Woman
·
9 April 2020 18:07

Puty Puar, Content Creator yang Ingin Memberdayakan Perempuan

Konten ini diproduksi oleh Teman kumparan
Puty Puar, Content Creator yang Ingin Memberdayakan Perempuan (118085)
Puty Puar, kreator konten dan ilustrator. Foto: dok. Puti Karina Puar
Tren sosial media yang begitu pesat menyebabkan munculnya para kreator konten yang memanfaatkan media tersebut sebagai profesi menjanjikan. Salah satunya Puty Puar, dikenal sebagai ilustrator muda yang karyanya sudah diakui dunia. Berhasil menekuni hobi menggambarnya, Puty bahkan pernah menang di event JCS International Young Creative Awards 2018 yang diselenggarakan di New York.
ADVERTISEMENT
Selain aktif menjadi ilustrator, ibu dari satu anak ini juga telah menulis 2 buku ilustrasi serta merupakan founder komunitas online @bbbbookclub. Tak berhenti di situ, Puty juga aktif mengelola blog pribadinya told.byputy.com. Blog tersebut tentunya dipercantik dengan ilustrasi hasil karya Puty.
Kepada kumparan Puty menuturkan, hobi menggambar memang sudah ditekuninya sejak sekolah dasar. Ia sering menjual hasil karyanya berupa pembatas buku dan notes kepada teman-temannya. Saat itu ia hanya bermodalkan kertas dan pewarna. Ketika berkuliah pun, Puty sering membuka jasa gambar secara sukarela.
Uniknya, latar belakang pendidikan Puty tak ada hubungannya sama sekali dengan bidang yang ditekuninya sekarang. Penulis Komik Persatuan Ibu-ibu ini merupakan lulusan jurusan geologi dan sempat bekerja sebagai geologist. Setelah menikah dan memiliki anak, ia memutuskan untuk menekuni ilustrator sebagai pekerjaan full time-nya.
ADVERTISEMENT
Puty mengatakan, ia selalu punya keinginan untuk beraksi sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain. Menurutnya, dengan menggambar, ia bisa menyebarkan pesan positif. Terlebih, karyanya banyak berfokus pada pemberdayaan wanita, sehingga bisa sekaligus membantu orang lain berdaya.
Saat aku bisa membuat karya yang bermanfaat bagi orang lain, aku merasa gol hidupku seolah terpenuhi. Selama aku masih bisa berkarya, aku merasa itulah yang bisa membuatku terbangun di pagi hari dan menjalani 'tugas' sebagai seorang pribadi.
Pekerjaan inilah yang kemudian mengantarkan Puty bisa bekerjasama dengan Ernest Prakasa dalam membuat materi promosi dari Film Imperfect dan video lirik dari OST yang dibawakan oleh Fiersa Besari.
Puty Puar, Content Creator yang Ingin Memberdayakan Perempuan (118086)
Artwork OST Film Imperfect. Foto: byputy.com
Perjalanan karir Puty berlanjut ketika ia kembali memiliki kesempatan membuat video lirik dari OST film ternama di Indonesia, seperti Film Milea, Teman Tapi Menikah 2, dan Mariposa. Menurutnya, video lyric bisa menjembatani antara lirik lagu dan film, serta bisa dikerjakan dalam waktu yang relatif lebih singkat.
ADVERTISEMENT
Tak hanya sebagai ilustrator, Puty juga merupakan Founder @bbbbookclub. Saat mendirikan komunitas online ini, salah satu tujuan Puty adalah ingin meningkatkan literasi ibu-ibu di Indonesia. Jika ibu-ibu memiliki tingkat literasi yang tinggi, maka anak-anaknya akan memiliki tingkat literasi yang baik juga. Upaya ini dipercaya akan berpengaruh pada kecerdasan anak-anak bangsa.
"Aku sangat merasakan manfaat dari membaca. Aku jadi merasa punya banyak ide, punya banyak inspirasi, dan lain-lain. Lalu aku juga pengin anakku suka baca. Sementara itu, anak aku akan suka baca kalau ada role model-nya."
Singkatnya, komunitas online buatan Puty ini adalah salah satu upaya untuk meningkatkan literasi ibu-ibu, sehingga bisa berdampak pada anaknya. Ketika ibu suka membaca, maka anak pun akan meniru kebiasaan tersebut. Kondisi ini dipercaya dapat menciptakan generasi bangsa yang lebih baik lagi.
ADVERTISEMENT
(sif)