Cara Jualan Online di WA (WhatsApp) agar Cepat Cuan

Tips dan Trik
Memproduksi artikel seputar tutorial dan tips.
Konten dari Pengguna
12 Juli 2023 21:19 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Tips dan Trik tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Cara Jualan Online di WA. Foto: Unsplash/Benjamin Dada.
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Cara Jualan Online di WA. Foto: Unsplash/Benjamin Dada.
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Seperti halnya media sosial lain, WA (WhatsApp) bisa digunakan sebagai lapak berjualan. Cara jualan online di WA pun tidak terlalu sulit dan cukup efektif untuk mendatangkan uang. Semua orang bisa mencoba untuk berjualan di WA.
ADVERTISEMENT
Cara yang cukup efektif dalam menjalankan digital marketing adalah dengan memanfaatkan media sosial. Mengutip dari Jurnal Lugas, Andamisari D. (2021:67), peluang WhatsApp sebagai digital marketing dapat digunakan untuk memperluas dan meningkatkan fungsi pemasaran.
Aplikasi WhatsApp telah meluncurkan WhatsApp Business yang bisa dimanfaatkan pengguna sebagai sarana untuk melakukan digital marketing berbasis internet dan teknologi informasi. Masih ada beberapa pengguna yang belum paham terkait hal ini.

Cara Jualan Online di WA (WhatsApp)

Ilustrasi Cara Jualan Online di WA. Foto: Unsplash/Firmbee.com.
Cara jualan online di WA (WhatsApp) dapat dilakukan siapa saja. Terdapat beberapa tips yang harus diterapkan supaya penjualan di WA bisa berhasil, sebagai berikut:

1. Tentukan Target atau Goals Penjualan

Langkah pertama adalah dengan menentukan target yang ingin dicapai. Hal ini bertujuan supaya penjual paham mengenai arah aktivitas marketing yang akan dilakukan.
ADVERTISEMENT
Setelah menentukan target, penjual dapat merancang rencana pemasaran serta menentukan segmen pasar yang ingin penjual jangkau.

2. Beralih ke Akun WhatsApp Business

WhatsApp Business merupakan fitur yang dirancang khusus oleh aplikasi WhatsApp untuk memudahkan para penjual untuk melakukan jualan online melalui WhatsApp.
Dengan menggunakan aplikasi WhatsApp Business akan membuat penjualan secara online menjadi lebih efektif dan efisien, karena aplikasi ini memiliki fitur lengkap.

3. Buat Konten Promosi yang Kekinian dan Mengikuti Trend

Buatlah konten promosi yang menarik dan kekinian yang menampilkan produk penjual. Penjual dapat memanfaatkan fitur story di WhatsApp yang bisa digunakan untuk posting konten promosi.

4. Manfaatkan Call to Action

CTA atau Call to Action adalah ajakan berupa gambar, tulisan, atau ucapan yang dapat mempengaruhi pelanggan atau konsumen untuk melakukan transaksi pembelian.
Demikian cara jualan online di WA (WhatsApp) dengan mudah. Terdapat keuntungan yang bisa didapatkan seller apabila melakukan penjualan di WA, salah satunya praktis dalam melakukan follow up maupun menampung saran dari pelanggan. (Nisa)
ADVERTISEMENT