Cara Pijat Bayi agar Sehat dan Nyaman

Tips dan Trik
Memproduksi artikel seputar tutorial dan tips.
Konten dari Pengguna
20 September 2023 10:31 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Tips dan Trik tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Cara Pijat Bayi, Foto: Pexels/Lisa Fotios
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Cara Pijat Bayi, Foto: Pexels/Lisa Fotios
ADVERTISEMENT
Pijat bayi dapat memberikan banyak manfaat dan salah satunya adalah membantu bayi tertidur pulas. Maka dari itu, ketahuilah cara pijat bayi dengan baik dan benar demi kenyamanan dan kesehatannya.
ADVERTISEMENT
Mengutip dari nct.org.uk, pijat bayi adalah cara yang menyenangkan untuk menikmati waktu bersama bayi dan dapat membantu untuk menjalin ikatan dengan mereka.
Sebelum bayi mampu memahami bahasa, kita sering berkomunikasi dan menghiburnya melalui sentuhan. Jika bayi menangis, misalnya, orang tua akan menggendong, mendekap, atau mengelusnya. Pijat bayi adalah bagian dari dorongan alami ini.

Cara Pijat Bayi agar Sehat

Ilustrasi Cara Pijat Bayi, Foto: Pexels/Teemu R
Untuk ibu yang baru memiliki bayi, cara pijat bayi penting untuk diketahui. Karena merawatnya tidak terbatas soal menyusui dan memandikan saja, ibu juga harus tahu cara membuatnya merasa sehat dan nyaman.
Untuk itu, simak cara memijat bayi yang baik dan benar berikut ini demi kenyamanan dan kesehatannya:

1. Pijat Wajah

Orang tua bisa mulai memijat si kecil dari bagian wajah. Sentuhlah wajah seperti gerakan membuka buku dari tengah ke arah samping wajah.
ADVERTISEMENT
Ulangi langkah ini sebanyak 6 kali. Jangan lupa untuk ajak bayi mengobrol dan kontak mata intens agar bayi merasa nyaman. Usap dan pijat bagian atas alis dengan ibu jari secara perlahan sebanyak dua kali.
Cara ini bagus untuk membuat bayi tidur nyenyak. Selanjutnya, gunakan ibu jari atau telunjuk untuk memijat area sudut mata dengan gerakan melingkar melewati tulang hidung.
Meskipun terdengar sederhana, gerakan ini sangat efektif membantu mengeluarkan kelenjar kotoran di hidung bayi. Terakhir pijat area atas dan bawah bibir hingga membentuk senyuman.
Renggangkan tiga jari ibu untuk memijat lembut area rahang sampai ke belakang telinga. Gerakan ini dapat mengurangi rewelnya bayi saat tumbuh gigi serta memicu peningkatan nafsu makan bayi.
ADVERTISEMENT

2. Pijatan Tangan

Ada dua jenis gerakan untuk memijat tangan bayi, yaitu milking India dan milking Swedia. Caranya genggam lengan bawah tangan bayi seperti memerah, yaitu dengan menggerakkan tangan kanan dan kiri dari pangkal sampai pergelangan secara bergantian.
Berkebalikan dengan milking India, milking Swedia dilakukan dengan cara memijat mulai dari pergelangan ke pangkal lengan. Ada juga gerakan rolling; yaitu gerakan memijat seperti menggulung mulai dari pangkal menuju pergelangan tangan.
Dan squeezing yakni gerakan memutar dan memeras mulai pangkal hingga pergelangan tangan dengan lembut. Jangan lupakan memijat area punggung tangan, telapak dan ibu jari untuk melancarkan sirkulasi darah.

3. Pijat Perut

Tak hanya melancarkan sistem pencernaan, pijat di area perut juga ampuh meningkatkan nafsu makan bayi dan mengurangi kolik. Caranya cukup mudah, tekuk lutut bayi ke perut dan tahan selama 30 detik dan ulangi beberapa kali.
ADVERTISEMENT
Kemudian tempatkan telapak tangan di perut lalu pijat hingga pusar untuk melepaskan gas yang tertimbun dalam perut bayi.
Langkah lain yaitu posisikan tangan kanan seperti bulan dan tangan kiri membentuk matahari. Lakukan pijat membentuk gerakan memutar searah jarum jam mengikuti anatomi sistem pencernaan tubuh.

4. Pijat Punggung

Jika bayi masih rileks setelah selesai dipijat bagian depan tubuhnya, maka selanjutnya dapat membalikkan bayi ke posisi tummy time dan pijat bagian punggungnya menggunakan sapuan panjang dan halus dari ujung kepala hingga ujung kaki. (IF)