4 Cara Screenshoot Layar Laptop Windows 10

Tips dan Trik
Memproduksi artikel seputar tutorial dan tips.
Konten dari Pengguna
12 Oktober 2023 18:51 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Tips dan Trik tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
 Ilustrasi Cara Screenshoot Layar Laptop, Foto Unsplash/Burst
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Cara Screenshoot Layar Laptop, Foto Unsplash/Burst
ADVERTISEMENT
Cara screenshoot layar laptop Wndows 10 dapat dilakukan dengan berbagai metode. Cara tersebut bisa dilakukan dengan mudah mengingat sebagian banyak laptop telah dilengkapi dengan beberapa fitur yang mendukung kegiatan tangkapan layar.
ADVERTISEMENT
Screenshoot sering kali digunakan pengguna untuk menyimpan informasi penting yang didapatkan ketika mengoperasikan laptop. Namun, tidak sedikit pengguna yang masih belum mengetahui cara untuk melakukan screenshoot pada laptop Windows 10.
Berdasarkan buku Membuat Slide Presentasi Menggunakan Microsoft PowerPoint, Tutang, dkk., halaman 31, screenshoot merupakan fitur yang bisa digunakan untuk mengambil gambar dari layar secara langsung.

Cara Screenshoot Layar Laptop Windows 10

Ilustrasi Cara Screenshoot Layar Laptop, Foto Unsplash/Christin Hume
Bagi pengguna laptop Windows 10 yang sedang mencari tutorial cara screenshot, berikut merupakan cara screenshoot layar laptop Windows 10 dengan cepat dan mudah.

1. Tombol PrtSc

Cara pertama yaitu dengan memanfaatkan tombol PrtSc pada keyboard. Ketika menekan tombol tersebut, maka secara otomatis akan melakukan screenshot seluruh tampilan layar.
Kemudian hasilnya dapat disalin di aplikasi Microsoft Paint dengan memakai CTRL+V setelah mengklik lembaran kertas di aplikasi.
ADVERTISEMENT

2. Tombol Alt + PrtSc

Cara kedua yaitu dengan memanfaatkan tombol Alt + PrtSc pada keyboard. Pengguna dapat menekan shortcut Alt + PrtSc secara bersamaan.
Maka hasil screenshoot akan tersimpan di clipboard secara otomatis dan pengguna dapat mengeditnya untuk mengambil objek penting dari hasil screenshoot ersebut.

3. Windows Key + Shift + S

Cara ketiga yaitu dengan tombol Windows Key + Shift + S. Jika melakukan cara ini, maka pengguna akan dibawa ke aplikasi bawaan Windows, yaitu Snip & Sketch.
Ketika pengguna menekan tombol tersebut, maka akan muncul layar laptop redup kemudian akan muncul petunjuk mouse. Pengguna dapat menentukan sendiri pada bagian mana yang akan di-screenshoot.

4. Windows Key + PrtSc

Cara keempat yaitu dengan memanfaatkan tombol Windows Key + PrtSc. Pengguna juga bisa mengkombinasikan tombol lainnya seperti Fn + Windows+ PrtSc untuk melakukan tangkapan layar.
ADVERTISEMENT
Kemudian hasil dari tangkapan layar tersebut akan tersimpan di folder Picture dengan nama subfolder Screenshots secara otomatis.
Itulah cara screenshoot layar laptop Windows 10. Dengan melakukan salah satu cara di atas dapat memudahkan pengguna ketika akan menyimpan informasi penting. (Adm)