Cara Jadi Reseller Shopee untuk Bisnis Pelajar

Tips dan Trik
Memproduksi artikel seputar tutorial dan tips.
Konten dari Pengguna
25 Mei 2023 14:50 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Tips dan Trik tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Cara Jadi Reseller Shopee. Sumber: Unsplash/Bench Accounting.
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Cara Jadi Reseller Shopee. Sumber: Unsplash/Bench Accounting.
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Di era teknologi seperti ini, pelajar pun bisa memiliki usaha sampingan untuk mencari uang jajan tambahan, misalnya dengan cara jadi reseller Shopee.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari laman resmi shopee.co.id, fitur Katalog Saya bisa ditemukan di bagian “Saya” pada aplikasi Shopee. Dengan fitur ini, setiap orang bisa memulai bisnis online sebagai reseller dan bisa menjual kembali produk-produk di Shopee.

Cara Menjadi Reseller Shopee yang Menguntungkan

Ilustrasi Cara Jadi Reseller Shopee. Sumber: Unsplash/Maxim Ilyahov.
Menjadi reseller Shopee dapat dilakukan oleh semua orang, termasuk para pelajar. Simak beberapa cara jadi reseller berikut ini:

1. Tentukan Produk yang Tepat

Pertama, tentukan produk apa yang akan dijual sebagai reseller. Pilihlah produk yang sesuai dengan minat dan pengetahuan.
Reseller dapat memilih dari berbagai kategori, seperti fashion, aksesoris, elektronik, atau produk-produk unik lainnya.
Pastikan juga produk tersebut memiliki permintaan yang tinggi di pasar, sehingga reseller memiliki peluang yang lebih baik untuk mendapatkan penghasilan.
ADVERTISEMENT

2. Lakukan Penelitian Pasar

Sebelum memulai bisnis reseller Shopee, lakukan penelitian pasar terlebih dahulu.
Pelajari tren produk yang sedang populer dan kenali kompetitor. Perhatikan harga dan kualitas produk yang serupa, serta strategi pemasaran yang digunakan oleh reseller lain.
Memahami pasar dan pesaing sangat berguna dalam mengembangkan strategi yang lebih efektif untuk memasarkan produk.

3. Buat Akun Shopee dan Profil yang Menarik

Buatlah akun Shopee yang akan digunakan untuk bisnis reseller. Daftar sebagai penjual dan buat profil yang menarik.
Unggah foto dan deskripsi produk dengan baik, sehingga calon pembeli tertarik untuk melihat lebih lanjut. Pastikan juga untuk menyertakan informasi kontak yang dapat dihubungi oleh pembeli potensial.

4. Sourcing Produk

Setelah memiliki akun Shopee yang siap digunakan, cari sumber produk untuk dijual.
Untuk mendapatkan produk reseller dapat bekerja sama dengan supplier atau produsen lokal, membeli grosir, atau memanfaatkan dropshipping.
ADVERTISEMENT
Pilihlah metode yang sesuai dengan kemampuan dan anggaran sebagai seorang pelajar.

5. Tetapkan Harga yang Kompetitif

Saat menentukan harga untuk produk, pertimbangkan harga pasar dan margin keuntungan yang wajar. Penting untuk menetapkan harga yang kompetitif agar menarik minat pembeli.
Pastikan harga jual juga menghasilkan keuntungan yang memadai. Jangan lupa untuk menghitung biaya pengiriman dan biaya operasional lainnya agar tidak mengurangi keuntungan.

6. Promosikan Produk

Agar mendapatkan penjualan yang lebih banyak, reseller perlu mempromosikan produk dengan baik. Manfaatkan fitur-fitur pemasaran yang disediakan oleh Shopee, seperti diskon, voucher, atau program loyalitas.
Selain itu, aktif di media sosial seperti Instagram, Facebook, atau Twitter adalah langkah yang baik untuk mengiklankan produk kepada audiens yang lebih luas.

7. Berikan Pelayanan yang Baik

Untuk membangun reputasi yang baik sebagai reseller Shopee, penting untuk memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan. Tanggapi pertanyaan atau keluhan dengan cepat dan sopan.
ADVERTISEMENT
Pastikan produk yang dikirim dalam kondisi baik dan sesuai dengan deskripsi yang diberikan. Kepercayaan dan kepuasan pelanggan adalah kunci keberhasilan jangka panjang dalam bisnis reseller.

8. Evaluasi dan Tingkatkan Bisnis

Terakhir, lakukan evaluasi terhadap bisnis reseller secara berkala. Analisis performa penjualan, strategi pemasaran, dan umpan balik pelanggan.
Identifikasi kekuatan dan kelemahan selama menjadi reseller, serta tingkatkan di area yang perlu ditingkatkan. Selalu mencari peluang baru untuk memperluas jangkauan bisnis dan meningkatkan keuntungan.
Itulah cara jadi reseller Shopee sebagai bisnis pelajar yang menguntungkan. Jangan lupa follow Tips dan Trik untuk informasi bermanfaat setiap hari. (Andi)