kumparan
KONTEN PENGGUNA
7 Mei 2018 19:31

5 Tips Bekerja Dalam Tim Agar Lebih Produktif

Bekerja secara tim merupakan hal yang mutlak saat memasuki dunia kerja, kamu harus bahu membahu menyelesaikan pekerjaan bersama-sama walaupun jabatan dan bidang pekerjaannya berbeda. Bekerja dalam tim bisa dibilang susah-susah gampang, menyatukan banyak kepala untuk mengambil suatu keputusan tentu saja tidaklah mudah.
Perselisihan merupakan hal yang wajar dalam sebuah tim, hal ini yang membuat pekerjaan dalam sebah tim biasanya kurang maksimal. Tapi jangan khawatir, setiap masalah pasti ada jalan keluarnya.
ADVERTISEMENT
Tips berikut ini akan memberikanmu cara membuat timmu menjadi efektif dan maksimal.
1. Bangun Visi dan Misi Bersama-Sama
Untuk memaksimalkan kerja timmu cobalah satukan visi dan misi bersama-sama, mulai dari pimpinan tim sampai anggota harus merundingkannya. Jika visi dan misi kalian tidak dapat disatukan dan selalu memperdebatkan hal yang sama tentu saja tim tersbut tidak akan menghasilkan sesuatu yang efektif.
2. Komunikasi yang Lancar
Masalah komunikasi bukanlah hal yang sepele, tiang penyangga dari sebuah tim adalah komunikasi yang baik dan lancer. Jika komunikasi tidak terjalin dengan baik tentu saja akan bisa menimbulkan konflik yang berkepanjangan, dan berpengaruh pada kinerja tim. Buatlah grup di social media untuk menjalin komunikasi satu sama lain, baik saat di kantor maupun diluar kantor.
ADVERTISEMENT
3. Memahami Peran dan Tanggung Jawab
Dalam sebuah tim tentu saja kalian semua sudah memiliki peran dan tanggung jawabnya masing-masing. Jangan pernah lari ataupun mangkir dari tanggung jawab, akrena hanya akan membuat imagemu tidak baik dan menciptakan konflik dalam tim.
4. Menghormati dan Menghargai
Seluruh anggota tim harus saling menghormati dan menghargai, mulai dari pemimpin sampai anggota tim yang lain. Seperti yang sudah dikatakan menyatukan banyak kepala untuk mengambil suatu keputusan tidaklah mudah, apalagi jika anggota tim memiliki latar belakang yang berbeda seperti budaya, masuk keperusahaan tersebut melalui apa bisa titipan dari orang dalam, melamar kerja dari situs lowongan kerja seperti lowongan kerja Semarang, lowongan kerja Solo, ataupun melamar langsung dengan datang ke perusahaan.
ADVERTISEMENT
5. Tanamkan Rasa Saling Percaya
Bukan hanya dengan pasangan, kamu juga harus menanamkan rasa saling percaya kepada rekan kerjamu. Percayalah bahwa mereka mampu mengerjakan hal sudah di tanggung jawabkan, jangan terlalu ikut campur, nantinya kamu akan menjadi rekan kerja yang menyebalkan. Namun, apabila teman satu timmu mengalami kesulitan cobalah untuk membantunya.
Pekerjaan tim akan membuatmu lebih mudah dalam menyelesaikan pekerjaan, apabila timmu memang sudah solid dan kompak. Jika kamu sudah tidak sabar bekerja dalam tim, kamu bisa melamar pekerjaan di situs lowongan kerja Semarang, lowongan kerja Solo, dan lain-lain. Semangat!
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan