Cara Screenshot Laptop Windows 10 dengan Mudah

Tips dan Trik
Memproduksi artikel seputar tutorial dan tips.
Konten dari Pengguna
11 Oktober 2023 11:03 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Tips dan Trik tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Cara Screenshot Laptop Windows 10. Unsplash/John S.
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Cara Screenshot Laptop Windows 10. Unsplash/John S.
ADVERTISEMENT
Melakukan screenshot atau tangkap layar tidak hanya bisa dilakukan di ponsel, tapi juga di laptop. Bagi pengguna Windows 10, terdapat cara screenshot laptop Windows 10 yang dapat dilakukan tanpa aplikasi tambahan.
ADVERTISEMENT
Berbagai keperluan, seperti membagikan informasi, membuat tutorial, atau menyimpan gambar yang sulit diunduh dapat disimpan dengan menangkap layar. Windows 10 memberikan beberapa opsi yang dapat dipilih dengan bebas sesuai preferensi pengguna.

Cara Screenshot Laptop Windows 10

Ilustrasi Cara Screenshot Laptop Windows 10. Unsplash/NordWood Themes.
Sebagian pengguna laptop sudah biasa melakukan screenshoot, tetapi sebagian orang masih belum mengetahui cara screenshoot laptop Windows 10. Mengutip dari laman softwaretestinghelp.com, berikut tata caranya:

1. Screenshot dengan Tombol Print Screen

Cara pertama untuk melakukan screenshot layar penuh di Windows 10 adalah menggunakan tombol Print Screen pada keyboard. Gambar yang dipilih akan tersimpan di clipboard dan pengguna hanya perlu menempel gambar di aplikasi bawaan Windows seperti Paint.

2. Screenshot dengan Windows Key + Print Screen

Jika ingin gambar tangkapan layar langsung tersimpan di folder screenshots, pengguna dapat menggunakan kombinasi Windows Key dengan tombol Print Screen.
ADVERTISEMENT
Setelah menekan tombol tersebut, gambar akan tersimpan secara otomatis di folder screenshots di direktori gambar. Untuk menandakan bahwa tangkapan layar terambil, layar akan menggelap sementara.

3. Screenshot dengan Alt + Print Screen

Cara selanjutnya untuk melakukan screenshot layar di Windows 10 adalah menekan kombinasi tombol Alt dan tombol Print Screen secara bersamaan.
Gambar yang dipilih akan tersimpan secara otomatis di clipboard, jadi pengguna harus menempelnya di aplikasi tambahan seperti Paint, kemudian melakukan crop manual.

4. Screenshot dengan Snipping Tool

Snipping Tool adalah program bawaan Windows yang dapat digunakan untuk melakukan screenshot dengan cara yang lebih spesifik.
Untuk mengambil tangkapan layar yang fleksibel serta dapat langsung disesuaikan, pengguna dapat menggunakan Snip & Sketch dengan menekan kombinasi tombol Windows Key bersamaan dengan tombol Shift dan tombol S.
ADVERTISEMENT
Dengan menggunakan snipping tool, pengguna dapat langsung melakukan crop serta fitur-fitur editing lainnya. Terdapat pula pilihan untuk mengambil tangkapan layar full screen, rectangular, free-form, dan window dengan praktis.
Pengguna bisa memilih salah satu di antara empat cara screenshoot laptop Windows 10 di atas untuk mendapatkan tangkapan layar sesuai keinginan. (APR)