News
·
9 Maret 2021 10:05

Korelasi Penelitian Ilmiah dengan Keberlangsungan Ekonomi

Konten ini diproduksi oleh Thoriq Aziz
Korelasi Penelitian Ilmiah dengan Keberlangsungan Ekonomi (192200)
Ilustrasi pertumbuhan ekonomi Foto: ANTARA FOTO/ Dhemas Reviyanto
Oleh Thoriq Aziz

"Kekuatan kognitif yang berdasarkan pada sains, pengetahuan, dan informasi berbasis penelitian ilmiah merupakan fondasi kemajuan peradaban dan keberlangsungan ekonomi sebuah bangsa."

ADVERTISEMENT
Universitas mana pun di dunia ini memiliki prioritas untuk mengembangkan penelitian ilmiah. Hal ini dikarenakan, kedudukan penelitian ilmiah yang sangat penting sebagai basis utama dan pendukung untuk meningkatkan kualitas lembaga pendidikan dan peran fundamentalnya dalam kemajuan dan kemakmuran masyarakat.
Oleh sebab itu, semua universitas berupaya untuk menyediakan iklim yang sesuai dan kompetensi yang diperlukan untuk melakukan penelitian ilmiah dan mempublikasikan hasilnya di berbagai media, termasuk majalah lokal, regional dan internasional. Tesis dan disertasi universitas yang berlangsung dalam rangka melengkapi persyaratan untuk memperoleh gelar magister atau doktor merupakan bagian penting dari penelitian ilmiah universitas dan siklusnya.
Fakta pengetahuan telah membuktikan bahwa penelitian ilmiah merupakan komponen fundamental dalam membentuk masa depan masyarakat dan bangsa. Sementara universitas dan pusat penelitian ilmiah memiliki peran mendasar dalam upaya penelitian ilmiah di tengah-tengah kehidupan masyarakat.
ADVERTISEMENT
Dengan demikian berinvestasi dalam penelitian ilmiah dan pengembangan lembaga think tank adalah salah satu katalis terpenting untuk pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan rasionalisasi keputusan strategis untuk mencapai stabilitas politik dan ekonomi yang diinginkan.
Dukungan material untuk melakukan penelitian ilmiah dan pengembangannya di semua tingkat teknis dan sosial akan meningkatkan tingkat teknologi yang berlaku dalam perekonomian, sekaligus pula meningkatkan produktivitas dan berkontribusi untuk menghindari masalah yang mungkin dihadapi negara karena kinerja yang buruk dari sektor ekonomi maupun keputusan rasional sebab keputusan individu yang diambil di tingkat sektoral atau makro.
Penelitian ilmiah dan pengembangannya adalah fondasi terpenting untuk menumbuhkan ekonomi yang berkelanjutan, keunggulan dan kemampuan kewirausahaan di tingkat global. Penelitian ilmiah tidak terbatas pada masalah teknis saja, tetapi juga mencakup masalah politik, ekonomi dan sosial untuk mencerminkan kontribusi pada kejelasan visi bagi pembuat keputusan politik dan ekonomi negara, mendefinisikan strategi jangka panjang negara dan mengatasi masalah sosial, politik dan ekonomi yang dideritanya.
ADVERTISEMENT
Minimnya investasi dan dukungan modal di bidang penelitian ilmiah dan teknologi berakibat pada lambannya pertumbuhan teknologi dan penurunan pertumbuhan ekonomi lantaran menurutnya produktivitas modal dan tenaga kerja berkualitas yang hanya dapat dipertahankan melalui perkembangan teknologi.
Kemajuan ekonomi tidak lagi hanya bergantung pada bahan mentah, uang inert, dan kekuatan fisik, tetapi lebih bergantung pada kemajuan pengetahuan manusia, pengembangan kecerdasan manusia dan transisi ke ekonomi pengetahuan melalui penelitian ilmiah. Artinya kekuatan kognitif yang berdasarkan pada sains, pengetahuan, dan informasi berbasis penelitian ilmiah merupakan fondasi kemajuan peradaban dan keberlangsungan ekonomi sebuah bangsa.