Bagaimana Cara Menjaga Persatuan dalam Keragaman yang Ada di Indonesia?

Tips dan Trik
Memproduksi artikel seputar tutorial dan tips.
Konten dari Pengguna
24 September 2023 17:05 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Tips dan Trik tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Bagaimana Cara Menjaga Persatuan dalam Keragaman yang ada di Indonesia. Foto: Unsplash/ Fadhelive.
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Bagaimana Cara Menjaga Persatuan dalam Keragaman yang ada di Indonesia. Foto: Unsplash/ Fadhelive.
ADVERTISEMENT
Indonesia adalah negara dengan aneka ragam kebudayaan, seni, kuliner hingga pariwisata. Dari keragamannya, satu pertanyaan yang tertuju pada masyarakat Indonesia itu sendiri yaitu bagaimana cara menjaga persatuan dalam keragaman yang ada di Indonesia?
ADVERTISEMENT
Meskipun masyarakat Indonesia dikenal sebagai negara yang saling membantu satu sama lainnya tanpa memandang suku, agama, ras dan antar golongan. Namun, pemerintah juga harus melestarikan keberagaman yang ada di Indonesia. Salah satunya rumah adat.
Dikutip dari indonesia.go.id, rumah adat adalah salah satu representasi kebudayaan yang paling tinggi dalam satu suku atau masyarakat. Selain itu, agar generasi muda dapat memahami filosofi dari rumah adat sebagai salah satu keragaman di Indonesia.

Bagaimana Cara Menjaga Persatuan dalam Keragaman yang Ada di Indonesia?

Ilustrasi Bagaimana Cara Menjaga Persatuan dalam Keragaman yang ada di Indonesia. Foto: Unsplash/ Yoyo Hins Itta.
Berikut adalah jawaban dari bagaimana cara menjaga persatuan dalam keragaman yang ada di Indonesia.

1. Toleransi

Dalam mewujudkan Indonesia yang satu dengan keragaman budayanya yaitu dengan saling bertoleransi atau menghargai segala bentuk perbedaan yang ada di Indonesia.
ADVERTISEMENT
Meskipun berbeda, tapi budaya yang ada di Indonesia merupakan hal yang penting dan berharga untuk terus dilestarikan. Menghargai kebudayaan artinya tidak boleh menganggap rendah budaya lain.
Salah satu contoh bentuk sikap dalam menghargai perbedaan budaya adalah menghadiri festival budaya, belajar memahami makna dari upacara adat masing-masing daerah, hingga berbicara yang sopan dan tidak menyinggung adat istiadat yang berlaku di masyarakat.

2. Menerapkan Sikap Gotong Royong

Dengan menerapkan sikap saling membantu dan membutuhkan satu sama lain, dapat memberikan dampak yang besar bagi masyarakat Indonesia. Yaitu terjalinnya hubungan yang baik terutama saat terjadi musibah yang cukup merugikan.
Dengan begitu masyarakat Indonesia bisa saling bahu membahu memberikan bantuan dei kemaslahatan bersama. Maka ini akan membentuk pola kehidupan masyarakat Indonesia yang jauh lebih baik.
ADVERTISEMENT

3. Menambah Wawasan dan antar Kebudayaan yang ada di Indonesia

Sudah sepatutnya sebagai masyarakat Indonesia untuk memperluas wawasan mengenai kebudayaan lain di Indonesia. Dengan begitu, akan ada pemahaman tentang bagaimana cara menjalin hubungan yang baik dengan masyarakat yang budayanya berbeda.
Banyak hal yang bisa dilakukan untuk memperluas wawasan kebudayaan Indonesia. Seperti dengan membaca buku tentang budaya, menonton film atau dokumenter kebudayaan Indonesia lainnya, melakukan travelling ke berbagai tempat dengan kebudayaan yang berbeda.
Selain dapat mempelajari bahasa daerah lainnya, masyarakat juga dapat memperluas jaringan sosial untuk hubungan bisnis. Tentunya yang paling penting dapat memperkuat persatuan dalam keragaman budaya di Indonesia.
Itulah segala hal yang perlu masyarakat Indonesia ketahui tentang bagaimana cara menjaga persatuan dalam keragaman yang ada di Indonesia. Paling penting dari semua hal tersebut adalah membangun kesadaran kita semua sebagai bagian dari bangsa Indonesia yang satu.
ADVERTISEMENT