adalah program rutin KEB dari tahun 2012 dimana pada acara itu anggota dibekali workshop guna menambah kemampuan menulis dari anggota KEB. Menurut Langit, banyak orang yang acapkali salah pengertian bahwa ilustrasi sama dengan infografis, padahal tidak ada informasi di dalamnya.
PIC00256.JPG
Langit Amaravati sedang menjelaskan materi infografis. Foto: dok. kumparan
Infografis sendiri adalah metode menyajikan data/informasi secara visual sehingga mudah dipahami pembaca. Fungsi infografis sendiri yaitu untuk visualisasi data (data pelengkap), engagement kepada pembaca & point of interest dan Search Engine Optimization atau disebut SEO. “Elemen visual pada infografis yang perlu diperhatikan yaitu keserasian warna, tipografi fokus pada 2 jenis huruf dan memilih layout yang runut.” kata Langit. Ketika ditanya pada sesi tanya jawab berapakah infografis yang ideal dalam sebuah tulisan, ia menjelaskan bahwa semua tergantung konten tulisannya, seperlunya saja, mungkin dalam 3-4 paragraf bisa ditambah infografis/materi visual lain.
PIC00225.JPG
Ainun Niswati, Cyber Collaborator Coordinator kumparan. Foto: dok. kumparan
Pada acara Arisan Ilmu KEB, hadir pula Ainun Niswati mewakili Cyber Collaborator kumparan yang menyambut dengan gembira kegiatan kumpul komunitas. Tidak hanya KEB, komunitas lain juga bisa mengadakan acara di kantor kumparan. Ia juga memperkenalkan kumparan sebagai startup media online yang kuat pada cerita naratifnya, tak hanya jurnalis kumparan yang bisa menulis di kumparan, khalayak ramai juga dapat menulis di kumparan. “Untuk yang mau join menjadi teman kumparan bisa bergabung di grup fb teman kumparan dan wa group teman kumparan mom.” tambah Ainun.
PIC00304.JPG
Praktik membuat infografis. Foto: dok. kumparan
Acara arisan ilmu diselenggarakan selama kurang lebih 3 jam untuk belajar infografis sekaligus praktik. Tidak cuma belajar tetapi juga seru-seruan dengan berbagai games dengan hadiah menarik. Acara kumpul komunitas kumparan kali ini, konsumsinya disediakan oleh @WarunkEngkong salah satu usaha milik teman kumparan.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan