Tips Menjadi Womenpreneur yang Sukses Menurut Owner Adorable Projects

teman kumparan
Ayo gabung ke komunitas teman kumparan!
Konten dari Pengguna
10 Juni 2024 20:29 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari teman kumparan tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Owner Adorable Project, Ira Hanira. Foto: istimewa
zoom-in-whitePerbesar
Owner Adorable Project, Ira Hanira. Foto: istimewa
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Ada banyak hal yang menjadi motivasi seseorang untuk memulai bisnis, salah satunya karena ingin mandiri secara finansial. Tidak hanya laki-laki, perempuan juga bisa menunjukkan kapabilitasnya dalam berbisnis.
ADVERTISEMENT
Ira Hanira, owner brand Adorable Projects, mengungkapkan bahwa semua perempuan berkesempatan untuk menjadi womenpreneur. Saat memutuskan terjun ke dunia bisnis, ia juga menyarankan agar para perempuan tidak dihantui ketakutan.
“Takut itu wajar, tapi nggak boleh dijadikan ketakutan karena waktu terus berjalan. Kita gali potensi diri kita, apa yang disukai, apa passion kita, dan apa yang bisa dikembangkan dari passion tersebut,” papar Ira kepada kumparan.
Ira memulai bisnisnya ketika masih duduk di bangku kuliah. Ia merasa bahwa bisnis yang bergerak di bidang aksesori dan sepatu seperti Adorable Project sangat sesuai dengan passion-nya. Sebab, fondasi dari bisnis ini adalah desain, sesuatu yang sangat ia sukai.
Sebagai womenpreneur, tantangan terbesar yang kerap ia hadapi yaitu mengubah pola pikir orang di sekitarnya. Untuk mencapai keberhasilan yang maksimal, Ira memutuskan untuk menjalankan bisnis ini bersama partner-nya.
ADVERTISEMENT
“Partner saya selalu mengingatkan bahwa untuk sukses berbisnis, yang pertama kali harus kita kuasai adalah mindset. Saya sangat menghargai para womenpreneur yang bisa mengelola semuanya sendiri, mereka benar-benar superwoman,” ungkap Ira.
Awalnya, ia memang merasa cukup sulit menjaga keseimbangan antara kehidupan pribadi dan profesional. Seiring berjalannya waktu, Ira belajar bahwa segala sesuatunya harus dipaksakan.
Ia beserta suaminya saling mendukung hobi masing-masing. Mereka pun belajar untuk lebih dewasa dalam menghadapi masalah yang menghampiri. Ketika menemui jalan buntu, maka mereka akan menyerahkannya kepada Tuhan.
Di sisi lain, Ira mengatakan bahwa mentor adalah sosok yang cukup penting dalam perjalanannya sebagai womenpreneur. Inspirasi dari tokoh-tokoh lain juga sangat penting untuk mengembalikan semangatnya.
Untuk menyukseskan sebuah bisnis, strategi pemasaran yang efektif menjadi hal penting. Menurutnya, desain yang menarik bisa mempengaruhi daya beli konsumen. Promosi dari mulut ke mulut dan kepuasan pelanggan juga bisa menjadi kunci menyukseskan kampanye bisnis tersebut.
ADVERTISEMENT
Bagi wanita yang ingin memulai bisnis, disarankan untuk mempersiapkan mental terlebih dahulu. Gali potensi diri semaksimal mungkin, kemudian dikembangkan.
Ira menambahkan bahwa teknologi memegang peran penting dalam proses pengembangan bisnis. Adorable Project yang awalnya bisnis konvensional, kini berkembang pesat berkat penggunaan teknologi dan media sosial itu.
“Teknologi tidak hanya memperluas akses pasar tetapi juga membuat manajemen bisnis lebih efisien. Namun, yang terpenting adalah tetap fokus pada kebahagiaan dan hubungan baik dengan semua pihak yang terlibat dalam bisnis,” tutupnya.