Pencarian populer

Ibu Ani Yudhoyono, istri Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono, dikabarkan sedang terbaring sakit dan menjalani perawatan di Rumah Sakit National University Singapura sejak 2 Februari 2019 karena divonis menderita kanker darah.

Darah memang memiliki peranan penting dalam tubuh. Maka, setiap orang yang kekurangan darah harus segera mendapatkan penanganan cepat. Nah, agar kamu dapat mencegah penyakit kanker darah, yuk ketahui 5 gejala awal penyakit kanker darah menurut National Institute of Health.

1. Sesak napas

Ketika seseorang merasa lebih lemah dan lebih letih, mereka dapat saja mengalami sesak napas yang berasal dari anemia. Dalam kasus yang lebih jarang, malah kadang terasa ada massa di dalam dada. “Mereka terengah-engah, kehabisan napas. Berjalan melintasi ruangan mungkin akan terasa sulit,” jelas Dr. Levis.

2. Adanya memar di bagian tubuh yang berlebihan atau spontan

Memar yang muncul di bagian tubuhmu dan tidak tahu berasal dari trauma fisik dapat menjadi salah satu gejala leukemia, menurut Pamela Crilley, DO, ketua departemen onkologi medis di Cancer Treatment Centers of America dan kepala onkologi medis di Eastern Regional Medical Center. Memar yang tidak biasa atau muncul tiba-tiba adalah hasil dari jumlah trombosit atau pembekuan darah yang rendah, jelas Dr. Levis. “Kamu akan memar secara spontan, padahal tidak melakukan apa pun,” katanya. “Memar tersebut bisa terjadi di mana saja di bagian tubuhmu, tetapi biasanya banyak terjadi di sekitar kaki dan lengan,” tambahnya.

3. Gusi membengkak dan membesar

Gusi yang membengkak, juga dikenal dengan nama hiperplasia gingiva, biasanya hanya ditemukan di beberapa pasien leukemia akut. Namun, pembengkakan gusi adalah salah satu gejala leukemia yang paling jelas. “Jika kamu memiliki teman dengan penyakit leukemia, kamu pasti akan melihat bahwa di mulut mereka apakah gusinya semakin membesar atau tidak,” kata Dr. Crilley. Menurut Dr. Levis, gusi mungkin akan terlihat bengkak dan seseorang akan selalu merasakan kekakuan yang aneh di mulutnya.

4. Merasa kenyang dan kembung

Salah satu tanda leukemia akut atau semi akut adalah pembesaran limpa yang menyebabkan hilangnya nafsu makanmu. Menurut Dr. Crilley, ini yang disebut dengan 'kekenyangan awal'. “Pasien yang menderita leukemia akan makan sedikit makanan, mereka merasa cepat kenyang karena limpa mendorong ke atas perut,” jelasnya.

5. Ruam di kulit

Sekitar satu dari 20 pasien leukemia akan memiliki ruam kulit dan masuk dalam dua kategori. Yaitu leukemia pada kulit atau ruam yang disebabkan oleh Sindrom Sweet, yang umumnya terkait dengan penyakit leukemia, menurut Dr. Levis. “Ciri Leukemia pada kulit hampir selalu tampak seperti kulitmu memiliki benjolan yang masuk ke dalam kulit. Gundukan kecil mulai tumbuh dan kadang itu terlihat seperti plak,” tambahnya. Meskipun ruam kulit muncul dengan berbagai bentuk dan ukuran, ruam sebagai gejala leukemia memiliki satu kesamaan: mereka akan terus tumbuh dan menyebar.

BACA JUGA: 5 Kegiatan Amal yang Dilakukan oleh Ibu Ani Yudhoyono

Source foto: film My Sister's Keeper/Curmudgeon Films, Gran Via Productions, Mark Johnson Productions

Begitulah kira-kira 5 gejala awal kanker darah, seperti yang dialami ibu Ani Yudhoyono, waspadai segera Babes!

Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: