Cara Nanam Bawang Merah dengan Mudah di Rumah

Tips dan Trik
Memproduksi artikel seputar tutorial dan tips.
Konten dari Pengguna
16 Juli 2023 15:12 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Tips dan Trik tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Cara Nanam Bawang, Foto: Unsplash/Dean David
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Cara Nanam Bawang, Foto: Unsplash/Dean David
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Bawang merah adalah bumbu masak pokok di sajian berempah Indonesia. Cara nanam bawang merah ini pun bisa dengan mudah dilakukan di rumah.
ADVERTISEMENT
Mengutip laman rhs.org.uk, bawang merah sendiri dapat disimpan dengan sangat baik selama enam bulan atau lebih. Bawang merah hampir selalu digunakan dalam setiap masakan, bersanding dengan bawang putih.
Tanaman bawang merah ini berdaya guna hampir di seluruh bagiannya. Umbinya, adalah bawang merah yang biasa kita iris atau uleg menjadi bumbu. Daunnya, dapat pula diiris untuk dijadikan penyedap sajian seperti omelet atau telur dadar.

Cara Nanam Bawang Merah dengan Mudah

Ilustrasi Cara Nanam Bawang, Foto: Unsplash/Paul Magdas
Adapun informasi pertama yang harus diketahui sebelum melakukan cara nanam bawang merah di rumah yaitu bawang merah lebih suka tumbuh di tanah gembur yang kaya nutrisi dan cukup lembab dengan baik.
Jika tanah sangat berpasir, pertimbangkan untuk mengganti dengan kompos dan media tumbuh serat sabut kelapa agar menambah nutrisi dan meningkatkan retensi air.
ADVERTISEMENT
Namun, jika tanah padat, pertimbangkan untuk mengubahnya dengan kompos dan media tumbuh serat sabut kelapa untuk menambah nutrisi dan memecah tanah sehingga memungkinkan distribusi air lebih merata.
Harap pertimbangkan juga menanam bawang merah di bedeng untuk mendapatkan hasil panen maksimal. Berikut adalah beberapa cara nanam bawang merah yang bisa dilakukan di rumah:

1. Cara Menanam Bawang Merah di Rumah dengan Teknik Set

Teknik set adalah cara menanam bawang merah menggunakan bawang berukuran kecil atau yang sudah dipanen sebelum matang. Cara menanamnya adalah sebagai berikut:
ADVERTISEMENT

2. Cara Menanam Bawang Merah di Polybag dengan Benih

Cara menanam bawang merah dengan benih adalah sebagai berikut:
Itulah dia beberapa cara nanam bawang merah yang mudah dilakukan di rumah. Pastikan untuk mengikuti semua langkah dengan benar supaya hasilnya maksimal, ya. (IF)