Cara Print Hitam Putih File PDF di Laptop Windows 10

Tips dan Trik
Memproduksi artikel seputar tutorial dan tips.
Konten dari Pengguna
13 Oktober 2023 2:24 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Tips dan Trik tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi cara print hitam putih, Pexels/George Milton.
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi cara print hitam putih, Pexels/George Milton.
ADVERTISEMENT
Salah satu cara untuk menghemat penggunaan tinta printer yaitu menggunakan metode satu warna atau hitam putih. Cara print hitam putih umum dilakukan di dokumen dengan format .doc dan .xlsx.
ADVERTISEMENT
Sementara untuk print hitam putih pada dokumen PDF (.pdf), membutuhkan sedikit perubahan dalam pengaturan printer melalui fitur grayscale. Selain itu, bisa juga menggunakan aplikasi tambahan seperti Foxit Reader.

Cara Print Hitam Putih

Ilustrasi cara print hitam putih, Pexels/George Milton.
Dikutip dari laman helpx.adobe.com, cara print hitam putih file PDF melalui fitur grayscale bisa dilakukan di Windows versi apapun, termasuk Windows 10. Namun sebelum itu, pengguna harus menginstal driver printer terlebih dahulu.
Rata-rata, printer saat ini mendukung fitur grayscale untuk memudahkan penggunanya mencetak dokumen hitam putih. Nah, di Windows 10, pengguna dapat memilih nuansa warna abu-abu untuk menghasilkan cetakan monokrom sederhana.
Berikut tutorial print hitam putih file PDF di Windows 10:
ADVERTISEMENT

Cara Print Hitam Putih File PDF di Foxit Reader

Selain menggunakan cara di atas, print hitam putih juga bisa menggunakan aplikasi Foxit Reader. Dikutip dari laman kb.foxit.com, berikut cara print hitam putih menggunakan aplikasi Foxit Reader:
Itulah cara print hitam putih file PDF di laptop Windows 10 secara langsung dan melalui Foxit Reader atau menggunakan aplikasi tambahan. Sebenarnya, untuk print hitam putih file PDF juga bisa dilakukan dengan beberapa cara.
ADVERTISEMENT
Namun, kedua cara di atas yang paling banyak digunakan dan lebih mudah. (LAIL)