5 Cara Konsisten Diet untuk Mencapai Berat Badan Ideal

Tips dan Trik
Memproduksi artikel seputar tutorial dan tips.
Konten dari Pengguna
17 Agustus 2023 15:28 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Tips dan Trik tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Cara Konsisten Diet, Foto: Unsplash/i yunmai
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Cara Konsisten Diet, Foto: Unsplash/i yunmai
ADVERTISEMENT
Menjalani diet sering kali menjadi tantangan yang membutuhkan konsistensi. Proses mencapai berat badan ideal menjadi sulit untuk mengubah gaya hidup. Karena itu, cara konsisten diet menjadi penting untuk diketahui.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari buku DEBM: Diet Enak, Bahagia, dan Menyenangkan, Robert Hendrick Liembono (2018), tidak ada jalan pintas untuk mencapai target berat badan ideal. Alih-alih, diperlukan komitmen untuk menjalani diet yang sehat.

Cara Konsisten Diet

Ilustrasi Cara Konsisten Diet, Foto: Unsplash/Brooke Lark
Terdapat beberapa cara konsisten diet yang dapat dilakukan secara efektif dan motivasi yang kuat. Berikut adalah langkah-langkah yang tepat untuk menjalani diet secara konsisten.

1. Menetapkan Tujuan yang Jelas

Mulailah dengan mengidentifikasi tujuan berat badan ideal yang ingin dicapai. Buat tujuan yang realistis dan terukur, seperti berapa kilogram yang ingin diturunkan dalam jangka waktu tertentu.
Konsisten diet perlu dilakukan agar dapat mencapai hasil yang maksimal. Dengan tujuan yang jelas, maka akan terbangun motivasi yang kuat untuk tetap konsisten dalam menjalani diet.
ADVERTISEMENT

2. Merencanakan dan Mempersiapkan Makanan

Perencanaan makanan adalah kunci kesuksesan dalam menjalani diet. Buatlah jadwal makan yang teratur dan sehat. Rencanakan menu makanan yang kaya nutrisi, termasuk protein, karbohidrat kompleks, dan sayuran segar.

3. Menetapkan Batasan dan Pengecualian

Penting untuk memahami bahwa tidak perlu menghindari semua makanan favorit. Tetapkan batasan dan pengecualian dengan bijak untuk menikmati camilan favorit, tetap dalam batas yang masuk akal.

4. Mencari Dukungan

Berbagi perjalanan diet dengan teman, keluarga, atau bahkan bergabung dengan komunitas online dapat memberikan dukungan yang berharga. Dengan begitu, dapat saling memotivasi dan bertukar resep makanan sehat.
Mencari dukungan orang lain dengan tujuan serupa dapat menjadi cara konsisten diet yang efektif. Selain itu, cara ini juga dapat dilakukan dengan merayakan pencapaian bersama agar lebih semangat mencapai berat badan ideal.
ADVERTISEMENT

5. Berlatih Memanajemen Stres

Perlu diketahui bahwa stres dapat memicu pola makan yang tidak sehat. Oleh karena itu, penting untuk berlatih manajemen stres. Coba teknik relaksasi seperti meditasi, yoga, atau olahraga.
Dengan langkah-langkah di atas, maka dapat lebih mudah menjaga pola makan yang sehat dan konsisten. Penting untuk menentukan tujuan hingga memanajemen stres untuk mencapai berat badan ideal.
Konsistensi dalam menjalani diet adalah kunci untuk mencapai berat badan ideal dan menjaga kesehatan secara keseluruhan. Cara konsisten diet tidak didapatkan secara instan, melainkan perlu waktu dan usaha.(aww)