5 Cara Pasang Tabung Gas LPG Antibocor

Tips dan Trik
Memproduksi artikel seputar tutorial dan tips.
Konten dari Pengguna
4 Juli 2023 22:41 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Tips dan Trik tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Cara Pasang Tabung Gas LPG, Foto: unsplash/Mufid Majnun
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Cara Pasang Tabung Gas LPG, Foto: unsplash/Mufid Majnun
ADVERTISEMENT
Jenis tabung gas yang digunakan secara luas adalah tabung gas LPG antibocor. Sudah tahu langkah-langkah cara pasang tabung gas LPG antibocor dengan mudah dan aman?
ADVERTISEMENT
Gas LPG (Liquefied Petroleum Gas) merupakan sumber energi yang populer digunakan dalam rumah tangga. Penting untuk memastikan tabung gas LPG dipasang dengan benar dan aman menghindari risiko kebocoran yang berbahaya.

Cara Pasang Tabung Gas LPG Mudah dan Aman

Ilustrasi Cara Pasang Tabung Gas LPG, Foto: unsplash/WeSideTrip
Mengutip Buku Pintar Ibu Rumah Tangga, Nailul HD Rahmalia Agustina (2013:107), ternyata begini 5 cara pasang tabung gas LPG antibocor.

1. Persiapkan tempat yang tepat

Pastikan tempat pemasangan tabung gas LPG antibocor terletak di tempat yang aman dan terlindung dari paparan sinar matahari langsung. Pilih area yang cukup ventilasi dan jauh dari sumber api terbuka, peralatan listrik, dan bahan mudah terbakar lainnya.

2. Periksa kondisi tabung gas

Sebelum memasang tabung gas LPG, pastikan tabung dalam kondisi yang baik. Periksa keberadaan segel pengaman, tegangan valve, dan tutup tabung gas. Pastikan tidak ada tanda-tanda kebocoran atau kerusakan pada tabung.
ADVERTISEMENT

3. Gunakan selang gas yang berkualitas

Pilih selang gas yang berkualitas. Pastikan selang gas yang digunakan dalam kondisi baik, bebas dari kerusakan, dan tidak kendor. Ganti selang gas secara teratur sesuai dengan petunjuk produsen.

4. Pasang regulator gas

Pasang regulator gas pada tabung dengan benar. Pastikan regulator terpasang dengan rapat dan kencang. Periksa juga kondisi regulator secara berkala dan pastikan tidak ada kebocoran.

5. Periksa kebocoran gas

Setelah semua peralatan terpasang, lakukan pemeriksaan kebocoran gas. Gunakan busa sabun atau larutan air sabun dan oleskan pada semua sambungan dan valve.
Jika ada gelembung atau muncul aroma gas, segera matikan regulator dan lapisi area yang bocor dengan kain kering. Hubungi penyedia gas atau teknisi profesional untuk memperbaikinya.
Selain langkah-langkah cara pasang tabung gas di atas, penting juga memahami tata cara penggunaan dan penanganan tabung gas LPG antibocor. Pastikan tidak menyimpan atau menggunakan tabung gas dalam ruangan yang tertutup atau dengan ventilator yang buruk.
ADVERTISEMENT
Jaga tabung gas dari paparan panas dan api, serta jauhkan dari jangkauan anak-anak.(ibe)