Cara Membuat Paper Kuliah dengan Benar

Memproduksi artikel seputar tutorial dan tips.
Konten dari Pengguna
27 April 2023 15:49 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Tips dan Trik tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Cara Membuat Paper Kuliah. Sumber: Unsplash/Agneizka.
ADVERTISEMENT
Bagi mahasiswa dan mahasiswi tentunya sudah tidak asing dengan tugas membuat paper, makalah, esai dan laporan praktikum. Bagaimana tahapan atau alur membuat paper? Simak cara membuat paper kuliah yang baik dan benar berikut ini.
ADVERTISEMENT
Mengutip dari (hospitalityinsights.ehl.edu), paper akademis berfungsi untuk membuat argumen, mendukung penelitian dan mengarahkan pembaca pada kesimpulan berdasarkan fakta-fakta yang disajikan dari sumber primer dan sekunder.

Cara Membuat Paper Kuliah

Cara Membuat Paper Kuliah. Sumber: Unsplash/Firza.
Nah, Tips dan Trik memberikan sepuluh cara membuat paper kuliah, sehingga kamu dapat menyusun tugas lebih maksimal.

1. Menentukan Topik Paper

Langkah paling dasar untuk membuat paper, yaitu menentukan topik yang akan dibahas, karena nantinya menentukan pengerjaaan paper kamu mengarah ke mana.
Jika kamu merasa kesulitan untuk menemukan ide paper, disarankan untuk membaca paper-paper sebelumnya, jurnal dan buku-buku pendukung sehingga kamu memperoleh cukup referensi.

2. Menulis Judul dan Nama Penyusun Paper

Setelah tahu topik apa yang akan diambil, tentukan juga judul paper. Apabila masih bingung coba diambil melalui rumusan masalah yang akan kamu pecahkan. Tidak lupa, untuk menulis nama dan Nomor Induk Mahasiswa baik untuk individu maupun kelompok.
ADVERTISEMENT

3. Menyusun Abstrak

Penulisan abstrak dibuat setelah semua paper kamu selesai, akan tetapi untuk tahapan penyusunan paper biasanya abstrak ditulis halaman setelah judul.
Abstrak ditulis dengan singkat dan jelas, dengan jumlah sekitar 200 kata dalam satu paragraf saja. Format tulisan spasi 1, Times New Roman 12, dengan format rata kanan dan rata kiri. Isi dari abstrak yaitu:

4. Menyusun Pendahuluan

Pendahuluan berisi tentang latar belakang topik yang akan kamu bahas, tujuan yang dibuat paper baik untuk jangka pendek atau jangka panjang. Selanjutnya rumusan masalah penjabaran tentang masalah ataupun fenomena yang harus dibahas.
Untuk laporan magang, penelitian dan skripsi biasanya ditambahkan keterangan waktu dan tempat, untuk jangka waktu pelaksanaan dan lokasi penelitian.
ADVERTISEMENT

5. Membandingkan dengan Penelitian Sebelumnya

Sebagai acuan dan pembanding dalam penyusunan paper, di bagian latar belakang tambahkan juga penelitian terkait yang sudah pernah dilakukan, sehingga dapat diambil kesimpulan dan perbandingan dengan penelitian yang sudah kamu lakukan.

6. Menentukan Metodologi

Bab setelah pendahuluan, yaitu tinjauan pustaka kemudian metodologi. Bagian ini penting karena untuk mengumpulkan data penelitian, mencari informasi, mengatasi masalah dan pengambilan kesimpulan. Ada tiga pendekatan metodologi penelitian, yaitu:

7. Menjabarkan Hasil Penelitian

Jika kamu sudah mengumpulkan data, menganalisis, menguji dan menghitung data penelitian, langkah selanjutnya menjabarkan hasil penelitian secara deskriptif.
Penjelasan hasil ditulis berdasarkan metode penelitian dan cara pengambilan data. Setelah hasil penelitian diperoleh, maka dilakukan pengujian, apakah bertentangan dengan teori yang sudah ada atau sebaliknya.
ADVERTISEMENT

8. Melakukan Problem Solving

Problem solving masuk dalam rumusan masalah, yaitu memecahkan permasalahan dari hasil penelitian tersebut, sehingga dapat diterima dan terapkan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat.
Berarti penelitian/paper-mu harus menemukan akar permasalahan yang muncul, dan paper kamu menjadi salah satu solusi menanggulangi masalah tersebut.

9. Memberi Kesimpulan dan Saran

Kesimpulan dapat diambil dari tujuan yang ditulis di bab pendahuluan, sehingga lebih tertata. Untuk saran perlu untuk menambahkan apa saja yang perlu diperbaiki, misal dari fasilitas penelitian, cara menulis paper dan sebagainya.

10. Mencantumkan Referensi

Gunakan sumber referensi dari jurnal minimal 5 tahun terakhir, sehingga masih relevan dan valid sebagai acuan pembuatan paper. Lebih bagus lagi, jika memakai jurnal internasional. Lalu buku-buku terkait topik dan permasalah dari paper-mu.
Itulah cara membuat paper kuliah yang baik, semoga dapat membantu ketika menyusun tugas. Tinggalkan komentar dan bagikan ke media sosial agar teman-temanmu tahu tahapan membuat paper. (Fiqa)
ADVERTISEMENT