5 Cara Hilangkan Bau Mulut dengan Bahan Alami

Memproduksi artikel seputar tutorial dan tips.
Konten dari Pengguna
25 September 2023 19:37 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Tips dan Trik tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Cara Hilangkan Bau Mulut, Unsplash/Timothy Dykes
ADVERTISEMENT
Bau mulut adalah salah satu permasalahan yang cukup mengganggu, baik bagi individu itu sendiri maupun orang lain. Jangan khawatir, ada beberapa cara hilangkan bau mulut yang bisa dicoba agar napas menjadi lebih segar.
ADVERTISEMENT
Mengutip dari situs resmi kemenkes.go.id, halitosis atau sering kali dikenal dengan bau mulut, adalah kondisi yang bisa dialami oleh siapa saja. Gejala halitosis adalah muncul aroma tidak sedap yang keluar dari mulut yang sering kali menyebabkan orang yang mengalaminya merasa kurang percaya diri.

Cara Hilangkan Bau Mulut

Cara Hilangkan Bau Mulut, Unsplash/ Timothy Dykes
Berikut adalah deretan cara hilangkan bau mulut dengan bahan alami dengan bahan alami:

1. Minyak Kelapa

Minyak kelapa salah satu bumbu dapur yang populer sebangai obat alami berbagai gangguan kesehatan. Salah satunya untuk menghilangkan bau mulut, karena sifat anti-inflamasi dan anti-mikroba yang dikandungnya.
Cara untuk memanfaatkan bumbu dapur ini menjadi obat alami menghilangkan bau mulut adalah dengan siapkan 1 sendok makan minyak kelapa.
Lalu, jadikan ini sebagai obat kumur selama 5-10 menit. Setelah itu, bilas dengan air hangat. Pengguna bisa mengulangi cara ini setiap hari sampai bau mulut hilang.
ADVERTISEMENT

2. Yoghurt

Mengonsumsi 85 gram yoghurt bebas gula dua kali sehari selama enam minggu ternyata juga dapat membantu mengatasi bau mulut. Ini karena yoghurt dapat mengurangi kadar senyawa sulfida yang menjadi penyebab aroma mulut yang terasa kurang sedap.

3. Mengunyah Permen Karet

Untuk mencegah mulut kering yang dapat menimbulkan bau mulut, kunyahlah permen karet yang tidak mengandung gula. Mengunyah permen karet diketahui dapat merangsang produksi air liur.

4. Kumur dengan Baking Soda

Tidak hanya bermanfaat untuk mengembangkan kue, baking soda alias natrium bikarbonat juga dapat digunakan sebagai obat kumur alami untuk menghilangkan bau mulut.
Suatu penelitian dalam The Journal of The American Dental Association menunjukkan bahwa baking soda efektif membunuh bakteri penyebab bau mulut.
Rutin berkumur dengan larutan baking soda juga dapat membantu membersihkan plak dan sisa makanan yang menempel di permukaan gigi.
ADVERTISEMENT
Caranya cukup mudah, tinggal melarutkan dua sendok teh soda kue ke dalam segelas air hangat. Gunakan untuk berkumur selama 30 detik, lalu buang air bekas kumurannya.

5. Jahe

Sifat antimikroba jahe membantu menghilangkan bau mulut serta berbagai jenis infeksi mulut dan tenggorokan. Cara menggunakan jahe menjadi obat alami untuk menghilangkan bau mulut, yaitu siapkan 1 sendok teh jahe parut segar.
Lalu, tambahkan air hangat dan kumur dengan ini. Bilas setelahnya. Pengguna bisa melakukan langkah praktis ini setelah makan setidaknya 3 kali sehari.
Ada 5 cara hilangkan bau mulut yang mudah menggunakan bahan alami. Jika sudah melakukan berbagai cara di atas tetapi masih belum membaik, bisa tanyakan pada dokter gigi cara lain yang lebih efektif atau perlukan melakukan penanganan medis. (alida)
ADVERTISEMENT