Cara Memainkan Alat Musik Pianika agar Cepat Hafal Not

Tips dan Trik
Memproduksi artikel seputar tutorial dan tips.
Konten dari Pengguna
4 September 2023 15:26 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Tips dan Trik tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Cara Memainkan Alat Musik Pianika. Unsplash/Jordan Whitfield
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Cara Memainkan Alat Musik Pianika. Unsplash/Jordan Whitfield
ADVERTISEMENT
Cara memainkan alat musik pianika sangat bermanfaat dan diperlukan oleh pelajar karena keahlian memainkan alat musik ini sering kali diuji dalam pelajaran kesenian.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari laman sdmuhpkampel.sch.id, pianika adalah alat musik tiup kecil sejenis harmonika, tetapi memakai bilah-bilah keyboard yang luasnya sekitar tiga oktaf. Pianika dimainkan dengan tiupan langsung atau memakai pipa lentur yang dihubungkan ke mulut.

Cara Memainkan Alat Musik Pianika untuk Pemula

Ilustrasi Cara Memainkan Alat Musik Pianika. Unsplash/Amir Doreh
Sebenarnya kunci dari cara memainkan alat musik pianika adalah menghafal not pada lagu dan pianika tersebut. Lalu apa saja yang diperlukan untuk cepat mahir memainkan pianika? Mari simak penjelasan selengkapnya di bawah ini:

1. Memahami Notasi Musik

Pertama, cobalah untuk memulai mempelajari notasi musik dasar, termasuk not balok dan not angka. Ini akan membantu dalam membaca dan memahami lagu-lagu yang ingin dimainkan.

2. Mengenali Posisi Jari

Pahami dengan baik posisi jari di atas pianika. Pianika biasanya memiliki 32 atau 37 tombol. Latihan untuk menentukan posisi jari di atas tombol-tombol ini agar tidak kaku saat belajar not-not lagu nantinya.
ADVERTISEMENT

3. Belajar Teknik Menekan Tombol

Awali dengan menguasai cara menekan tombol-tombol dasar dengan lembut untuk menghasilkan suara yang berkualitas. Tidak perlu terburu-buru, karena interval yang pas dan menekan bilah keyboard yang tepat adalah kunci memainkan pianika.

4. Melatih Skala

Rajin berlatih skala-skala dasar seperti do-re-mi-fa-sol-la-si-do. Ini akan membantu untuk memahami interval antara berbagai not musik dan nantinya akan berguna saat ingin mempelajari sebuah lagu, saat sudah mahir skala nada maka tidak menghafal nomor nada (1-2-3-4-5-6), melainkan nada tersebut (do-re-mi-fa-sol-la-si-do).

5. Mempelajari Lagu-Lagu Sederhana

Jika sudah melakukan langkah-langkah di atas, mulailah belajar memahami lagu-lagu yang sederhana dan membaca notasi musiknya. Jangan lupa untuk mencari referensi dengan menonton tutorial atau video di internet untuk memainkan lagu yang disukai.
Bagi pelajar, disarankan memulai dengan lagu-lagu wajib nasional. Biasanya yang sering diujikan adalah lagu Ibu Kita Kartini, Bagimu Negeri, Tanah Airku, dan Indonesia Pusaka.
ADVERTISEMENT

6. Rutin Berlatih

Kunci keberhasilan dalam bermain pianika adalah berlatih secara teratur. Sisihkan waktu setiap hari untuk berlatih agar keterampilan semakin meningkat.
Disarankan untuk memainkan pianika dengan lima jari dan usahakan meniupnya dengan cara halus serta rata agar tidak cepat kehabisan napas.
Itulah cara memainkan alat musik pianika, keahlian yang diperlukan oleh pelajar dalam studi kesenian di sekolah. (Andi)