3 Cara Membuat Rambut Lurus dengan Bahan Alami, Tak Perlu Rebonding

Tips dan Trik
Memproduksi artikel seputar tutorial dan tips.
Konten dari Pengguna
17 Mei 2023 14:47 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Tips dan Trik tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Cara Membuat Rambut Lurus. Foto: Pexels/Bennie Lukas Bester
zoom-in-whitePerbesar
Cara Membuat Rambut Lurus. Foto: Pexels/Bennie Lukas Bester
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Tak dapat dipungkiri bahwa banyak orang mendambakan rambut lurus. Selain terlihat cantik dan rapi, rambut lurus juga cenderung lebih mudah diatur. Untuk meluruskan rambut, seseorang lebih baik memakai cara membuat rambut lurus dengan bahan alami.
ADVERTISEMENT
Ada cara yang lebih cepat untuk meluruskan rambut, yakni rebonding di salon. Namun, cara ini dapat merusak rambut dan membuat rambut menjadi kusam, kering, bahkan hingga bercabang. Tentunya kerusakan rambut adalah hal yang dihindari oleh semua orang.

Cara Membuat Rambut Lurus dengan Bahan Alami

Cara Membuat Rambut Lurus. Foto: Pexels/Polina Tankilevitch
Berikut ini 3 cara membuat rambut lurus dengan bahan alami yang dapat ditemukan dengan mudah berdasarkan tips perawatan rambut yang dikutip dari buku 365 Tip for Women, Rita Lauw Fu (2017:131):

1. Menggunakan minyak zaitun

Minyak yang memiliki banyak manfaat ini sangat ampuh untuk meluruskan rambut. Cara menggunakannya adalah dengan mengoleskannya pada rambut dengan sisir garpu, kemudian mendiamkannya selama dua jam sebelum dibilas hingga bersih.

2. Menggunakan susu

Selain baik untuk tulang dan kulit, susu juga sangat baik untuk rambut. Susu dapat dicampur dengan air ataupun dengan madu murni. Jika susu dicampur dengan air, cara menggunakannya adalah dengan menyemprotnya dengan spray.
ADVERTISEMENT
Sedangkan jika susu dicampur dengan madu murni, cara menggunakannya adalah dengan mengaplikasikannya ke seluruh permukaan rambut dan diamkan hingga meresap sebelum dibilas.

3. Menggunakan jeruk nipis dan santan

Campuran jeruk nipis dan santan adalah salah satu kombinasi yang dapat digunakan. Gunakan santan murni yang langsung berasal dari buah kelapa, kemudian campurkan dengan perasan jeruk nipis. Letakkan di kulkas sebelum diaplikasikan pada rambut.
Perlu diingat bahwa santan yang digunakan harus santan yang langsung diambil dari sari kelapa dan bukan santan instan yang dijual di pasaran.
Dengan menerapkan 3 cara membuat rambut lurus dengan bahan alami di atas, seseorang tidak perlu pergi ke salon dan dapat memiliki rambut impian. Kuncinya adalah merawat rambut dengan rutin dan sabar hingga hasil yang diinginkan bisa didapatkan. (MT)
ADVERTISEMENT