4 Cara Mengolah Lidah Buaya untuk Wajah agar Semakin Bersih

Memproduksi artikel seputar tutorial dan tips.
Konten dari Pengguna
16 September 2023 12:44
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Tips dan Trik tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Cara Mengolah Lidah Buaya untuk Wajah. Foto: Unsplash/pisauikan
ADVERTISEMENT
Terdapat beragam cara mengolah lidah buaya untuk wajah. Tanaman yang dikenal dengan nama aloe vera ini sudah lama diketahui memiliki manfaat bagi kesehatan kulit, termasuk untuk membuat kulit wajah lebih putih, cerah, dan tampak awet muda.
ADVERTISEMENT
Gel lidah buaya mengandung banyak air, nutrisi, antioksidan dan zat dengan sifat antiradang dan antibakteri. Dengan kandungan tersebut, tak heran jika banyak produk kesehatan dan kecantikan yang menggunakan gel lidah buaya sebagai bahan dasarnya seperti pelembab, tabir surya, sabun, sampo, dan serum wajah.

Cara Mengolah Lidah Buaya untuk Wajah

Ilustrasi Cara Mengolah Lidah Buaya untuk Wajah. Foto: Unsplash/pisauikan
Cara mengolah lidah buaya untuk wajah bisa dilakukan di rumah dengan mudah. Meskipun sekarang ini sudah banyak yang menjual produk kecantikan dengan bahan dasar lidah buaya, tetapi membuat sendiri tentunya lebih baik untuk kesehatan kulit.
Berikut 4 cara mengolah lidah buaya untuk wajah agar semakin bersih.

1. Mengoleskan Gel Lidah Buaya Segar Pada Kulit Wajah

Salah satu mengolah lidah buaya untuk wajah supaya bersih adalah dengan mengoleskannya langsung ke kulit wajah. Selain untuk memutihkan wajah, lidah buaya juga bisa untuk meghilangkan bekas jerawat berlubang.
ADVERTISEMENT
Oleskan lendir lidah buaya pada wajah yang memiliki bekas jerawat berlubang. Agar mendapatkan lendir yang banyak, kupas kulit daun lidah buaya tersebut terlebih dahulu, sebagaimana dikutip dari buku 365 Tip for Women, Rita Lauw Fu, (2017:37)

2. Masker Lidah Buaya dan Lemon

Untuk memutihkan wajah dengan lidah buaya, juga bisa mengolah tanaman ini menjadi masker wajah alami. Metode ini melibatkan pencampuran jus lidah buaya dengan jus lemon.
Kedua kandungan ini mampu membantu membersihkan pori-pori kulit, mengangkat kotoran, sel-sel mati pada wajah dan memproduksi kolagen sehingga menjadikan kulit wajah lebih cerah, bersih, halus dan kencang.
Langkah-langkah membuat masker alami dari lidah buaya dan air jeruk lemon cukup sederhana, yaitu:
ADVERTISEMENT

3. Face Mist

Lidah buaya kini banyak diolah menjadi produk kecantikan, seperti face mist dan toner. Produk ini memiliki efek melembapkan yang baik pada kulit wajah tanpa menimbulkan sekresi sebum berlebihan yang dapat menyumbat pori-pori, sehingga baik dalam mencegah munculnya komedo atau jerawat.
Penggunaan face mist dinilai lebih praktis, cepat, dan mudah. Cukup dengan menyeprotkannya ke wajah dan tutup mata untuk menghindari iritasi. Jangan lupa untuk mengocok face mist terlebih dahulu sebelum digunakan.

4. Membuat Scrub dari Campuran Lidah Buaya, Gula, dan Minyak Zaitun

Jika ingin membuat exfoliator atau scrub wajah alami, bisa menggunakan bahan-bahan yang mudah didapat, misalnya lidah buaya, gula putih, dan minyak zaitun atau minyak almond. Cara membuat scrub ini juga cukup mudah, yaitu:
ADVERTISEMENT
Itulah cara mengolah lidah buaya untuk wajah. Penting untuk diingat bahwa memutihkan wajah dengan bahan alami tentu membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Jadi, lakukanlah secara konsisten, teratur, dan sabar.(glg)