Cara Mengurangi Plagiarism di Skripsi untuk Mahasiswa

Tips dan Trik
Memproduksi artikel seputar tutorial dan tips.
Konten dari Pengguna
29 Oktober 2023 0:39 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Tips dan Trik tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Cara Mengurangi Plagiarism di Skripsi. Unsplash/ Nick Morrison
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Cara Mengurangi Plagiarism di Skripsi. Unsplash/ Nick Morrison
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Dalam menulis karya tulis ilmiah, penulis harus menulis berdasarkan sumber-sumber yang kredibel dan terpercaya. Jika tidak, tulisan akan disebut sebagai hasil plagiarism atau plagiarisme. Cara mengurangi plagiarism harus diperhatikan untuk menyusun skripsi atau jurnal.
ADVERTISEMENT
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), plagiat adalah pengambilan karangan (pendapat dan sebagainya) orang lain dan menjadikannya seolah-olah karangan (pendapat dan sebagainya) sendiri.

Cara Mengurangi Plagiarism di Skripsi

Ilustrasi Cara Mengurangi Plagiarism di Skripsi, Unsplash/ Thought Catalog
Mengutip dari laman wikihow.com, berikut beberapa cara mengurangi plagiarism di skripsi atau jurnal yang perlu diketahui:

1. Gunakan Teknik Parafrasa

Cara mengurangi plagiarisme yang pertama adalah parafrasa. Parafrasa adalah sebuah teknik penulisan mengubah kalimat yang ditulis orang lain menjadi kalimat yang sesuai dengan gaya penulisan.
Tetapi bahkan jika mengubahnya ke gaya penulisan penulis, di akhir parafrase penulis tetap harus menyertakan sumbernya.
Teknik parafrase sering sekali digunakan dan bahkan sampai direkomendasikan untuk penulisan ilmiah. Seperti disebutkan sebelumnya, teknik inilah yang menerjemahkan tulisan ke dalam gaya penulisan penulis.
ADVERTISEMENT

2. Gunakan Sumber Kredibel

Memang, mencantumkan sumber dalam tulisan sangat penting. Namun, jangan sampai sumber yang dicantumkan justru sumber yang telah melakukan plagiarism.
Sumber yang kredibel adalah sumber yang memiliki keterangan waktu kapan sumber tersebut dipublish. Biasanya sumber yang kredibel juga akan mencantumkan referensi buku atau website sebagai rujukan jika seseorang ingin melihat sumber yang asli.
Sumber yang kredibel umumnya memiliki domain website yang bisa dipercaya. Domain seperti blogspot, atau wordpress biasanya dianggap memiliki kredibilitas yang lemah.
Domain yang dianggap memiliki kredibilitas yang tinggi biasanya menggunakan .edu, .gov, .org.

3. Lakukan Intepretasi dan Masukkan Opini Sendiri

Cara untuk menghindari plagiarism yang selanjutnya adalah dengan memasukkan opini sendiri ke dalam tulisan.
Hindari hanya mengutip pendapat dan intepretasi penulis lain dalam karya tulis. Ingatlah bahwa hasil tulisan harus sesuai dengan intepretasi dan opini diri sendiri.
ADVERTISEMENT
Gunakanlah pendapat penulis atau sumber lain sebagai bahan analisis. Kemudian, olahlah informasi yang diketahui dengan menggunakan sudut pandang dan wawasan diri sendiri.
Dengan begitu, hasil karya tulis pun akan menjadi unik dan terhindar dari plagiarism.

4. Percaya Diri Saat Menulis

Tanpa disadari, kurangnya rasa percaya diri saat menulis justru dapat menyebabkan plagiarisme. Tidak ada salahnya untuk percaya akan kreativitas dan kemampuan menulis sendiri. Semua orang bisa melakukannya.
Bagaimana pun hasil karya tulisan, setidaknya hasil tersebut murni dari pikiran diri sendiri dan bukan hanya copy paste dari orang lain. Yakinlah bahwa dengan latihan yang cukup dan tekad yang baik, hasil tulisan pasti bisa jadi baik tanpa unsur plagiarism.
Demikian beberapa cara mengurangi plagiarism di skripsi yang perlu diperhatikan. Cara di atas sangat penting banget buat pengguna untuk mengerjakan skripsi dan memperjuangkan semester akhir. (alida)
ADVERTISEMENT