Ini 4 Tips Keuangan Agar Liburanmu Jauh dari Kata Bangkrut!

The Shonet
The Shonet adalah platform lifestyle untuk perempuan dan millenials di Indonesia. Yuk kenal lebih dekat di theshonet.com
Konten dari Pengguna
11 Maret 2019 8:03 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari The Shonet tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
Kamu berencana liburan tapi kamu bingung takut uangmu habis lantaran liburan? Memang liburan identik dengan jalan-jalan dan menghabiskan uang. Namun, kalau kamu pandai-pandai mengelola uangmu saat liburan, pasti kamu akan jauh dari kata bangkrut saat liburan.
ADVERTISEMENT
Salah seorang ahli keuangan konsumen Mint and Turbo, Keri Danielski akan memberikan beberapa strategi manajemen keuangan sederhana yang memungkinkan untuk menjaga pengeluaranmu tetap terkendali hingga selesai liburan. Yuk, simak 4 tipsnya di bawah!

1. Memiliki strategi berbelanja

Tidak ada waktu untuk mengevaluasi pengeluaranmu yang akan datang dan pentingnya mengembangkan strategi pengeluaran untuk liburan. "Buat anggaran yang bisa dikelola dan tentukan batas atas untuk setiap item liburna yang kamu rencanakan untuk dibeli, termasuk hadiah dan biaya makan di luar," saran Danielski. Untuk melacak kebiasaan belanjamu selama liburan, gunakan aplikasi manajemen uang seperti Mint, yang akan melakukan penghitungan keuangan untukmu. Intinya: "Jika mengontrol keuangan sulit bagimu, tinggalkan kartu debit atau kredit di rumah dan ambil uang tunai sebagai gantinya," sarannya.
ADVERTISEMENT

2. Pikirkan tentang memberi kembali

Di antara rekan kerjamu, teman-temanmu, dan keluargamu, pasti akan selalu bertambah daftar orang yang wajib kamu berikan hadiah. Jika kamu bertanya-tanya bagaimana kamu memberikan hadiah pada mereka semua, Danielski menyarankan mengusulkan solusi proaktfi yang dapat membuat semua orang merasa nyaman. "Daripada mengkhawatirkan berapa banyak uang yang kamu keluarkan untuk semua daftar temanmu, lebih baik untuk menyumbangkan uang tersebut kepada yang membutuhkan," kata Danielski. Intinya: Coba sisihkan uangmu sedikit saja untuk beramal. "Dengan cara ini, kamu tidak menghabiskan uang dengan jumlah yang konyol dan bisa merasa lebih baik karena kamu sudah berbagi pada yang membutuhkan," sarannya.

3. Pandai-pandailah

"Ada banyak cara untuk menghemat pengeluaran di saat liburan tanpa membuat perubahan besar dalam gaya hidupmu," Danielski meyakinkan. "Jika kamu memiliki undangan ke pesta liburan untuk dihadiri, belilah lemari pakaianmu atau pinjam sesuatu dari teman," sarannya. Tantang dirimu untuk memberikan sentuhan baru pada gaun mewah atau setelan pesta liburan, Danielski menawarkan. Intinya: Daripada "membali hadiah untuk rekan kerja dan tetanggamu, rencanakan untuk sesuatu yang membuatmu berpikir," sarannya.
ADVERTISEMENT

4. Kartu kredit dapat membantu

Ketika kamu kehabisan pilihan, kartu kredit dapat membantu. "Jika kamu sudah melakukan semua yang kamu bisa untuk menjaga pengeluaran saat liburanu terkendali tetapi kamu masih harus menggunakan kartu kreditmu, maka pakai saja," saran Danielski. "Jangan menyalahkan dirimu sendiri. Meskipun tidak ideal untuk menghabiskan di luar kemampuanmu, lebih buruk jika kamu tidak memperhatikan seberapa banyak yang kamu habiskan." Intinya: "Jika kamu akan melakukan beberapa pembelian pada kartu kreditmu, tetapkan batas dan berkomitmen untuk membayarnya setelah liburan," katanya.
Source foto: film Confessions of a Shopaholic/Touchstone PicturesJerry Bruckheimer Films
Itulah 4 tips keuangan agar liburanmu jauh dari kata bangkrut, yuk persiapkan uangmu untuk liburan nanti!
ADVERTISEMENT