Konten dari Pengguna

Tips Ikut Fun Run untuk Pemula ala Pacer teman kumparan Running Club

teman kumparan
Ayo gabung ke komunitas teman kumparan!
7 Juni 2024 15:00 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari teman kumparan tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Captain Widi. Foto: kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Captain Widi. Foto: kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
teman kumparan Running Club rutin menggelar acara Fun Run di area CFD, Sudirman. Acara ini diadakan setiap bulan untuk mengajak member teman kumparan Running Club lari bersama sambil memperluas jaringan pertemanan.
ADVERTISEMENT
Di Fun Run teman kumparan, peserta akan mendapatkan jersey gratis. Bahkan, setelah menempuh jarak lari, peserta juga akan diberikan refreshment gratis untuk menyegarkan diri.
Untuk menambah keseruan, panitia biasanya akan mengadakan games. Peserta yang menang berhak mendapatkan hadiah menarik dari kumparan.
Jika ingin menjadi peserta Fun Run, Anda wajib bergabung terlebih dahulu ke grup teman kumparan Running Club. Selalu ada informasi terbaru terkait Fun Run yang dibagikan di grup tersebut.
Jika Anda seorang pemula, ada beberapa hal yang perlu dilakukan. Yaman dan Widi selaku Captain teman kumparan Running Club memberikan imbauan kepada pemula untuk mempersiapkan diri terlebih dahulu sebelum lari 5K. Ini dilakukan untuk meminimalisir cedera saat berlari.
Kira-kira, apa saja persiapan lari Fun Run 5K yang bisa dilakukan? Simak tipsnya lewat artikel berikut ini.
ADVERTISEMENT

Tips Ikut Fun Run untuk Pemula

Kapten Yaman, leader teman kumparan Running Club. Foto: kumparan
Ada banyak tips yang dibagikan oleh Captain Yaman dan Captain Widi untuk teman kumparan yang masih awam soal Fun Run. Sejumlah persiapan perlu dilakukan supaya kondisi tubuhnya fit untuk mengikuti rute lari tersebut, di antaranya:

1. Persiapan Fisik dan Mental

Sebelum mengikuti Fun Run, kamu perlu memastikan kondisi tubuh dalam keadaan fit. Yaman yang juga bertugas sebagai pacer teman kumparan Running Club mengatakan, "Pastikan kondisi badan fit sebelum lari, karena tubuh yang tidak fit akan membuat kamu cepat lelah dan berisiko cedera."

2. Atur Alarm dan Tidur Cukup

Tidur yang cukup adalah kunci untuk memulai Fun Run dengan energi penuh. "Tidur yang cukup sangat penting. Pastikan kamu tidur minimal 7-8 jam sebelum hari H untuk mendapatkan istirahat yang maksimal," kata Widi.
ADVERTISEMENT

3. Pemilihan Pakaian dan Sepatu yang Tepat

Pilih pakaian dan sepatu lari yang nyaman. Sepatu yang tepat dapat mengurangi risiko cedera dan memberikan kenyamanan selama berlari.
"Siapkan sepatu lari ternyamanmu. Sepatu yang baik akan memberikan dukungan yang tepat pada kaki dan mencegah cedera," Yaman menambahkan.
Captain Yaman sedang berlari. Foto: kumparan

4. Lakukan Pemanasan dan Pendinginan

Pemanasan sebelum lari sangat penting untuk menghindari cedera. Lakukan pemanasan setidaknya 10-15 menit sebelum mulai berlari.Pendinginan juga tak kalah penting untuk membantu tubuh kembali ke kondisi normal dan mengurangi risiko nyeri otot.

5. Sarapan Secukupnya

Menurut laman Runners World, sarapan ringan 1-2 jam sebelum berlari dapat memberikan energi yang cukup tanpa menyebabkan ketidaknyamanan pada perut. Pilih makanan yang kaya akan karbohidrat seperti roti gandum atau buah-buahan.

6. Hidrasi yang Cukup

Hidrasi yang baik sangat penting untuk menjaga stamina selama berlari. Minum air yang cukup sebelum, selama, dan setelah lari. Jika perlu, kamu juga bisa mengonsumsi minuman isotonik untuk menggantikan elektrolit yang hilang.
ADVERTISEMENT
"Hidrasi yang cukup sangat penting. Kamu bisa tambahkan isotonik jika perlu, terutama jika berlari dalam cuaca panas," saran Widi.

7. Pilih Pace yang Sesuai

Memilih kecepatan (pace) yang sesuai dengan kemampuan sangat penting, terutama bagi pemula. Jangan terlalu memaksakan diri karena bisa menyebabkan kelelahan. Mulailah dengan kecepatan yang nyaman dan tingkatkan secara bertahap seiring waktu.