3 Cara Membersihkan Telinga yang Benar tanpa Dikorek

Tips dan Trik
Memproduksi artikel seputar tutorial dan tips.
Konten dari Pengguna
12 Agustus 2023 23:59 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Tips dan Trik tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi cara membersihkan telinga, Pexels/Karolina Grabowska.
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi cara membersihkan telinga, Pexels/Karolina Grabowska.
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Cara membersihkan telinga bisa dilakukan dengan berbagai metode yang lebih aman dan tanpa harus dikorek. Kebanyakan orang, mungkin merasa bahwa mengorek telinga untuk membersihkan kotoran di dalamnya lebih praktis dan bersih.
ADVERTISEMENT
Padahal, mengorek telinga dapat menyebabkan berbagai risiko, seperti dari pendarahan, infeksi, hingga gangguan saraf. Karena alat pengorek telinga bukannya membersihkan kotoran, melainkan memasukkan bakteri ke dalamnya.

Cara Membersihkan Telinga

Ilustrasi cara membersihkan telinga, Unsplash/Jessica Flavia
Telinga sebenarnya memiliki mekanisme sendiri yang secara alami dapat membersihkan kotoran di dalamnya, yakni melalui gerakan rahang ketika berbicara, makan, hingga menguap.
Kotoran telinga sendiri sejatinya merupakan minyak yang melapisi telinga bagian dalam yang sebenarnya menyehatkan dan memiliki kandungan zat anti bakteri. Zat ini berfungsi untuk melindungi dan mencegah telinga dari infeksi.
Nah, agar lebih aman, ada beberapa cara membersihkan telinga sebagaimana yang dikutip dari laman healthline.com:

1. Gunakan Kain Lembap

Untuk membersihkan telinga, sebaiknya menggunakan kain lembab/kasa/kapas bersih dan steril yang dibasahi menggunakan air hangat. Kemudian, bersihkan area luar telinga.
ADVERTISEMENT
Hindari menggunakan cara ini untuk membersihkan telinga bagian dalam.

2. Tetes Telinga

Untuk membersihkan telinga bagian dalam, akan lebih baik bila menggunakan tetes pembersih telinga yang bisa didapatkan di apotek. Obat tetes telinga memiliki kandungan alami yang dirancang untuk melunakkan kotoran pada telinga.
Gumpalan kotoran telinga yang lunak dan keluar dengan sendirinya, selanjutnya bisa dibersihkan dengan menggunakan cara pertama, yakni menggunakan kain lembab/kasa/kapas steril yang dibasahi air hangat.

3. Pergi ke Dokter THT

Cara paling aman untuk membersihkan kotoran pada telinga yaitu dengan pergi ke dokter THT. Dokter THT akan menggunakan alat sedot khusus untuk mengeluarkan kotoran telinga dan meresepkan obat-obatan.
Dokter juga akan memberi peringatan tentang hal-hal yang tidak boleh dilakukan saat membersihkan telinga sendiri. Lakukan pemeriksaan telinga setidaknya enam bulan sekali untuk menjaga kesehatan telinga.
ADVERTISEMENT
Itulah cara membersihkan telinga yang benar dan aman untuk menjaga kesehatan. Ingatlah untuk tidak terlalu sering membersihkan telinga agar tidak terjadi komplikasi, terutama jika memiliki daya tahan tubuh lemah. (LAIL)