kumparan
17 September 2019 20:47

Menikmati Senja di Pantai Ujung Gelam Karimunjawa, Jepara

Sebagian besar kita pasti sudah tahu kalau Indonesia memiliki ribuan pulau. Lebih dari 17 ribu pulau terdapat di Indonesia dengan keindahannya tersendiri. Mulai dari pantai berpasir putih, hingga dunia bawah laut yang indah.
ADVERTISEMENT
Salah satu pulau yang indah ini adalah Karimunjawa. Berada di utara Pulau Jawa, lokasinya bisa diakses dari Ibukota Jawa Tengah, Semarang, ataupun dari Kabupaten Jepara.
Saya berkesempatan berangkat ke Pulau Karimunjawa bersama dengan Teman Juara, untuk event Festival Karimunjawa. Saya berangkat dari Jakarta dengan menumpangi bus, dan kemudian mengganti moda transportasi di Jepara.
Dari Jepara perjalanan naik feri membutuhkan waktu kurang lebih lima jam. Berangkatnya dari Pelabuhan Jepara. Sebenarnya ada kapal cepat, tapi kami berangkat naik feri.
Sesampainya di Jepara, saya dan teman-teman, beristirahat sebentar dan kemudian diajak ke pantai. Yeaah! Vitamin Sea! Beach!
Kami diajak ke Pantai Ujung Gelam. Ada yang bilang juga ini Pantai Tanjung Gelam. Untuk menuju ke pantai ini, kami menumpangi mobil sewaan karena tidak ada transportasi umum di Karimunjawa ini.
ADVERTISEMENT
Dari tempat tempat penginapan kami yang berada di dekat alun-alun Karimunjawa menuju ke Pantai Ujung Gelam ini, butuh waktu kurang lebih sekitar 20-30 menit. Selama di perjalanan, kami sempat mampir di Bukit Love.
Menuju ke Pantai Ujung Gelam ini, kami harus melewati jalan pedesaan. Jalan memang sudah beton, tapi tidak begitu lebar. Serasa hidden beach atau pantai tersembunyi.
Dari lokasi mobil diparkirkan, kami harus berjalan agak menurun. Tidak jauh, tidak sampai 200 meter.
Sampai di pantai, rasanya ingin bersorak. Pantainya sangat indah. Hamparan pasir putih halus dan laut sangat bersih langsung terlihat di depan mata.
Bagaimana saya tidak bisa terkagum-kagum. Pantai ini begitu indah. Pantai Ujung Gelam ini juga landai dan tidak dalam. Ombaknya juga tidak terlampau besar. Tak usah khawatir kalau mau berenang di pantai ini.
ADVERTISEMENT
Di Pantai Ujung Gelam, juga ada bebatuan besar, mirip di Belitung. Tapi bebatuan di Pantai Ujung Gelam ini tidak begitu besar.
Tidak usah khawatir, terkena panas di sini. Karena ada bagian pantai yang sangat teduh. Ada juga warung untuk menikmati kelapa muda.
Di Pantai Ujung Gelam ini kita juga bisa menyaksikan tenggelamnya matahari. Yeps! Pantai ini memang cocok dijadikan sebagai lokasi untuk menikmati senja sembari melihat matahari terbenam.
Setelah terbenam, barulah kami kembali ke penginapan. Keindahan pantai Ujung Gelam ini, membuat kami gagal move on.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan