Jakabaring yang Bersolek Jelang Asian Games 2018

copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Tommy Bernadus tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Jakabaring Sport City (Foto: Antara/Nova Wahyudi)
ADVERTISEMENT
Sampai Palembang juga akhirnya. Perjalanan saya dan rekan road trip dari Lampung ke Palembang ditempuh hampir 24 jam. Maklum, kami "nyangkut" di sejumlah jalan tol yang sedang dibangun ataupun belum beroperasi secara penuh.
Nggak cuma itu saja. Kami juga sempat bermalam di salah satu SPBU karena kecapekan dan waktu sudah tengah malam. Lebih baik istirahat saja. Masuk ke Palembang, kami melewati Tol Indralaya Palembang. Makasih lho Pak Jokowi sudah dibuatkan jalan tol.
Keluar tol, kami sudah berniat menuju Jakabaring. Keluar tol, tinggal belok kanan sih. Kami memilih mencari penginapan dulu. Istirahat sebentar. Penginapan murah kami temukan melalui aplikasi di ponsel. Setelah menyegarkan badan, kami awalnya ingin mencari makan.
Karena libur Lebaran, kami akhirnya ke Opi Mall saja. Apa yang kami santap? Baca tulisan saya yang lain. Opi Mall ini letaknya tidak jauh dari Jakabaring rupanya. Selesai dari mal kami menuju Jakabaring.
ADVERTISEMENT
Sebelum masuk Jakabaring, kami mampir di Taman Lingkar Jakabaring yang kece dan menjadi spot favorit foto warga. Kebetulan blue hour, jadi ya jeprat-jepret deh. Mau lihat hasilnya?
Jakabaring yang Bersolek Jelang Asian Games 2018 (1)
Taman Lingkar Jakabaring. Dok: Pribadi
Cakep, kan? Masuk ke dalam kompleks Jakabaring, kami membayar Rp 10.000. Semacam uang parkir gitu deh. Masuk lebih di dalam terlihat warga sedang asyik berfoto. Saya juga bisa mendekati ke Gelora Sriwijaya. Bisa foto dong. Asyik. Ada lampu warna-warni yang membuat Stadion Gelora Sriwijaya makin cakep.
Jakabaring yang Bersolek Jelang Asian Games 2018 (2)
zoom-in-whitePerbesar
Sudut Stadion Gelora Sriwijaya. Dok: Pribadi.
Berhubung sudah malam, kami memutuskan kembali lagi esok hari. Saat masih sangat pagi, kami sudah tiba lagi di Jakabaring.
Masuk tetap kena Rp 10.000. Tak apalah. Masuk ke dalam, saya melihat suasana Asian Games 2018 sudah sangat kental. T Banner sudah berjejer rapi di jalan masuk. Di depan Gelora Sriwijaya, ada sebuah taman yang dilengkapi dengan digital clock untuk countdown ke Asian Games.
Jakabaring yang Bersolek Jelang Asian Games 2018 (3)
zoom-in-whitePerbesar
Umbul-umbul bendera yang menambah suasana semarak menyambut Asian Games 2018. Dok: Pribadi
Jakabaring yang Bersolek Jelang Asian Games 2018 (4)
Digital clock countdown Asian Games 2018. Dok: Pribadi
ADVERTISEMENT
Ada juga icon atau lambang masing-masing cabang olahraga yang akan dipertandingkan di Asian Games 2018. Halte untuk bus juga dibuat oleh sponsor dengan bentuk yang keren.
Jakabaring yang Bersolek Jelang Asian Games 2018 (5)
Salah satu halte bus di Jakabaring. Dok: Pribadi
Jalur pedestrian juga dibuat lebih baik. Ada guide block untuk kaum difabel. Saya juga melihat taman dibenahi. Ada besi yang dirangkai. Sepertinya jadi tempat tanaman rambat.
Jakabaring yang Bersolek Jelang Asian Games 2018 (6)
Pedestrian di Jakabaring. Dok: Pribadi
Jakabaring yang Bersolek Jelang Asian Games 2018 (7)
Sudut pedestrian di Jakabaring. Dok: Pribadi
Jalan-jalan kami lanjutkan ke danau. Danau ini digunakan untuk beragam olahraga air seperti dayung, ski air, dan lainnya. Yang menarik perhatian saya adalah sebuah tribun yang baru selesai dibangun. Sepertinya buat menonton lomba dayung.
Jakabaring yang Bersolek Jelang Asian Games 2018 (8)
Tribun di sisi danau untuk menonton cabang dayung. Dok: Pribadi
ADVERTISEMENT
Danau yang diberi nama Jakabaring Rowing Lake, juga lokasi kece untuk foto dan diunggah ke Instagram.
Jakabaring yang Bersolek Jelang Asian Games 2018 (9)
Siluet danau di Jakabaring. Dok: Pribadi
Jakabaring yang Bersolek Jelang Asian Games 2018 (10)
Terlihat pula pemandangan danau yang luas dan bersih. Dok: Pribadi
Bersebelahan dengan Jakabaring Rowing Lake ini ada Lapangan Tembak yang sementara dirapikan bangunannya.
Jakabaring yang Bersolek Jelang Asian Games 2018 (11)
Jakabaring Shooting Range. Dok: Pribadi
Lapangan voli pantai yang sementara juga dibenahi tapi sudah hampir selesai.
Jakabaring yang Bersolek Jelang Asian Games 2018 (12)
Pemandangan tribun lapangan voli pantai dari sisi danau. Dok: Pribadi
Salah satu fasilitas yang harus kami lihat di Jakabaring ini adalah Wisma Atlet. Kebetulan wisma atlet ini lokasinya bersebelahan dengan Rowing Lake. Bentuk dari Wisma Atlet ini seperti flat atau rumah susun.
Kami tidak sempat menghitung ada berapa bangunan. Usai mengambil foto Wisma Atlet, kami akan menuju Jambi. Kami tidak masuk ke dalam fasilitas. Hanya mau melihat-lihat dari luar.
Jakabaring yang Bersolek Jelang Asian Games 2018 (13)
zoom-in-whitePerbesar
Dan kembali saya salut untuk pak Jokowi dan Pemprov Sumsel yang sudah bersiap penuh menyambut Asian Games 2018. Mari dukung atlet nasional Indonesia!